Menemukan Makna di Balik Pekerjaan #MotivationSeries

Ketika kita bekerja, maka kita mengusahakan dan memelihara perusahaan itu.

Anonim

Di dalam sebuah makalah yang diterbitkan dengan judul “What You Receive When You Work”, merupakan sebuah tulisan yang berisi penelitian di Amerika Serikat selama lebih dari tiga puluh tahun dan dilakukan kepada ratusan ribu orang. Penelitian tersebut mempelajari mengenai pengalaman mereka ketika berada di dalam dunia kerja, khususnya soal yuksemangat. Ternyata para peneliti mendapati bahwa kegairahan dan semangat para pekerja tersebut malah menurun pada hari libur, dalam hal ini adalah hari Minggu pagi. Ya, ketika hari minggu pagi itu semangat mereka memudar. Mereka hanya duduk – duduk saja dan tidak mengerti mengenai apa yang harus mereka lakukan.

 

Menurut saya, fenomena tersebut adalah fenomena yang sangat menarik. Bagaimana kalau menuru Anda? Di satu sisi, kita berpikir bahwa bekerja adalah sesuatu hal yang sangat membosankan, tetapi kenyataan malah berkata yang sebaliknya. Tidak bekerja justru lebih membosankan loh!

 

Manusia diciptakan-Nya untuk menjadi orang yang produktif. Ia mendesain enam hari untuk kita bekerja, dan satu hari untuk kita beristirahat. Muncul pertanyaan bukan. Mengapa banyak orang yang merasa terjebak dengan kebosanan justru ketika mereka bekerja? Mengapa mereka merasa rutinitas harian itu membuat mereka sangat jenuh? Bukankah penelitian berkata bahwa hari libur adalah hari yang membuat kita tidak bersemangat? Apakah Anda adalah salah satu yang merasa bosan dengan pekerjaan Anda saat ini?

 

Sebetulnya, kita dapat mengubahnya dengan mengubah pola pikir dan mindset kita loh. Pahami apa yang kita terima dengan bekerja. Bahwa kita sedang dipersiapkan untuk sesuatu yang lebih besar. Pekerjaan adalah jembatan untuk mempersiapkan kita mengambil tanggung jawab yang lebih besar. Dan! Cara paling efektif untuk mengatasi kebosanan adalah dengan menemukan makna di balik pekerjaan kita.

 

Baca juga : 10 Kata Kata Motivasi Diri untuk Membangkitkan Semangat Dalam Hidup

 

Seorang polisi lalu lintas pasti bosan bukan melihat lalu lalang kendaraan di jalan setiap hari. Apalagi mereka harus mengatur lalu lintas di siang hari, ketika panas terik melanda. Namuan ketika polisi bisa menemukan makna di balik pekerjaannya, bahwa dia adalah orang yang membuat ribuan pengendara dapat melakukan perjalanan dengan aman dan nyaman, bukankah apa yang dia lakukan itu sangat berguna bagi sesama manusia lainnya?

 

Sebaik – baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya.

 

Apapun pekerjaan yang Anda lakukan, marilah kita mencoba untuk menemukan makna di dalam pekerjaan tersebut. Temukan manfaat – manfaat yang mungkin Anda telah berikan kepada orang lain melalui pekerjaan kita. Tips sederhana ini akan membuat kita sedikit refresh dan mengurangi kejenuhan saat bekerja.

Menemukan makna di balik pekerjaan itu seperti menemukan berlian. Tak ternilai harganya

Anonim

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...