5 Bentuk Apresiasi, Selain Uang, Yang Dapat Diberikan Oleh Perusahaan

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kita perlu mengerti lebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan apresiasi. Apresiasi adalah suatu proses atau bentuk penghargaan dan penilaian terhadap segala sesuatu, dan dalam hal ini, adalah penghargaan terhadap pegawai yang telah bekerja dengan baik dan maksimal.

 

Secara etimologi kata “Apresiasi” berasal dari bahasa latin, yaitu “Apreciatio” yang artinya menghargai. Sedangkan secara terminologi, arti kata apreasiasi adalah proses penilaian atau penghargaan positif yang dilakukan oleh seseorang terhadap sesuatu. Sedangkan, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti apreasiasi adalah setiap penilaian baik, penghargaan, terhadap karya seni dan karya sastra.

 

Dan ini adalah bentuk apresiasi selain uang yang dapat perusahaan berikan kepada Anda, atau bahkan, Anda sendiri berikan kepada pegawai Anda :

Hosting Unlimited Indonesia

Fasilitas Kesehatan (Faskes)

20190210 - Apresiasi Dari Perusahaan - Fasilitas Kesehatan
Photo support by https://unsplash.com

Sebagai bentuk apresiasi, Anda dapat memperhatikan pegawai Anda sehingga mereka dapat sehat, baik secara mental maupun fisik. Pegawai yang sehat secara mental dan fisik, cenderung lebih bahagia dalam bekerja sehingga akan memberikan dampak yang baik dan positif di kantor. Anda tidak perlu sampai membangun sebuah gym khusus di kantor. Sebagai gantinya, Anda dapat memberikan potongan diskon untuk pegawai Anda yang mendaftarkan anggota gym, mendatangkan guru zumba, membiayai kegiatan olahraga pegawai di luar jam kantor (misalnya sewa lapangan futsal atau basket) hingga bekerja sama dengan psikolog sehingga pegawai Anda dapat mendatangi untuk berkonsultasi mengenai kesehatan mental mereka.

Selain itu, Anda perlu memastikan bahwa seluruh pegawai Anda telah terdaftar ke BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan untuk menjamin atau mengasuransikan hidup mereka sehingga pada akhirnya kualitas hidup pegawai Anda akan meningkat. 

 

Baca juga : 10 Kata Kata Motivasi Diri untuk Membangkitkan Semangat Dalam Hidup

Cuti Tambahan

20190210 - Apresiasi Dari Perusahaan - Cuti Tambahan
Photo support by https://unsplash.com

Saya yakin dan percaya bahwa cuti merupakan hak setiap pegawai, karena hal tersebut diatur di dalam Undang – Undang. Meski demikian, jumlahnya dalam setahun biasanya terbatas, mungkin 12 hari atau 17 hari, bergantung kepada kebijakan perusahaan. Tentunya pembatasan ini berguna untuk kelangsungan hidup perusahaan. Walalupun begitu, menambah jumlah (mungkin satu atau dua hari) dijamin akan membuat pegawai Anda akan merasa mendapat bentuk apresiasi yang sesuai. Tambahan cuti ini mungkin dapat dimanfaatkan untuk berlibur hingga sekedar beristirahat sebelum kembali bekerja keras.

Kesempatan Mengembangkan Karier

20190210 - Apresiasi Dari Perusahaan - Karir
Photo support by https://unsplash.com

Perlu kita sadari bahwa ada beberapa pegawai Anda yang lebih memilih untuk berada di dalam zona nyaman. Pokoknya dia bekerja saja sudah lebih dari cukup. Ada? Ada! Tetapi ada juga pegawai yang berambisi untuk maju. Untuk pegawai seperti ini, bentuk apresiasi yang paling tepat adalah pengembangan kariernya di perusahaan Anda. Tidak perlu segera menaikkan jabatannya. Sebagai permulaan, Anda bisa memberikan kesempatan padanya untuk mengembangkan kemampuannya terlebih dahulu, misalnya dengan mendaftarkan pegawai Anda pada training bisnis atau memberikannya akses kepada online course. Setelah itu, coba juga untuk melibatkan dia dalam proyek – proyek berbeda dari yang pernah dia dapatkan sebelumnya. 

Baca juga : Kata Kata Bijak Islami Singkat 

Libatkan Pegawai dalam Pengambilan Keputusan

20190210 - Apresiasi Dari Perusahaan - Decision
Photo support by https://unsplash.com

Pegawai juga akan merasa sangat mendapat apresiasi ketika suara mereka didengar dan diperhitungkan. Karena itu, bentuk apresiasi untuk melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan tertentu, yang sifatnya ringan. Misalnya saja perusahaan ingin mengadakan program CSR, perusahaan dapat meminta pegawainya untuk menyampaikan opini berupa : mengenai apa bentuknya, kapan akan dilakukan, bagaimana implementasinya, dan sebagainya. Jika pegawai tahu bahwa opini mereka sangat diperhitungkan dan dihargai, maka mereka akan lebih bersemangat dan bekerja lebih giat. Dan tebak, keuntungan perusahaan meningkat. WOW!

Memberikan Kejutan

20190210 - Apresiasi Dari Perusahaan
Photo support by https://unsplash.com

Ada beberapa bentuk apresiasi yang mungkin dapat Anda siapkan dalam bentuk KEJUTAN untuk mengapresiasi kinerja perusahaan. Yang pertama, Anda bisa mengajak karyawan Anda makan siang spesial di luar dan pada saat jam kerja. Kedua, Anda juga bisa memberikan ucapan terima kasih atas kerja keras dia selama ini pada waktu morning briefing. Ketiga, Anda juga dapat memberikan pesta kejutan dan menyiapkan kue ulang tahun pada saat pegawai Anda merayakan hari ulang tahun. Meskipun sederhana, acara – acara kecil tetapi bermakna mendalam ini dapat dengan efektif membuat karyawan Anda merasa dihargai.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...