Pengertian Web Browser, Fungsi, Manfaat, Cara kerja & Contohnya

Pengertian Web Browser – Di era digital sekarang ini dengan semakin meningkatnya keperluan untuk berselancar di media internet, tentu saja kehadiran web browser sangat penting demi menunjang keberlangsungan selancar di internet tersebut.

Sudah banyak populasi orang di dunia ini yang memanfaatkannya untuk berbagai macam fungsi dan tujuan. Hanya saja sayangnya tak banyak yang benar – benar mengenal web browser secara lebih dekat, karena itu disini kita akan membahas secara lebih dekat tentang pengertian web browser beserta contoh – contohnya.

Pengertian Web Browser

Pengertian Web Browser
pixabay.com

Pengertian Web browser yang seringkali kita gunakan untuk berselancar di internet sejatinya merupakan suatu software, program atau perangkat aplikasi yang digunakan dalam mencari atau menjelajah informasi didalam jaringan internet dari suatu situs, media, jejaring sosial, blog atau yang lainnya dimana informasi tersebut masih tersimpan didalam internet. Berbagai sumber informasi yang dimaksud terdiri dari berbagai macam bentuk seperti misalkan berupa halaman situs, gambar, infografis, konten, tulisan, video dan sebagainya. Informasi selengkapnya tentang web browser akan kita ulas dalam uraian informasi di bawah ini!

Fungsi Web Browser

Fungsi Web Browser
pixabay.com

Ada beberapa fungsi web browser yang mungkin Anda sendiri belum menyadarinya. Diantara fungsi dari web browser yang perlu Anda ketahui.

Untuk membuka laman suatu website

Setelah kita tahu tentang pengertian web browser, disini kita akan membahas tentang fungsi web browser. Salah satu fungsi dari web browser yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk mengarahkan pengguna pada suatu alamat website yang dituju. Dengan menggunakan suatu web browser sendiri seseorang dapat secara langsung menuju ke alamat dimana ia inginkan untuk mengakses sebuah data.

Memastikan keamanan suatu website

Didalam suatu web browser biasanya juga sering terdapat proses yang dikenal dengan istilah authentication. Authentication ini merupakan suatu proses verifikasi suatu website atau sebuah laman yang juga turut memberikan kepastian bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi. Semisal untuk menghindarkan sebuah perangkat komputer atau gadget dari virus yang dapat menjadi penyebab kerusakan pada suatu sistem komputer.

Mendukung akses permintaan data

Fungsi dari web browser yang lainnya adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh masing – masing pengguna. Fungsi semacam ini sering dikenal dengan istilah requesting supporting data item.

Hampir seluruh alamat sebuah web yang terdapat di internet dapat diakses dengan Anda mengandalkan suatu web browser dan juga data yang berupa foto atau juga media lain yang bisa disimpan atau didownload secara langsung didalam suatu dokumen komputer. Inilah fungsi suatu web browser yang selanjutnya.

Mengumpulkan data serta membantu memaksimalkan tampilannya

Selain memberikan akses pada sebuah laman yang secara langsung dituju, web browser nyatanya juga dapat digunakan untuk mengumpulkan seluruh data pada sebuah website juga termasuk tentang efek yang didalamnya sehingga laman web yang bisa ditampilkan akan lebih maksimal dan jauh lebih baik. Tak hanya menampilkan suatu teks, web browser ini juga dapat membantu menampilkan foto, video dan juga audio pada sebuah halaman website.

Mendukung penggunaan dari search engine

Secara umum search engine atau mesin pencari merupakan bagian dari web browser sehingga bisa dikatakan bahwa setiap pengguna dapat mencari data dengan lebih cepat dan mudah di search engine. Bahkan tanpa mereka harus mengetikkan alamat yang terdapat di bagian address bar didalam sebuah menu web browser itu sendiri.

Memang web browser punya berbagai macam fungsi dan manfaat didalam kehidupan manusia utamanya bagi mereka yang memiliki aktivitas dan juga mobilitas tinggi. Jadi baiknya pastikan Anda memilih dan menggunakan web browser sesuai dengan kebutuhan dan kelebihan yang dimilikinya.

