10+ Solusi Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah Cukup Baca Ini!

Cara Menghilangkan Jerawat – Jerawat merupakan penyakit kulit yang pasti pernah dialami setiap orang. Salah satu penyebab utama munculnya jerawat adalah karena adanya perubahan hormonal yang dapat merangsang kelenjar minyak dalam kulit.

Mempunyai banyak jerawat di wajah tentu sangat mengganggu. Karena wajah merupakan salah satu bagaian tubuh pertama yang terlihat langsung oleh orang lain. Ketika kita ingin menghilangkan jerawat secara medis, yang banyak dikhawatirkan orang adalah masalah harga dan rasa takut.

Bagi kalian yang mengalami hal-hal tersebut, tenang saja. Sekarang sudah banyak solusi alami untuk cara menghilangkan jerawat. Sebelum kita bahas apa saja solusi alami tersebut, ayo kenali dulu penyebab munculnya jerawat itu sendiri.

cara-menghilangkan-jerawat
doktersehat.com

Pubertas

Remaja adalah salah satu waktu yang selalu menjadi momen munculnya jerawat. Zat sebum yang dihasilkan oleh kelenjar minyak jumlahnya meningkat secara drastis ketika masa pubertas. Sebabnya adalah karena meningkatnya produksi hormone testosterone

Perubahan Hormon

Selain masa remaja, dewasa pun bisa muncul jerawat. Perlu kalian semua tahu bahwa jerawat tidak hanya bisa muncul pada wajah saja. Namun jerawat juga bisa muncul di dada, punggung, dan lengan atas.

Jerawat yang muncul pada orang dewasa disebabkan oleh perubahan hormon. Hal ini banyak terjadi oleh para wanita. Karena pada masa-masa tertentu, seperti masa menstrusasi dan kehamilan, terjadi perubahan hormon yang cukup signifikan.

Make Up

Pemakaian make up berlebihan tanpa diimbangi dengan membersihkan secara rutin dan teratur dapat menjadi penyebab lain munculnya jerawat. Selain itu, jerawat juga dapat muncul ketika make up yang digunakan tidak cocok dengan jenis kulit wajah kalian.

Baca juga : √ 2018 Kata Kata Bijak Islami Singkat Kekinian

Sering cuci muka

Orang menganggap jerawat bisa muncul karena kurang dalam membersihkan muka. Padahal sebenarnya tidak demikian. Wajah yang sering dibersihkan malah akan membuat muncul jerawat karena minyak yang dibutuhkan oleh wajah berkurang.

Hal tersebut mengakibatkan kulit wajah akan semakin banyak memproduksi minyak sesuai yang dibutuhkan oleh wajah. Normalnya adalah wajah dicuci cukup 2 kali sehari dengan menggunakan sabun atau pembersih wajah yan g ringan.

HP yang Kotor

Sepertinya masih banyak yang belum tahu bahwa handphone yang kita gunakan sehari-hari mengandung banyak bakteri kotor. Banyak perilaku-perilaku yang tidak kita sadari menyebabkan perpindahan bakteri dari suatu tempat ke handphone.

Ketika anda terlalu lama menggunakan handphone untuk menelpon, mengakibatkan semakin lama pula handphone kontak langsung dengan wajah. Ketika minyak yang ada pada wajah berkumpul dengan bakteri-bakteri jahat akan memicu timbulnya jerawat.

Memencet Jerawat

Bagi kalian yang suka gemas melihat jerawat muncul di wajah, mulai sekarang stop memencet jerawat. Memencet jerawat malah akan memeperparah jerawat yang muncul. Tangan yang tidak bersih banyak mengandung bakteri yang jika digunakan memencet jerawat bisa memperparah jerawat.

Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

Setelah kalian semua tahu macam-macam penyebab jerawat, mari simak cara pengobatan jerawat secara alami sehingga aman bagi wajah.

Yogurt dan Madu

cara menghilangkan jerawat
pixabay.com

Cara pertama cara menghilangkan jerawat adalah mengunakan masker yang terbuat dari yogurt dan madu. Yogurt memiliki kandungan yang dapat menghilangkan sel kulit mati seperti bakteri baik, asam laktat, dan asam alfa hidroksi.

Cara membuatnya adalah campur 2 sdm yogurt dan 1 sdm madu kemudian aduk hingga rata.Setelah itu oleskan pada wajah, utamanya yang terdapat jerawat. Setelah 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Soda Kue

cara menghilangkan jerawat
pixabay.com

Siapa sangka ternyata bahan makanan seperti soda kue dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat. Fungsi soda kue adalah sebagai penyeimbang pH kulit. Selain itu, fungsi soda kue sebagai antiseptic dan antiiflamasi yang dapat menyembuhkan jerawat membandel.

