Inspirasi

[Terbukti!] Cara Mengatasi Sakit Gigi Secara Alami Pada Anak dan Ibu Hamil

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara mengatasi sakit gigi secara alami – Setiap orang pasti pernah mengalami sakit gigi. Setidaknya sekali selama seumur hidupnya. Orang yang mengalami sakit gigi pun beragam. Sakit gigi merupakan penyakit yang dapat di derita oleh semua orang entah itu anak-anak, remaja, dewasa ataupun orang tua.

Sakit gigi biasanya terjadi karena adanya kuman yang mengendap di gigi dan menjadikan gigi busuk atau berlubang. Bukan hanya menimbulkan nanah pada dasar gigi, tetapi juga dapat menyebabkan infeksi, badan meriang, bahkan demam berkepanjangan. Sakit gigi dapat disebabkan karena gigi tumbuh, infeksi dan lain sebagainya.

Maka dari itu menjaga kesehatan gigi sangat penting dan biasanya sudah di terapkan sejak usia dini untuk menggosok gigi secara rutin pagi sebelum beraktifitas dan malam sebelum tidur. Sakit gigi biasanya ditandai dengan rasa nyeri yang luar biasa pada gigi dan gusi, kemudian susah untuk membuka mulut atau mengunyah makanan.

5 Cara Mengatasi Sakit Gigi

Jika Anda memiliki gejala tersebut pada gigi anda maka segeralah berobat ke dokter. Namun sebelum ke dokter, mungkin Anda dapat mencoba beberapa cara mengobati sakit gigi secara alami. Siapa tau cocok dan tidak perlu ke dokter lagi kan? Berikut caranya.

#1 – Menggunakan Minyak Cengkeh

cara mengatasi sakit gigi dengan menggunakan minyak cengkeh

Rempah-rempah khas nusantara ini merupakan salah satu obat alami untuk menyembuhkan sakit gigi yang terkenal sudah sejak jaman dahulu.

Kandungan zat eugenol yang merupakan zat anestesi alami pereda nyeri dapat membantu meredakan nyeri yang anda alami pada gigi anda. Caranya cukup mudah, yaitu mencelupkan bola kapas atau cotton bud ke dalam minyak cengkeh kemudian masukkan dan tempelkan pada gigi yang sakit.

Biarkan beberapa saat sambil di gigit agar minyak cengkeh tersebut meresap ke dalam gigi anda yang sakit, tunggu hingga 5 sampai sepuluh menit. Jika masih terasa sakit maka ulangi lagi sampai benar-benar sakit nyeri gigi anda mereda.

Minyak cengkeh dapat anda beli di toko-toko biasa maupun di apotik dengan mudah, karena banyak yang menjual untuk bebrbagai keperluan mengingat minyak cengkeh juga memiliki banyak khasiat.

#2 – Berkumur dengan Air Garam

cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan air garam

Garam selain sebagai penambah rasa asin pada makanan maupun masakan juga dapat digunakan sebagai obat alami, salah satunya adalah obat alami untuk mengatasi sakit gigi.

Caranya adalah dengan masukkan satu sendok garam dalam setengah gelas air, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 5 menit.

Air garam dipercaya dapat menjadi disinfektan alami atau pembunuh bakteri yang ampuh karena kandungan zat yang berada di dalam garam tersebut. lakukan secara berulang kumur-kumur dengan air garam sebanyak mungkin sampai air di dalam gelas tersebut habis.

#3 – Mengunyah Bawang Putih

cara mengatasi sakit gigi dengan menggunakan bawang putih

Satu lagi bumbu dapur yang memiliki banyak khasiat adalah bawang putih yang salah satu khasiatnya dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit gigi.

Caranya cukup mudah yaitu kupas satu suing bawang putih buang kulitnya, kemudian masukkan ke mulut dan kunyah sampai lembut. Kunyahan bawang putih dipercaya dapat menyembuhkan sakit gigi karena zat yang terkandung dalam bawang putih dapat menjadi anti bakteri alami dan menjadikan pereda rasa nyeri alami. Setelah selesai mengunyah diamkan di mulut sekitar 2 menit setelah itu buang atau muntahkan dan bilas dengan air hangat.

#4 – Berkumur dengan Cuka

cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan cuka

Apabila Anda tidak berminat untuk mengobati sakit gigi Anda dengan menggunakan air garam, Anda memiliki alternatif lain yaitu berkumur dengan menggunakan cuka dapur ataupun cuka apel. hal ini dikarenakan cuka memiliki sifat ampuh membunuh kuman dan bakteri karena tingkat asam yang tinggi.

Nah, apabila salah digunakan, maka lapisan enamel gigi Anda juga bisa rusak karena tingkat keasaman tersebut. Oleh karena itu, larutkan 1/2 sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat terlebih dahulu. Setelah itu, baru Anda boleh berkumur selama kurang lebih 30 detik.

#5 – Mengunyah Daun Jambu

cara mengatasi sakit gigi dengan menggunakan daun jambu biji

Selain bisa mengobati diare secara alami, daun jambu biji ternyata juga dapat digunakan sebagai obat untuk sakit gigi. Daun jambu memang telah teruji klinis memiliki sifat anti bakteri dan dapat meredakan nyeri yang terjadi karena sakit gigi. Caranya cukup dengan melipat satu lembar dan mengunyah daun jambu sampai ekstrak airnya keluar. Kunyahlah di area gigi yang sakit untuk memastikan sari – sari daun jambu termanfaatkan dengan maksimal.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Menggunakan Bahan Alami

Itulah beberapa cara mengatasi sakit gigi yang dapat anda terapkan dengan mudah karena menggunakan bahan-bahan alami yang mudah anda dapatkan yang umumnya merupakan bumbu dapur yang selalu wajib ada di dapur. Agar anda terhindar dari sakit gigi maka rajinlah menggosok gigi dua kali sehari setiap pagi dan malam agar terhindar dari kuman penyebab sakit gigi.

Write A Comment

2 × 2 =

Pin It