Selengkapnya tentang 6 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik Jaman Now | Paling Potensial

Manfaat Web Browser

Manfaat Web Browser
pixabay.com

Seperti yang selama ini kita tahu bahwa tak ada sesuatupun di dunia ini yang dibuat atau diciptakan tanpa bisa diambil manfaatnya. Sesuatu diciptakan pasti dengan mengambil manfaat – manfaat darinya. Begitu halnya dengan dibuatnya suatu web browser. Berikut ada beberapa manfaat web browser yang Anda harus tahu diantaranya :

  • Suatu web browser dibuat agar bisa mengakses informasi – informasi penting yang bermanfaat baik itu tentang pendidikan atau tentang non pendidikan.
  • Web browser sendiri dapat memudahkan kita dalam mengakses informasi kepada media – media seperti misalkan blog, situs, video, gambar dan yang lainnya.
  • Web browser juga dapat digunakan sebagai media untuk melakukan aktivitas jejaring sosial semisal melalui twitter, facebook, google plus dan yang lainnya.
  • Web browser juga dapat menyimpan berbagai macam file yang kita cari ketika menjelajah internet dan kita juga bisa melakukan bookmark situs yang memang dianggap penting.
  • Suatu web browser digunakan dalam mengakses mesin pencari seperti halnya search engine seperti Google yang biasa digunakan untuk mencari berbagai informasi.

Cara Kerja Web Browser

Cara Kerja Web Browser
pixabay.com

Dalam menggunakan suatu web browser masing – masing pengguna bisa mengakses dengan sangat mudah. User atau pengguna hanya perlu membuka aplikasi kemudian selanjutnya mengetikkan alamat atau situs yang dituju dimana biasanya dengan menggunakan format WWW atau mengetikkan alamat URL pada suatu address bar di sebuah laman web browser yang sedang kita gunakan tersebut.

Setelah Anda mengetikkan alamat yang dituju maka aplikasi web browser yang Anda manfaatkan tersebut akan melakukan fetching atau mengambil data yang biasanya ditulis didalam kode html. Alamat web atau url yang kita masukkan pada sebuah browser akan mengarahkan browser pada halaman yang akan dituju sesegera mungkin.

HTTP yang terdapat pada alamat URL yang kita tuju nantinya akan berusaha melakukan transmisi file dari web server menuju browser kemudian selanjutnya akan mengarahkan browser pada sebuah halaman yang Anda inginkan. Disanalah data – data yang kita cari tersimpan didalam suatu server.

Baca juga Kata Kata Cinta Romantis Lucu Rindu Buat Pacar Tersayang

Contoh Web Browser

Contoh Web Browser
pixabay.com

Seringkali kita memiliki web browser andalan masing – masing untuk mencari suatu data dan informasi. Beberapa web browser yang paling dikenal dan paling banyak orang yang menggunakannya meliputi :

Google Chrome

Google Chrome
pixabay.com

Hampir sekitar 60% netizen yang ada di dunia ini menggunakan Google Chrome sebagai web browser yang mereka andalkan. Browser yang dibesut oleh Google ini memang hampir digunakan di seluruh dunia secara khusus paling banyak penggunanya adalah di Asia, Amerika dan juga Eropa.

Mozilla Firefox

Mozilla Firefox
pixabay.com

Mozilla Firefox juga merupakan salah satu web browser yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet. Kurang lebih sekitar 1/6 jumlah pengguna internet dunia dan juga di Indonesia merupakan salah satu negara yang menggunakan Firefox paling banyak di dunia ini.

Safari Browser

Safari browser
pixabay.com

Safari memang tidak sepopuler dua web browser yang kita sebutkan sebelumnya yaitu Google Chrome dan Mozilla Firefox. Safari di dunia ini hampir mencapai hanya 16% saja penggunanya. Aplikasi yang dibuat oleh Apple Inc ini merupakan sebuah aplikasi web browser yang dirilis di tahun 2003 untuk perangkat komputer dan di tahun 2007 digunakan pada perangkat mobile.

Opera Browser

Opera browser
TechCrunch

Opera juga merupakan salah satu web browser paling populer saat ini. Opera yang saat ini beredar digunakan sekitar 6% netizen yang ada di seluruh dunia untuk perangkat komputer dan sekitar 11% netizen untuk perangkat mobile.

Internet Explorer

Internet Explorer
pixabay.com

Internet Explorer merupakan suatu web browser yang berjaya di tahun 2002 – 2003. Web browser ini di tahun – tahun tersebut digunakan bahkan hampir mencapai 95% dari populasi pengguna internet di dunia. Hanya saja semakin lama penggunanya semakin sedikit dan Internet Explorer semakin ditinggalkan. Namun tetap saja Internet Explorer yang pernah populer harus masuk di daftar web browser andalan.

Itulah pengertian web browser beserta informasi tentang contoh dan fungsinya. Semoga informasi diatas semakin menambah wawasan kita semua.

Loading...

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.