Cara membuatnya campurkan 2 sdm soda kue dan air hingga mengental. Aplikasikan adonan soda kue ke wajah yang telah dicuci. Setelah 15 menit bersihkan dengan air hangat. Kemudian gunakan pelembab wajah karena wajah akan menjadi kering stelah memakai masker soda kue.

Alpukat

cara menghilangkan jerawat
pixabay.com

Alpukat sangat kaya akan vitamin E yang dapat mengatasi peradangan kulit. Sedangkan kandungan hidrogen peroksida yang terkandung dalam madu yang bersifat anti baketeri. Kombinasi antara kedua bahan ini akan sangat efektif mengatasi jerawat di wajah kalian.

Caranya mudah. Ambill setengah bagain alpukat yang dicampur dengan 1 sdm madu. Oleskan ke wajah yang telah dicuci. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat.

Baca juga : √ 100 Kata Kata Dilan Yang Bikin Baper – Quotes Dilan 1990/19991

Lemon

Lemon mengandung asam laktobat yang dapat mengurangi masalah jerawat anda. Selain menggunakan lemon, kalian juga bisa menggantinya dengan jeruk nipis. Manfaatnya adalah untuk membersihkan pori-pori wajah yang tersumbat.

Caranya adalah ambil 1 buah lemon atau jeruk nipis potong dan peras airnya. Kemudian oleskan pada wajah. Setelah 15 menit bilas dengan air.

Daun bidara

Mungkin selama ini yang anda tahu daun bidara hanya digunakan untuk mengatasi sihir dan gangguan makhluk halus. Seperti yang dijelaskan di lamosea, salah satu manfaat daun bidara yang lain adalah untuk mengatasi jerawat.

Caranya sangat mudah. Ambil beberapa lembar daun bidara. Setelah itu campur sedikit air dan tumbuk hingga halus. Oleskan pada wajah sebagaimana menggunakna masker seperti biasa. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat.

Cuka Sari Apel

cara menghilangkan jerawat
pixabay.com

Apel memiliki kandungan vitamin, seratm, dan mineral yang cukup tinggi. Cuka apel yang mempunyai bahan utama buah apel memiliki kandungan asam asetat tinggi yang bersifat anti mikroba.

Untuk digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat yang satu ini caranya mudah. Tuangkan cuka apel pada kapas kemudian oleskan di wajah yang penuh dengan jerawat. Setelah 15 menit bilas dengan air hangat.

Pepaya

cara menghilangkan jerawat
hellosehat.com

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat mengatasi sel kulit mati. Selain itu, antioksidannya dapat mencerahkan wajah.

Cara membuatnya adalah bersihkan pepaya terlebih dahulu. Kemudian ambil daging pepaya secukupnya dan tumbuk hingga menjadi bubur. Kalian bisa mengkombinasi dengan menambahkan 1 sdm atau lemon.
Setelah itu oleskan pada wajah dan bilas dnegan air hangat 15 mneit kemudian.

Baca juga : Kumpulan Caption Instagram Romantis Kekinian Lucu Jaman Now

Daun Pepaya

cara menghilangkan jerawat
lombokita.com

Selain dagingnya, bagaian lain dari buah papaya dapat digunakan debagai obat jerawat, yaitu daun pepaya. Cara membuat masker daun papaya adalah ambil 2-3 lembar daun papaya yang sudah tua lalu keringkan.

Setelah daun papaya tua kering, tumbuk hingga halus. Tahap selanjutnya adalah campur dengan sedikit air dan aduk hingga membentuk pasta. Kemudian oleskan pada wajah dan bilas dengan air bersih setelah 15 menit.

Timun

cara menghilangkan jerawat
hellosehat.com

Timun banyak sekali mengandung bebrabagai vitamin dan mineral penting. Diantaranya vitamin A, B, dan, C. Mineral yang terkandung adalah magnesium, mangan, kalium, dan silica. Timun memiliki efek pendingin dan pembersih bagi wajah. Sangat cocok untuk membasmi jerawat.

Terdapat dua cara dalam memanfaatkan timun untuk cara menghilangkan jerawat. Yang pertama iris timun tipis-tipis kemudian letakkan pada wajah yang terdapat jerawat. Cara yang kedua adalah dengan melembutkan timun kemudian aplikasikan sebagai masker pada wajah.

Seperti itu tadi Cara Menghilangkan Jerawat dengan mudah. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.