Uncategorized

8 Tips Jitu Memilih Server Hosting Untuk Website Anda! [Updated]

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tips memilih hosting – Dalam memilih hosting atau server, akan selalu terbersit pertanyaan di dalam kepala kita : Apa sih yang paling penting dalam memilih server hosting?

Pertimbangan Dalam Memilih Server Hosting

Pertimbangan Dalam Memilih Server Hosting

Dikutip dari CNET.com, Adam Berry mengatakan bahwa sebuah penyedia layanan hosting yang baik haruslah memiliki 3S yaitu : Speed, Support dan Security. Selain itu, Simon Ball menambahkan bahwa Scalability juga merupakan suatu hal yang kritikal dalam memilih server hosting yang tepat untuk website Anda.

#1 : SPEED

Apabila dijabarkan lebih lanjut, maka Speed merupakan kecepatan akses website. Seiring dengan dunia digital yang semakin maju, para pengunjung website Anda menginginkan user experience yang baik. Hal ini dapat diukur dari seberapa cepat loading website Anda dan apakah navigasi yang ada dapat membantu mereka untuk menemukan konten yang mereka inginkan. Apabila Anda membuat mereka menunggu karena website Anda lemot, maka dapat dipastikan mereka akan lebih memilih untuk mengunjungi website competitor. Dikutip dari bloghub.com, lebih dari 46% pengunjung toko online tidak akan pernah kembali lagi ke website yang lemot. Jadi Anda perlu menjaga mereka agar tetap happy dengan toko online Anda dengan memastikan loading website Anda berjalan cepat.

#2 : Customer Support

Faktor kedua dalam memilih layanan hosting adalah Customer Support. Bahkan dikatakan bahwa customer support dapat menjadi faktor terpenting ketika kita memilih jasa provider hosting. Saya dapat mengatakan bahwa sebagus apapun jasa provider yang Anda gunakan, suatu saat Anda pasti memerlukan layanan customer support mereka. Bahkan provider web hosting terbaik pasti akan menemukan gangguan yang berada di luar kontrol mereka. Sebagai contoh, ketika gangguan listrik PLN pada Minggu, 4 Agustus 2019 memadamkan seluruh jabodetabek. Tim Customer Support yang baik berarti dapat mengatasi issue tersebut secara cepat dan efektif sehingga mengurangi kerugian kita, pemilik website.

#3 : Security

Faktor ketiga dalam memilih hosting terbaik adalah security. Kita dapat mengatakan bahwa website atau toko online kita adalah brand milik kita dan menjadi point of contact (POC) utama kita dengan para pelanggan. Apabila website kita tidak aman, maka hubungan bisnis tersebut dapat terganggu. Ancaman terhadap website Anda bisa memiliki banyak bentuk, seperti malware, mencuri informasi pelanggan (seperti nama dan alamat email), mencuri informasi kartu kredit, atau menghancurkan database website tersebut. Jadi Anda masih mau menggunakan provider web hosting abal – abal?

#4 : Scalability

Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya dalam memilih provider web adalah Scalability. Anda perlu memiliki kemampuan mendasar untuk dapat mengupgrade kemampuan server Anda secara cepat ketika pengunjung website Anda meningkat. Meningkatkan pengunjung website tentunya dapat terjadi ketika para netizen menyukai konten yang disajikan di dalam website Anda. Bukan hanya dinikmati sendiri, mereka bahkan akan men-share konten tersebut dengan sukarela melalui akun social media mereka.

Baca juga : Daftar Toko Online Terbaik & Terpercaya di Indonesia [Terbaru]

Beberapa pertimbangan dalam memilih provider web hosting memang terlihat mudah dan sepele. Namun, howie menganjurkan Anda untuk tetap berhati – hati dalam memilih hosting yang akan digunakan untuk menunjang perkembangan website Anda. Walaupun mungkin Anda ingin melakukan trial and error, tetapi ada kata kata bijak kehidupan yang berkata : “Orang pintar belajar dari pengalaman diri sendiri, sedangkan orang bijak belajar dari pengalaman orang lain”. Pada artikel kali ini, Howie ingin membagikan tips dan cara howie memilih web hosting secara spesifik.

Tips & Cara Memilih Web Hosting

Tips Dan Cara Memilih Server Hosting

Setelah mencoba web hosting dari satu provider ke provider lainnya, akhirnya Howie merumuskan beberapa tips dan cara Howie memilih web hosting. Ini dia!

#1 : Review dari Pengguna Jasa

Sebelum memutuskan untuk memilih provider web hosting, Anda dapat mempertimbangkan masukan dan pendapat dari orang lain melalui review yang mereka berikan terhadap provider tersebut. Terdapat banyak sekali sumber yang dapat Anda gunakan sebagai referensi seperti blog dan forum seperti ads.id atau kaskus.com.

