fbpx

Mengenal Lebih Jauh Bentuk dan Keuntungan Bisnis E-Commerce

Bentuk dan keuntungan bisnis e-commerce – Di era digital seperti sekarang ini dengan kecanggihan teknologi yang ada di tengah – tengah kita, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya bisnis E-Commerce. Bisnis E-Commerce ini merupakan salah satu bidang bisnis yang memanfaatkan produk – produk teknologi dalam operasionalnya.

Bisnis E-Commerce sendiri memang selama ini dikenal sebagai bisnis online dimana orang – orang mengartikan bahwa bisnis E-Commerce merupakan kegiatan jual beli yang dilakukan secara online. Akan tetapi sebenarnya, bisnis E-Commerce juga memberikan jangkauan yang luas dan bentuknya juga beraneka ragam. Manfaatnya juga sangat luar biasa bagi kehidupan. Penjelasan lebih konkrit tentang bentuk dan manfaat bisnis E-Commerce akan kami uraikan dalam informasi di bawah ini!

Baca juga : Ide Seputar Nama Olshop yang Bagus Keren Islami Unik Lucu Hoki

Bentuk Bisnis E-Commerce

Bentuk Bisnis E-Commerce

Classifieds atau daftar iklan baris

Bentuk bisnis E-Commerce yang pertama adalah classifieds atau daftar iklan baris. Bentuk bisnis E-Commerce yang satu ini merupakan bentuk yang paling sederhana dari usaha E-Commerce yang ada. Bentuk bisnis ini memiliki suatu ciri khas dimana penyedia jasa E-Commerce tidak secara langsung terlibat dalam proses jual beli yang terjadi. Didalam bentuk bisnis E-Commerce yang pertama ini pihak perusahaan E-Commerce hanya menjadi media yang nantinya akan mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam satu tempat.

Marketplace C2C (Customer to Customer)

Yang menjadi pembeda antara bentuk bisnis ini dengan bentuk bisnis classifieds adalah selain menawarkan tempat sebagai media promosi barang dagangnya, pihak E-Commerce juga akan memberikan suatu layanan metode pembayaran dari transaksi online yang sudah dilakukan. Hal ini juga turut serta menjadi ciri utama dari bentuk bisnis E-Commerce bentuk marketplace C2C.

Suatu perusahaan E-Commerce yang mengadopsi bentuk bisnis ini diantaranya seperti Tokopedia dan Shopee. Jika anda merupakan penjual yang memiliki barang dagang dengan jumlah yang cukup banyak, Anda bisa coba menjadi penjual para bentuk bisnis E-Commerce yang satu ini.

Shopping Mall

Bentuk bisnis E-Commerce yang satu ini hadir dengan semua proses dan layanan yang diberikan kurang lebih sama dengan bentuk bisnis Marketplace C2C. Hanya saja yang menjadi pembeda yaitu penjual yang ada pada E-Commerce ini. Pihak yang bisa masuk menjadi penjual di E-Commerce ini hanyalah brand – brand besar yang sudah memiliki nama di pasar lokal atau di pasar internasional.

Toko online B2C (Business to Consumer)

Bentuk bisnis yang satu ini pada dasarnya berfokus pada penjualan barang atau suatu produk milik perusahaan E-Commerce itu sendiri. Dengan demikian semua keuntungan dari penjualan suatu produk secara murni dimiliki oleh perusahaan E-Commerce dan tidak dibagi dengan pihak yang lainnya. Jenis bisnis yang satu ini merupakan salah satu bentuk bisnis E-Commerce yang sedang berkembang di Indonesia saat ini dan sudah banyak penganutnya. Selain perlu modal yang sangat besar, ketersediaan pasokan barang juga sistem penjualan semuanya sangat perlu dihandle sendiri oleh pihak E-Commerce.

Sosial media Shop

Bentuk Bisnis E-Commerce - Social Media

Bentuk bisnis media shop yang satu ini bisa dikatakan muncul seiring dengan suatu perkembangan sosial media yang semakin lama semakin menanjak. Potensi dari sosial media ini kini juga dimanfaatkan secara langsung oleh suatu perusahaan E-Commerce dengan membangun suatu bisnis yang berbasis pada sosial media yang bersangkutan.

Baca juga : Peluang Bisnis Tanpa Modal / Tanpa Resiko Untuk Anak Muda

Manfaat Bisnis E-Commerce

Setelah kita mengenal bentuk – bentuk dari bisnis E-Commerce yang beredar diantara kita. Sekarang kita perlu mengetahui apa saja yang menjadi manfaat bisnis E-Commerce. Manfaat bisnis E-Commerce sendiri dibedakan menjadi dua aspek yaitu manfaat bisnis E-Commerce untuk pemilik usaha dan untuk konsumen.

