Blogging

Penjelasan Website Harus Pindah ke VPS

Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak pengusaha yang menyukai media sosial dan marketplace untuk menyajikan informasi bisnis secara ringkas dan cepat. Namun selayaknya, sebuah bisnis juga perlu memiliki private website untuk menjalankan strategi multichannel marketing. Selain dapat menyajikan informasi secara lengkap, memiliki website juga dapat meningkatkan penjualan. Oleh karena itu, sebuah bisnis wajib untuk memiliki sebuah website.

Salah satu teknologi yang dapat mendukung bisnis untuk tetap bersaing di era teknologi adalah Virtual Private Server (VPS). Hal ini dikarenakan shared hosting dirasa sudah tidak mampu lagi untuk mengakomodasi kebutuhan bisnis yang semakin tinggi. Apalagi opsi cloud VPS murah sudah semakin banyak sehingga Anda tidak perlu lagi susah mencari.

Apa itu VPS

VPS merupakan salah satu pilihan dalam layanan web hosting untuk menggunakan teknologi virtualisasi dan menyediakan resource khusus (pribadi) di server, meskipun server tersebut digunakan oleh lebih dari satu user. Jadi VPS memberikan pilihan yang lebih aman dan stabil dibandingkan shared hosting.

Para pemilik website dapat mengakomodasi lebih banyak traffic ke situs, tanpa harus mengorbankan kecepatan akses situs. Hal inilah yang membuat VPS menjadi pilihan yang tepat bagi para business owner, SaaS, developer, hingga perusahaan yang membutuhkan server yang handal dengan kapasitas besar dan harga yang terjangkau.

Cara Kerja VPS

Komputer server merupakan tempat hosting untuk menyimpan database dan file yang diperlukan oleh sebuah website. Fungsi VPS adalah menyediakan server virtual yang dapat meniru kemampuan server fisik untuk melayani traffic yang datang ke dalam server.

VPS bersifat private terhadap setiap user sehingga Anda memiliki kendali penuh atas suatu server. Anda dapat menginstall OS dan software yang sesuai dengan kebutuhan sehingga menjadikan website lebih aman karena adanya jaminan resource seperti CPU core, disk space, dan memory. Meskipun harganya lebih terjangkau, Anda juga diberikan akses ke root level yang sama seperti saat Anda menyewa dedicated server (DS).

Baca juga : Cara menggunakan VPS untuk pemula

Alasan Website Bisnis Harus VPS

Pada dasarnya, banyak pengguna yang memilih shared hosting ketika merintis sebuah bisnis. Walaupun begitu, tidak sedikit pengguna yang memilih VPS dari awal karena mereka ingin kendali penuh dan kelancaran traffic pada website. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih untuk menggunakan layanan VPS.

  1. Traffic website terlalu tinggi

Apabila website Anda telah mendapatkan traffic yang tinggi, misalnya ribuan pengunjung per hari, maka sebaiknya Anda segera beralih ke layanan VPS. Anda perlu menggunakan layanan Virtual Private Server untuk mendapatkan resource dan bandwidth yang lebih besar.

  1. Loading kencang

Akses website pada VPS hosting akan jauh lebih kencang dibandingkan dengan shared hosting. Seperti kita tahu, kecepatan website tentunya akan berpengaruh kepada user experience dan juga berperan besar untuk meningkatkan SEO website.

  1. Harga terjangkau

Hanya dengan Rp 100.000 per bulan, kita sudah bisa memiliki VPS dengan kualitas prima. Ini setara dengan 3000an perak per hari, seharga minuman teh botol yang bisa kamu dapatkan di Indomaret. Semakin tinggi kebutuhan yang kita miliki, maka harga berlangganan VPS akan semakin worth it. Kita akan mendapatkan best deals! Value yang tidak mungkin akan didapatkan apabila kita masih menggunakan shared hosting yang lamban dan tidak akomodatif terhadap kebutuhan traffic yang tinggi.

Tips Memilih Layanan Virtual Private Server (VPS) Bagi Website Bisnis

Adapun tips memilih VPS yang perlu Anda perhatikan untuk mengelola website bisnis adalah sebagai berikut :

  1. Pilihan Sistem Operasi

Pada dasarnya, VPS akan memiliki kinerja yang baik pada sistem operasi berbasis Windows dan Linux. Dua sistem operasi ini paling umum dan banyak digunakan dalam website bisnis. Untuk tampilannya tidak jauh berbeda, tetapi memiliki perbedaan yang signifikan dalam pengaturan, performa, dan kemudahan mengelola server.

Untuk performa, VPS Linux memiliki kinerja yang lebih cepat dibandingkan VPS Windows. Selain itu, Linux merupakan sistem operasi berbasis open source sehingga memiliki harga yang lebih murah dibandingkan Windows. Oleh karena itu, jika Anda mengingingkan VPS murah, maka VPS Linux adalah pilihan yang tepat!

  1. Sistem Keamanan

Tips selanjutnya dalam memilih VPS adalah memastikan bahwa penyedia jasa memiliki fitur keamanan yang bisa diandalkan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kehilangan data dan serangan malware pada server.

Baca juga : Cara menjaga keamanan server VPS

Keamanan VPS juga berkaitan dengan platform visualisasi yang digunakan. Pada VPS, platform visualisasi dibedakan menjadi KVM, OpenVZ, dan XEN. Kamu dapat memilih salah satu dari platform tersebut untuk mengelola server dengan lebih baik.

  1. Managed atau Unmanaged

Tips memilih VPS berikutnya adalah memahami pilihan dalam melakukan konfigurasi server VPS. VPS Managed akan memberikan kemudahan bagi pengguna karena tinggal digunakan. Apabila terjadi masalah, maka penyedia layanan VPS akan membantu untuk menyelesaikannya.

Sedangkan pada VPS Unmanaged, segala bentuk konfigurasi dan pengaturan diserahkan kepada pengguna. Penyedia jasa hosting hanya menyediakan VPS dan akses ke dalamnya.

  1. Customer Service

Apabila terdapat masalah dalam menjalankan server VPS, maka customer service (CS) yang tersedia selama 24/7 dan mudah dihubungi akan sangat membantu. Maka dari itu, Anda dapat memilih penyedia jasa VPS yang memiliki pendampingan CS memadai sehingga kinerja dan performa website tidak akan mengalami kendala berarti, walaupun VPS sempat mengalami masalah.

  1. Budet & Anggaran

Memiliki VPS dapat dianggap sebagai sebuah investasi modal kerja dalam menjalankan monetisasi website bisnis. Walaupun harga untuk menyewa VPS relative terhadap layanan yang ditawarkan serta resource yang diberikan, Anda perlu mengetahui harga wajar yang saat ini tersedia di pasaran.

Dengan memiliki rencana dan anggaran, maka Anda dapat memperhitungkan beban biaya VPS sebagai Harga Pokok Produksi (HPP) untuk mengoptimalisasi pendapatan atas kepemilikan website.

Penutup

Dari pembahasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa VPS adalah alternatif hosting yang cocok untuk website dengan kebutuhan traffic yang tinggi. Apabila Anda tertarik untuk menggunakan layanan VPS, maka Niagahoster dapat menjadi pilihan untuk mendapatkan VPS terbaik. Kamu bisa memilih layanan VPS yang sesuai dengan kebutuhan karena niagahoster menyediakan berbagai layanan yang bisa dipilih. Kunjungi website niagahoster untuk informasi lebih lanjut!

Write A Comment

eight − 1 =

Pin It