Setelah membaca review tersebut, Anda dapat membuat list provider web hosting terbaik. Saya sendiri menyusun lima nama sebelum merumuskan kelebihan dan kekurangan dari masing – masing provider. Apabila lebih dari lima, saya rasa sudah tidak efektif lagi karena akan membuat Anda bingung.

#2 : Harga

Memang ada pepatah mengatakan, “ada harga, ada rupa”. Tetapi Anda perlu mempertimbangkan apakah harga yang diberikan oleh provider tersebut wajar dan sesuai dengan service yang akan Anda terima atau Anda ingingkan. Jangan sampai Anda terjebak kepada penyedia jasa hosting yang murah, tetapi layanan yang diberikan tidak baik dan server sering down. Dan jangan sampai pula Anda membeli hosting mahal – mahal tetapi spesifikasi server dan customer support mereka tidak memadai. Saya sendiri memilih niagahoster karena harga yang ditawarkan masuk akal dan harga yang diberikan sangat masuk akal.

#3 : Customer Support yang Responsif

Customer Support atau sering juga disebut sebagai Customer Service merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam sebuah penjualan. Ke mana lagi Anda harus berkeluh kesah jika website Anda down atau mungkin Anda memiliki pertanyaan yang harus dijawab saat itu juga?

Layanan konsumen yang disediakan provider web hosting perlu Anda cermati karena permasalahan website bisa terjadi kapan saja, tanpa mengenal waktu. Pastikan Anda memilih penyedia web hosting dengan layanan 24 jam 7 hari dengan dukungan fitur chat, email, atau mungkin melalui telepon.

#4 : Lokasi Server

Bagi Anda yang baru saja mengelola toko online atau website secara mandiri, Anda perlu menyadari bahwa lokasi server sangatlah penting. Hal ini dikarenakan lokasi server sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses dan kestabilan dari website Anda. Jika Anda bertujuan untuk menggaet pengunjung dari Indonesia, Anda sebaiknya menggunakan hosting yang memiliki lokasi server di Indonesia. Sebagai opsi, Anda dapat memilih server yang berlokasi di singapura karena negara ini dekat dan memiliki koneksi internet yang cepat dan stabil.

#5 : Bandwidth

Beberapa provider mengklaim bahwa mereka menyediakan unlimited bandwith (unmetered) dan unlimited storage. Pertanyaannya : Apakah benar demikian? Saya rasa tidak mungkin Anda dapat menerima 1.000 pengunjung per hari dengan kapasitas bandwith yang kecil. Jangan sampai website Anda down tiba – tiba hanya karena bandwidth yang disediakan oleh provider sangat terbatas. Pastikan Anda memilih provider yang sudah mendapatkan review bahwa unlimited service yang mereka berikan adalah BENAR!

#6 : Dukungan Script

Tips memilih hosting berikutnya adalah memastikan bahwa provider Anda memiliki dukungan terhadap script yang akan Anda gunakan. Misalkan Anda ingin menggunakan WordPress (WP) sebagai content management system website Anda, Anda dapat berdiskusi dengan penyedia web hosting memiliki server yang dapat mengakomodir keinginan Anda tersebut.

#7 : Fitur Add On Domain

Add On Domain merupakan layanan yang diberikan oleh provider web hosting agar Anda dapat menggunakan lebih dari satu domain dalam satu akun hosting. Jika Anda berencana hanya memiliki satu domain, maka Anda tidak memerlukan layanan add on domain ini. Tetapi jika Anda memiliki banyak domain, Anda dapat menghemat banyak uang karena satu hosting dapat menambung banyak website dengan fitur add on domain ini.

#8 : Garansi Uang Kembali

Garansi uang kembali adalah fasilitas terbaik yang dapat diberikan oleh provider web hosting saat ini. Dengan menyediakan garansi ini, provide web hosting memberikan jaminan dan mengingikan kepuasan Anda atas layanan yang mereka berikan. Nah, jangan terburu – buru ambil keputusan. Pastikan syarat dan ketentuan yang diberikan tidak menyesatkan dan memberikan kemudahan bagi Anda apabila Anda tidak puas dengan layanan mereka. Jangan sampai tertipu ya!

Atas seluruh pertimbangan tersebut, saya menggunakan layanan web hosting dari niagahoster.com. Bagi Anda yang mau beli hosting murah niagahoster, Anda dapat langsung mengunjungi website mereka. Dengan waktu notifikasi tidak sampai 5 menit dan standard customer support yang tinggi, bahkan Anda tidak sempat punya waktu untuk bingung karena mereka memiliki customer yang handal dan siap melayani Anda 24 jam 7 hari. Saya rasa Anda akan puas menggunakan layanan mereka, sebagaimana saya sendiri puas dengan layanan yang diberikan oleh niagahoster.com

Write A Comment

16 + ten =

Pin It