Inspirasi

8 Dampak Negatif Menggunakan Media Sosial Secara Berlebihan!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Social media atau media sosial bukanlah sesuatu yang mewah lagi di era millenials ini. Hampir semua orang yang memiliki handphone memiliki akses terhadap media sosial seperti facebook, twitter, instagram ataupun youtube. Dengan tujuan utama sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara online, kini sosial media telah menjadi candu bagi banyak orang. Banyak orang yang tidak dapat lepas dari layar handphone mereka. Bahkan diungkapkan oleh TheJakartaPost, bahwa lebih dari 150 juta orang di Indonesia menggunakan sosial media dan menghabiskan waktu lebih dari 8 jam per hari.

Keberadaan sosial media memang merupakan daya tarik tersendiri bagi banyak orang. Hampir semua dapat dilakukan hanya dari genggaman tangan Anda seperti saling terkoneksi, membaca berita terbaru dan terupdate, belanja di toko online terbaik, bahkan memesan ojek online. Namun dibalik segala manfaat yang dapat kita nikmati, penggunaan media sosial secara berlebih dapat memberikan dampak negatif bagi diri Anda.

Pada artikel kali ini, Howie ingin membahas mengenai dampak – dampak negatif yang mungkin dapat ditimbulkan oleh penggunaan social media secara berlebihan.  Apa saja? Yuk kita simak bersama – sama.

Baca juga : Kumpulan Caption IG Instagram Kekinian Lucu Jaman Now

8 Dampak Negatif Media Sosial

#1 : Mengurangi Kepercayaan Diri

Dampak negatif yang pertama dari penggunaan media sosial secara berlebihan adalah mengurangi kepercayaan diri Anda. Hal ini dapat terjadi karena secara tidak sadar Anda mulai membandingkan kehidupan Anda dan kehidupan orang lain di social media dengan melihat – lihat (stalking) unggahan foto – foto menarik dari orang lain. Melihat indahnya kehidupan yang mereka jalani, Anda menjadi ragu terhadap diri sendiri. Padahal yang diungkapkan di social media hanyalah sisi positif. Masih ada loh sisi negatif pada diri mereka!

#2 : Tidur Menjadi Kurang Berkualitas

Kebiasaan menggunakan handphone lebih dari 40 menit sebelum kita tidur memiliki dampak yang negatif bagi kualitas tidur Anda. Alasannya? Sinar layar ponsel yang berukuran lebih kecil dari wajah kita membuat kadar hormon melatonin berkurang. Padahal hormon melatonin berperan penting dalam kualitas tidur manusia.

#3 : Depresi dan Kecemasan Berlebih

Ini adalah dampak negatif dari media sosial yang paling berbahaya! Tidak hanya mengurangi kebahagiaan, media sosial diungkapkan merupakan penyebab utama dari banyak penyakit mental. Penyakit mental yang sering muncul adalah kecemasan dan depresi karena penggunaan social media secara berlebihan dapat mengacaukan kemampuan berpikir Anda secara mandiri.

#4 : Halusinasi

Mungkin Anda sendiri sering mengalami kejadian yang satu ini … Halusinasi! Apakah Anda pernah mengira bahwa ponsel Anda bergetar dan berbunyi, padahal tidak? Ini mungkin dapat menimbulkan masalah karena membuat kita selalu memeriksa ponsel karena merasa memiliki notifikasi yang harus dilihat. Dalam kadar yang serius, Anda tidak akan dapat lepas dari layar handphone loh…

#5 : Cyberbullying

Dikutip dari doktersehat.com, bullying adalah perilaku agresif yang dilakukan oleh seseorang ataupun kelompok untuk mengintimidasi orang lain. Sebelum media sosial menjadi populer seperti sekarang, bullying merupakan sesuatu yang terjadi di dunia nyata. Saat ini, seseorang dapat dibully secara online. Hal ini dapat dilakukan karena pelaku dapat bersembunyi di balik layar dan menjadi orang br*ngs*k yang berkata – kata sumpah serapah tanpa ada filter sama sekali.

Walaupun media sosial membuat Anda dapat terkoneksi dengan banyak teman – teman Anda, social media juga membantu pelaku cyberbullying untuk menemukan pelakunya. Banyak orang yang mengira bahwa kasus cyberbullying hanya menimpa anak – anak muda, padahal banyak juga loh kasus yang menimpa orang dewasa.

Beberapa cara untuk mengintimidasi adalah mengirimkan email yang berisi kata – kata kotor, mengirimkan ancaman melalui DM Instagram, atau komen dengan kata – kata buruk di halaman sosial media milik korban. Apabila Anda menjadi korban, Anda harus percaya bahwa Anda tidak sendiri. Anda dapat melaporkan kasus ini ke kepolisian!

#6 : FOMO (Fear Of Missing Out)

Fear of Missing Out (FOMO) merupakan salah satu dampak negatif media sosial yang paling umum. FOMO mulai dikenal pada saat Facebook mulai populer di sosial media. Pada dasarnya, FOMO adalah rasa takut karena gak update atau ketinggalan berita di media sosial. Nah, semakin Anda aktif di media sosial, semakin besar rasa takut yang akan muncul.

Dalam kondisi tertentu bahkan Anda tidak ingin melihat seseorang lebih update dari Anda. Anda akan dengan sengaja memasang gambar, tulisan, atau bahkan posting promosi diri walaupun sebenarnya itu hanyalah suatu kebohongan hanya demi terlihat up to date.

#7 : Ekspektasi Yang Tidak Realistis

Dampak negatif penggunaan media sosial yang satu ini mungkin tidaklah aneh bagi Anda. Secara sadar ataupun tidak, social media membentuk pemikiran yang tidak realistis mengenai kehidupan pribadi dan pertemanan Anda. Hal ini dapat terjadi karena banyak orang yang berbohong di sosial media sehingga tidak lagi autentik / tidak lagi original / dan tidak lagi asli. Apakah Anda pernah bertemu dengan orang yang banyak gaya di media social ternyata aslinya adalah anak cemen?

#8 : Membuang Waktu

Howie yakin seluruh pengunjung setia howieandbelle.com pasti mempunyai media sosial. Namun, ternyata tanpa disadari banyak dari kita yang memiliki kebiasaan buruk untuk berselancar online tanpa mengenal waktu. Bahkan ketika sedang bekerja!

Sadarkah Anda bahwa seluruh waktu yang Anda habiskan untuk scrolling instagram merupakan waktu yang terbuang percuma. Bahkan ketika kita hanya menghabiskan beberapa detik untuk berselancar, kita memerlukan waktu selama beberapa menit sebelum dapat kembali fokus kepada apa yang seharusnya kita kerjakan.

Dalam keadaan yang lebih parah, kita tidak mengerjakan apapun karena terlalu fokus di dunia maya! Anda perlu menyadari bahwa Anda memiliki keluarga, sahabat, bahkan pacar dan mereka memerlukan waktu dan perhatian Anda.

Itu adalah 8 dampak negatif dari penggunaan media sosial secara berlebihan. Kita perlu menyadari bahwa selain menikmati manfaatnya, Anda juga dapat terpapar dampak negatif yang ada. Semoga informasi yang Howie berikan dapat bermanfaat ya.

Write A Comment

2 × 5 =

Pin It