Uncategorized

Keunggulan dan kelemahan Nokia 6

Pinterest LinkedIn Tumblr

Nokia sudah bangkit lagi setelah sekian lama vakum dalam industri elektronik HP khususnya. Ya melihat pasar sekarang yang cukup tinggi peminatnya pada OS Android membuat Nokia juga ikut meluncurkan seri HP barunya yaitu Nokia 6. Meski bukan paing update dan pertama kali dirilis pada tahun 2017 lalu di Negara china tepatnya, namun Nokia berhasil memberikan sentuhan berbeda pada seri Nokia 6. Akan tetapi karena sudah banyak persaingan di industri HP saat ini, membuat nama nokia masih kurang mendapatkan tempat dihati masyrakat, khususnya orang indonesia. Hal itu dikarena sudah banyak brand ternama yang bersaing seperti Vivo, Oppo, Xiaomi, dan lainnya. Namun pada seri Nokia 6 ada beberapa keunggulan dan kelemahan. Untuk Anda yang ingin tahu apa saja keunggulan dan kelemahan Nokia 6 simak detailnya berikut ini.

Keunggulan dan kelemahan Nokia 6

Keunggulan Nokia 6

1. Desain Elegan

Build Quality menjadi yang terbaik di seri Nokia 6, dimana terdapat bahan aluminium dengan mutu tinggi dan menggunakan kaca LCD 2.5D melengkung pada sisi depan yang mana memberikan kesan premium di Nokia 6. Berkat layar yang berkualitas baik yakni 403 PPI dan memiliki kecerahan hingga 450 nits mampu memudahkan pengguna saat melihat layar meski terkena sinar matahari langsung. Menariknya lagi resolusi layar di Nokia 6 telah ditingkatkan mencapai 1080p.

2. Kualitas Suara Mengagumkan

Sound system Nokia 6 memakai sound system Immersive dimana ini adalah teknologi Dolby Atmos. Untuk Anda yang sdang mencari kualitas suara baik, maka Nokia 6 mampu memberikan efek suara fantastis terlebih saat Anda mendengarkan musik melalui headphone.

3. Performa Prosesor Bagus

Nokia 6 hadir dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 630, dimana mampu bekerja maksimal karena dibekali dengan 2,2 Ghz Octa Core Cortex A53. Prosesor tersebut juga mampu menghasilkan gambar sangat baik maksimal berkat resolusinya yang mencapai 16 MP dan terdapat tambahan prosesor sensor gambar 2x zoom, hal itu bisa menghasilkan kualitas gambar penuh warna.

4. Menggunakan Kapasitas Memori Besar

Keunggulan lainnya dari Nokia 6 yaitu mempunyai 2 pilihan memori internal ada 32 GB dan 64 GB, dari kedua memori internal tersebut mempunyai jumlah RAM besar yakni 4 GB. Nokia 6 menawarkan fitur menarik lainnya yakni tersedia tambahan memori mencapai 256 GB. Hal itu tentu sangat bermanfaat karena mampu menjadi penyimpanan eksternal besar terlebih untuk digunakan menyimpan file.

5. Telah Menggunakan OS Android 9 Pie

Pada versi Nokia 6 keluaran tahun 2017 masih menggunakan OS Android 7.1.1 Nougat dan telah diperbarui menjadi OS Android 7.1.2 Nougat untuk keluaran Oktober 2017. Namun di akhir Januari 2018 yang lalu, versinya kembali diperbarui ke OS Android 8.0 Oreo untuk rilisan Nokia 6. Namun padakeluaran seri akhir bertepatan pada tanggal 21 Februari 2019, Nokia 6 kembali memberikan pembaruan update dari OS Android 8.0 Oreo ke OS Android 9 Pie hingga hari ini.

6. Sensor Tambahan Cukup Bermanfaat

Keunggulan lainnya dari Nokia 6 yaitu telah dibekali dengan sensor dasar yang cukup bermanfaat bagi pengguna dan tidak akan ditemukan pada HP lain sekelasnya. Nokia 6 mempunyai sensor kompas dan ambient light sensor dimana telah dibekali juga dengan adanya sensor NFC yang mampu digunakan untuk transfer file secara singkat, instan, efisien, dan mampu untuk melakukan isi ulang uang elektronik.