Bisnis E-Commerce bagi pemilik usaha memberikan manfaat diantaranya :

Penjualan E-Commerce jauh lebih global

Dengan adanya bisnis E-Commerce memungkinkan bagi suatu perusahaan atau pemilik usaha untuk menjual produk yang sudah mereka buat kepada konsumen dengan lebih banyak karena sifat dari web itu sendiri. Atau dengan kata lain bahwa sebuah perusahaan dapat benar – benar mengcover pasar yang lebih luas. Semisal bahwa perusahaan sepatu yang ada di Amerika atau Australia dapat menjual produknya di Indonesia tanpa mereka harus membuka toko baru dulu di Indonesia.

Adanya pengurangan infrastruktur perusahaan

Dengan adanya suatu bisnis E-Commerce, sebuah perusahaan atau pemilik usaha tidak perlu membuka banyak cabang penjualan atau melakukan distribusi. Akan tetapi dalam beberapa kasus memang banyak bisnis E-commerce yang tetap membuka gudang simpan atau gudang produksi di berbagai negara demi memudahkan konsumen dalam melakukan shipping barang.

Peningkatan keuntungan bersih perusahaan karena pengurangan biaya perusahaan

Dengan adanya suatu bisnis E-Commerce maka pemilik usaha atau suatu perusahaan tentu tidak perlu mengeluarkan biaya yang berlebih dalam menyediakan banyak toko atau gedung untuk operasional usaha mereka. Aspek yang seperti ini tentunya menjadi sangat menguntungkan karena peningkatan keuntungan bersih perusahaan bisa didapatkan dengan mengurangi biaya perusahaan termasuk biaya sewa gedung atau yang lainnya.

Terjadinya pengurangan harga produk

Dengan adanya suatu bisnis E-Commerce, maka harga barang bisa ditekan semurah mungkin. Hal ini karena akumulasi dari beberapa manfaat yang sudah disebutkan diatas sehingga konsumen lebih tertarik dalam membeli dan menjangkau produk yang dijual dengan memanfaatkan E-Commerce.

Sementara manfaat bisnis E-Commerce bagi konsumen diantaranya yaitu :

Belanja 24 jam dan 7 hari non stop

Manfaat Bisnis E-Commerce

Manfaat dari bisnis E-Commerce bagi konsumen yang pertama adalah bisa membantu konsumen dalam melakukan upaya pengecekan, perencanaan atau secara langsung memesan dan membeli pada bidang usaha tertentu tanpa perlu berlama – lama. Belanja selama 24 jam selama 7 hari penuh bisa dilakukan tanpa terkecuali berbeda dengan toko offline yang ada masa tutupnya di jam – jam tertentu sehingga tidak dapat dijangkau selama 7 hari penuh dan 24 jam.

Konsumen bisa lebih hemat waktu

Dengan adanya bisnis E-Commerce, bisnis E-Commerce ini dapat menghemat waktu dalam belanja karena tidak perlu ke toko secara langsung. Cukup Anda buka websitenya saja kemudian cek barang dan kemudian pesan. Setelah itu barang akan langsung dikirim. Sangat hemat waktu bukan? Konsumen juga bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan tanpa perlu pergi kemana – mana.

Barang atau jasa bisa didapatkan semakin murah

Manfaat dari bisnis E-Commerce juga bisa dirasakan oleh konsumen. Hal ini karena manfaatnya bagi perusahaan sehingga biaya operasional pemilik usaha akan berkurang dan mereka mampu memberikan harga yang dibanderol jauh lebih murah.

Konsumen bisa membandingkan banyak produk sekaligus secara lebih akurat

Dengan adanya suatu bisnis E-Commerce secara khusus yang berbasis online maka hal ini menjadikan konsumen mampu membandingkan banyak produk sekaligus dalam sekali waktu. Tak perlu Anda berlama – lama. Anda tinggal klik, berbeda dengan toko biasa dimana Anda harus berjalan ke beberapa tempat sekaligus dan berbeda toko hanya sekedar untuk membandingkan harga atau kualitas produk yang satu dengan yang lainnya.

Memungkinkan beli barang lintas wilayah

Manfaat Bisnis E-Commerce - Global Marketting

Dengan adanya suatu bisnis E-Commerce, Anda mampu membeli suatu barang atau jasa dari luar negeri tanpa harus ke luar negeri lebih dulu. Tentu sangat asyik bukan dengan adanya bisnis E-Commerce yang satu ini?

Baca juga : 9 Langkah Memaksimalkan Keuntungan Dengan Bisnis Model Canvas

Itulah bentuk bisnis dan keuntungan bisnis E-Commerce yang Anda harus tahu. Jadi dengan perkembangan teknologi digital yang ada, Anda harus bisa benar – benar memanfaatkannya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.