Inspirasi

[Terbukti Ampuh!] 3 Cara Mengobati Cacar Air Secara Tradisional

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara mengobati cacar air – Dikutip dari healthline.com, Cacar air merupakan penyakit kulit yang di sebabkan oleh infeksi virus Varicella yang menyebabkan kulit tubuh dan wajah muncul bintik-bintik merah dan ruam yang berisi cairan yang sangat gatal di seluruh tubuh.

Biasanya cacar air muncul pada anak-anak usia dibawah 12 tahun, namun tidak menutup kemungkinan orang dewasa juga dapat terjangkit cacar air. Hal ini seringkali terjadi kepada orang dewasa yang belum pernah terkena cacar air sejak kecil atau belum menerima vaksin cacar air. Oleh karena itu, Howie merekomendasikan Anda yang mempunyai bayi untuk mengikuti jadwal vaksinasi karena penting untuk kesehatan mereka.

Penyakit cacar air sangat cepat menular melalui cairan yang terdapat pada bintik-bintik ruam tersebut, oleh karena itu sebisa mungkin jika anda terkena cacar air maka hindari kontek dengan orang lain Karena dapat menyebabkan penularan. Pada umumnya, Gejala cacar air ditandai dengan deman, pusing, lemas dan nyeri tenggorokan.

Baca juga : √ Penting Untuk Pasangan! 10 Ciri – Ciri Orang Hamil Muda

3 Cara Mengobati Cacar Air

Untuk itu jika ada tanda-tanda tersebut di atas maka anda perlu waspada. Ada beberapa hal yang perlu anda ketahui cara mengobati cacar air diantaranya adalah sebagai berikut.

#1 – Baking Soda

cara mengobati cacar air secara cepat dengan menggunakan baking soda

Salah satu cara yang dapat anda lakukan di rumah apabila anda atau keluarga tercinta menderita cacar air adalah dengan mandi menggunakan air yang sudah di campur dengan baking soda karena baking soda juga memiliki kandungan yang dapat mengurangi rasa gatal.

Caranya adalah dengan menambahkan 5 sampai 7 sendok baking soda kedalam bak mandi yang berisi air hangat, kemudian berendamlah sekitar 15 sampai dengan 20 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Selain itu, Anda bisa juga mengoleskan baking soda ke permukaan kulit yang terkena cacar air dan kemudian mendiamkan selama 15 menit untuk mendapatkan khasiat terbaik. Lalu bilas dengan air hangat.

#2 – Lotion Calamine

cara meredakan gatal cacar air secara cepat dengan calamine lotion

Pada calamine terdapat kandungan yang dapat menenangkan kulit dari rasa gatal dan memberikan rasa adem di kulit dan pereda gatal, kandungan zat tersebut adalah zinc oxide.

Di Indonesia biasanya tersedia juga dengan bentuk bedak dengen merek Caladine. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan lotion atau menaburkan bedak tersebut ke kulit yang terkena cacar air dan kemudian diamkan selama 30 menit.

Namun kekurangan dari lotion maupun bedak calamine adalah jika lotion atau bedak sudah habis dan mongering di kulit maka rasa gatal akan timbul kembali, oleh karena itu anda harus terus menerus mengolesnya sampai rasa gatal benar-benar hilang.

#3 – Berendam dalam Larutan Oatmeal

cara mengobati cacar air dengan menggunakan oatmeal

Selain enak dan bergizi untuk di makan, oatmeal juga ternyata memiliki khasiat lain yang tak terduga yaitu dapat meredakan rasa gatal yang timbul karena cacar air.

Oatmeal telah dikenal di eropa sejak jaman dahulu sebagai pereda rasa gatal karena memiliki kandungan zat saponin yang dapat menjadikan zat pembersih alami untuk kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu ambil satu gelas oatmeal kemudian tumbuk sampai menjadi bubuk, setelah halus dan menjadi bubuk masukan oatmeal itu kedalam kain dan di ikat kemudian masukan oatmeal yang berada di dalam kain tersebut kedalam bak mandi.

Tunggu 10 hingga 15 menit sampai air berubah menjadi keruh dan putih susu, maka air tersebut siap digunakan untuk berendam. Setelah itu masuklah ke dalam air dan berendamlah selama 20 menit.

Baca juga : Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Menggunakan Bahan Alami

Itulah beberapa cara tradisional untuk mengobati cacar air, namun jika menggunakan cara tradisional tidak mempan maka anda harus segera ke dokter dan mendapatkan penanganan medis yang lebih lanjut.

Write A Comment

twenty − 18 =

Pin It