fbpx

Digital Minimalism : Alasan Anda Harus Unfollow Beberapa Akun Instagram

Baru-baru ini muncul trend di sosial media yang disebut dengan “digital minimalism”. Menurut Cal Newport, digital minimalism adalah filosofi yang membantu Anda mempertanyakan alat komunikasi digital apa (dan perilaku anda dalam menggunakan alat ini) yang paling banyak menambah nilai dalam hidup Anda. Hal ini dimotivasi oleh keyakinan bahwa dengan mengurangi kebisingan digital yang  tidak diperlukan dan mengoptimalkan penggunaan alat yang benar-benar penting, dapat membantu meningkatkan taraf kehidupan Anda secara signifikan. Dengan adanya digital mimimalism, kehidupan digital anda akan menjadi semakin sederhana dan efisien.

Baca juga : Mempersiapkan Diri Menghadapi Disruption Era #MotivationSeries

Menerapkan digital miminalism dapat dilakukan dengan un-install beberapa aplikasi yang sangat jarang / tidak pernah anda gunakan di gadget anda, maupun “membersihkan” feeds media sosial anda dari hal–hal yang tidak menyenangkan/bermanfaat bagi anda. Hal inilah yang mendorong sebagian orang untuk unfollow beberapa akun instagram yang telah mereka ikuti sejak lama.

Memutuskan untuk berhenti mengikuti akun instagram yang tidak menginpirasi anda adalah hal yang wajar. Namun, mungkin anda berpikir, mengapa anda harus unfollow banyak akun instagram? dan bagaimana jika pemilik akun yang anda unfollow merasa tersinggung karenanya?

Berikut ini beberapa tips kontoversial yang akan membantu anda untuk melakukan efisiensi waktu dan menghindari perasaan-perasaan negatif saat anda log in ke instagram anda.

Baca juga : Kumpulan Caption IG Instagram Romantis Kekinian Lucu Jaman Now

Mengapa anda harus unfollow beberapa akun instagram?

Saat ini ada lebih dari satu milyar orang yang menggunakan instagram. Sama halnya dengan anda bisa terus menambahkan sejumlah besar makanan (yang belum tentu akan anda makan sebelum kadaluarsa)  ke dalam kulkas anda, anda juga bisa terus menambah jumlah akun instagram yang anda follow (yang kontennya belum tentu benar-benar anda perhatikan  atau perlukan) tanpa menyadarinya.

Tidak masalah jika anda masih ingin untuk untuk mem-follow ratusan ribu orang di instagram. Namun ada dua alasan yang logis untuk mengurangi jumlah akun instagram yang anda follow di instagram.

Efisiensi Waktu

Pengguna Instagram

Postingan setiap akun yang muncul di news feed instagram sangat banyak dan selalu berubah  dalam waktu yang sangat cepat. Jika anda ketinggalan sebentar saja untuk menyimak konten dari akun favorit anda di instagram, mungkin saja konten tersebut sudah basi saat anda membacanya. Selain itu, tentu anda juga tidak ingin membuang waktu anda dengan melihat konten yang tidak ingin anda lihat/tidak anda perlukan saat scrolling di news feed anda, kan?

Kesehatan Mental

Kesehatan mental

Saat anda mulai merasakan perasaan negatif saat anda scrolling di instagram, khususnya saat anda melihat postingan dari akun tertentu, maka inilah saatnya untuk unfollow akun tersebut. Perasaan negatif tersebut dapat anda rasakan saat mulai membandingkan hidup anda dengan orang lain melalui postingan mereka (walaupun postingan tersebut belum tentu sesuai dengan keadaan yang sesungguhnya). Perasaan tersebut dapat berupa perasaan sedih, bosan, dan marah yang tanpa anda sadari muncul setelah  anda melihat feeds media sosial anda. Hal ini akan berpengaruh terhadap kesehatan mental anda. Ingatlah bahwa kesehatan mental anda sangat penting untuk dijaga, dan anda tidak membutuhkan perasaan-perasaan negatif tersebut dalam hidup anda.

Selain itu, mengurangi jumlah akun instagram yang anda follow dapat mebuat jumlah followers anda di instagram terlihat semakin banyak. Asyik, kan?

Cara Melakukan Unfollow

Untuk mulai “membersihkan” instagram anda, ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan, yaitu:

  1. Bukalah profile instagram anda dan klik jumlah following. Anda akan melihat seluruh akun instagram yang anda follow.
  2. Setelah itu anda dapat mengetik nama akun spesifik yang ingin berhenti anda follow di kolom search atau langsung melakukan scrolling.
  3. Jika anda menemukan username atau nama pemilik akun yang tidak anda ingat / anda kenali saat scrolling, kemungkinan besar anda sudah tidak mempedulikan konten mereka dan anda bisa langsung mengklik tombol unfollow.
  4. Jika anda menemukan akun yang tipe kontennya tidak anda ingat sama sekali, klik pada username akun tersebut dan scroll untuk melihat konten-kontennya. Jika anda merasa senang / tertarik melihatnya, maka anda bisa tetap men-follow akun tersebut. Lakukan sebaliknya bila anda tidak menyukai/ tidak tertarik pada konten yang anda lihat saat scrolling.

Baca juga : Kata Kata Motivasi Untuk Mengejar Impian

Tentu akan ada beberapa akun yang tetap anda follow karena alasan tertentu, walaupun sebenarnya anda tidak lagi menyukai / tertarik dengan konten-konten mereka. Namun, anda dapat berusaha untuk unfollow sebanyak mungkin akun untuk membersihkan news feed instagram anda.

”Menyembunyikan” Akun Instagram

Salah satu alasan terbesar kita masih mengikuti akun instagram yang tidak menginspirasi kita adalah karena kita takut membuat pemilik akun tersebut tersinggung, dan bisa jadi merusak hubungan bisnis dan pertemanan. Jika kasus ini terjadi pada anda, maka anda dapat menggunakan fitur mute agar konten mereka tidak lagi muncul pada news feed anda.

Jika anda terlajur unfollow beberapa akun di instagram dan pemilik akun tersebut menyadarinya, dan menanyakan alasan anda melakukan hal tersebut, anda dapat mengatakan hal yang sejujurnya kepada mereka. Ceritakan saja bahwa anda sedang berusaha “menyederhanakan” sosial media anda. Jelaskan bahwa anda sedang mulai menerapkan konsep“digital minimalism” untuk meningkatkan taraf kehidupan dengan memaksimalkan efisiensi waktu dan menjaga kesehatan mental anda. Mungkin ada juga bisa mendorong mereka untuk menerapkan konsep tersebut!

Intinya, semua konten yang anda pilih untuk anda lihat di semua sosial media anda (termasuk instagram) seharusnya dapat memberi manfaat positif bagi anda, baik berupa informasi, inspirasi, maupun komedi. Jika ada konten-konten yang tidak tidak memberi manfaat positif, jangan ragu untuk “menyembunyikannya” dari jangkauan mata (terutama news feed) anda.

Be Happy!

Selamat menerapkan digital minimalism untuk kehidupan dan kesehatan mental yang lebih baik! 🙂

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.