Kelemahan Nokia 6

1. Kualitas Kamera Sangat Terbatas

Nokia telah berupaya memberikan sentuhan pada kamera Nokia 6 yang mana pada peluncuran pertamanya menggunakan sensor kamera 13 Megapixel dan kini telah diperbarui menjadi 16 Megapixel dan telah menggunakan lensa kamera 27-mm. Akan tetapi pada kamera bagian depan tetap sama yaitu menggunakan sensor kamera 8 Megapixel. Meski di bagian kamera depan hanya mempunyai kualitas cukup bagus, namun Nokia 6 ini juga tidak mempunyai tambahan lampu (light flash) dibagian depan. Sehingga ketika Anda mau membidik gambar dalam kondisi yang minim cahaya atau gelap hasilnya dirasa masih kurang baik. Kelemahan lainnya yang ada pada Nokia 6 yaitu di bagian pengaturan kamera yang mana tidak terlalu user-friendly bagi pengguna. Hal itu sangat jelas terlihat karena hampir sebagian besar pengaturan kamera Nokia 6 tersembunyi pada balik menu dan membuat pengguna sulit menemukannya. Hal lain yang menjadi kelemahan dari Nokia 6 adalah tidak mempunyai stabilisasi gambar, jadi ketika Anda memotret dapat secara tidak sengaja akan memperoleh banyak gambar buram yang mungki tidak akan Anda inginkan.

2. Ukurannya Cukup Besar

Nokia 6 mempunyai layar hingga 5.5 inci dimana dengan rentangan resolusi layar mencapai 1080×1920, hal ini membuat beberapa pengguna merasa jika Nokia 6 cukup besar ketika ada dalam genggaman terutama saat menggunakan satu tangan.

3. Sensor Fingerprint Terasa Lambat

Nokia 6 telah dibekali dengan sensor fingerprint, namun sensor ini dirasa masih sangat lambat atau kurang responsive saat digunakan. Seperti yang kita tahu, bahwa saat ini penggunaa sensor fingerprint sangat bermanfaat untuk pengguna terutama untuk keamanan data yang ada di dalamnya.

4. Harga Terasa Mahal

Bagi kami, Nokia memberikan harga cukup mahal untuk seri Nokia 6 ini. Dimana Anda harus mengeluarkan uang sebesar 3 juta hingga 3.5 juta rupiah untuk memiliki Nokia 6. Meskipun memiliki fitur yang menarik, namun Anda dapat memperoleh HP dengan fitur sama bahkan lebih lagi dari Nokia 6 dengan harga yang bisa dikatakan jauh murah.

5. Tidak Memiliki Fitur Fast-Charging

Bagi Anda yang tidak senang menunggu terlalu lama ketika melakukan pengisian daya baterai, sebaiknya Anda pertimbangkan kembali sebelum membeli Nokia 6, karena kaetika melakukan proses pengisian baterai membutuhkan waktu kurang lebihnya dua jam. Hal tersebut tentunya akan sangat menyebalkan dan membuang waktu yang cukup banyak.

6. Aplikasi Tambahan Mengganggu

Pada beberapa HP saat ini mempunyai aplikasi tambahan yang tidak dapat dihapus oleh pengguna, masalah tersebut juga terjadi di seri Nokia 6. Dimana Nokia telah membangun kerja sama dengan perusahaan besar seperti Amazon dengan cukup baik. Terbukti bahwa nokia berhasil membangun sebuah integrasi layanan Amazon langsung ke dalam menu pengaturan Nokia 6. Apabila Anda tidak pernah memakai layanan Amazon, pastinya akan menjadi kabar buruk pasalnya aplikasi tersebut tidak dapat Anda uninstall.

7. Tidak Anti Air

Untuk kelemahan terakhir yang ada di Nokia 6 adalah tidak mempunyai fitur tahan air dan anti debu. Jika melihat dari harga yang cukup mahal, harusnya fitur ini sudah ada di dalam nokia 6 yang mana bisa memberikan kesan nyaman untuk pengguna, terutama ketika Nokia 6 masuk ke dalam air.

Sekian pembahasan tentang keunggulan dan kelemahan Nokia 6 yang dapat kami bagikan disini untuk Anda. Sekarang Anda dapat menyimpulkan sendiri, apakah menurut Anda Nokia 6 lebih baik dari HP lain sekalasnya atau tidak. Terima kasih telah berkunjung, semoga bermanfaat.

Write A Comment

one × 1 =

Pin It