Inspirasi

[Terbukti!] 3 Cara Mengobati Amandel yang Bengkak Tanpa Operasi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara mengobati amandel tanpa operasi – Amandel merupakan salah satu bagian dari sistem pencernaan dan menjadi pertahanan tubuh dari berbagai serangan penyakit yang masuk dari mulut. Jika amandel mengalami pembengkakan maka tubuh akan rentan terkena penyakit. Ada banyak penyakit yang dapat menyerang  paru-paru, tenggorokan dan organ lainnya. Hal ini disebut dengan radang amandel.

Dikutip dari webmd.com, Radang amandel merupakan suatu pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada amandel yang biasanya disebabkan infeksi oleh bakteri maupun virus. Peradangan pada amandel juga dapat menjadi penyakit yang dapat menular dan penularan penyakit ini dari satu pasien ke orang lain bisa terjadi dengan sangat cepat.

Oleh karena itu, penderita radang amandel sebaiknya sesegera mungkin untuk mendapatkan pengobatan atau mengonsumsi obat radang amandel agar tidak terjadi penularan kepada yang lainnya. Adapun bahan-bahan alami untuk mengatasi radang pada amandel cukup mudah ditemukan di sekitar anda, sementara jika akan mengkonsumsi obat-obatan maka memerlukan resep dari dokter.

Baca juga : Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Menggunakan Bahan Alami

3 Cara Mengobati Amandel Tanpa Operasi

Berikut contoh obat-obatan alami yang dapat anda gunakan untuk menjadi solusi dan cara mengobati amandel tanpa operasi :

#1 – Kunyit

cara mengobati amandel tanpa operasi dengan menggunakan kunyit

Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah khas yang ada di Indonesia, selain digunakan untuk memasak ternyata kunyit juga dapat digunakan untuk mengobati amandel dan dijadikan sebagai ramuan alami obat radang amandel. Kunyit memiliki kandungan anti inflamasi dan antiseptic alami yang cukup kuat, oleh karena itu kunyit dapat menjadi obat alami yang ampuh untuk meredakan radang amandel.

Caranya adalah dengan mencampurkan kunyit dengan satu gelas susu hangat yang kemudian diberi tambahan lada hitam sedikit saja. Ramuan campuran susu, kunyit dan lada hitam ini dapat membuat dapat anda minum selama dua sampai 3 hari berturut-turut ketika radang amandel anda mulai kambuh.

#2 – Air Garam

cara mengatasi amandel tanpa operasi dengan menggunakan air garam

Lagi-lagi air garam dapat menjadi salah satu obat alami yang dapat mencegah atau menyembuhkan suatu penyakit, kali ini penyakit yang dapat sembuh dengan menggunakan air garam adalah radang amandel. Kandungan zat pada garam menjadi antiseptic alami sedangkan air hangat memiliki efek menenangkan terutama pada amandel yang sedang meradang.

Caranya sangat udah yaitu masukkan setengah sendok garam ke dalam satu gelas air hangat kemudian gunakan untuk berkumur-kumur dan pastikan saat anda berkumur-kumur maka air garam tersebut mengenai amandel yang sedang meradang dan pastikan juga air garam tersebut tidak tertelan karena jika tertelan justu dapat membawa kuman ke dalam tubuh. Habiskan satu gelas air tersebut untuk berkumur-kumur kemudian setelah itu bilas dengan berkumur-kumur menggunakan air bisa agar menghilangkan rasa asin dari garam tersebut.

#3 – Madu dan Lemon

cara mengobati amandel tanpa operasi dengan menggunakan madu dan lemon

Madu dan air perasan lemon menjadi kombinasi obat alami yang berkhasiat untuk meredakan radang pada amandel. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang dapat membantu kekebalan tubuh dalam menangkis penyakit atau meningkatkan kekebalan tubuh dalam mengurangi infeksi, lemon juga memiliki kandungan alami anti inflamasi, anti dan anti bakteri yang cukup ampuh.

Cara mengonsumsinya adalah dengan campurkan air perasan 1 buah lemon, 1 sendok madu dan seperempat sendok the garam kedalam air hangat kemudian minum air tersebut hingga habis.

Baca juga : 8 Manfaat Buah Semangka Bagi Kesehatan [Runner Wajib Baca]

Demikianlah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk meredakan radang amandel yang sedang anda alami dengan menggunakan obat-obatan tradisional yang dapat ditemukan dengan mudah. Alangkah baiknya sebelum ke dokter, Anda mencoba dulu dengan menggunakan ramuan tradisional alami. Namun, apabila menggunakan ramuan tradisional tak kunjung sembuh, maka anda di wajibkan untuk ke dokter.

Write A Comment

3 × 2 =

Pin It