6 Ide Bisnis Dalam Dunia Musik Jaman Now | Paling Potensial

Di era bisnis seperti sekarang ini hampir setiap elemen kehidupan berpotensi dijadikan sebuah ide bisnis. Bahkan bagi mereka pecinta musik, menjadikan musik sebagai jembatan bisnis juga sangat bisa dicoba. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang beberapa ide dan inspirasi bisnis dalam dunia musik yang dapat dicoba.

Bagi Anda yang memiliki bakat di bidang musik, bakat tersebut yang kini sudah menggelora didalam dada dan sekaligus menjadi passion bagi Anda sangat bisa menjadi ide dalam berbisnis. Bisnis yang dijalankan dengan passion tentu akan mudah berkembang dibandingkan bisnis yang tidak dijalankan dengan passion. Ketika Anda menjalankan sebuah ide bisnis berdasarkan passion yang Anda miliki, ketika kemudian terjadi masalah Anda tidak akan menyerah.

Alasannya tentu karena Anda sangat mencintai apa yang Anda jalankan tersebut. Sehingga dengan kecintaan yang Anda miliki membuahkan keinginan untuk terus menerus berada di bidang tersebut dan mencari solusi mengatasi masalah yang tengah dihadapi. Ada beberapa bidang bisnis di industri musik yang dapat menjadi suatu poin plus mendatangkan pundi – pundi keuntungan bagi Anda. Berikut informasi selengkapnya!

Ide Bisnis Dalam Dunia Musik

Bisnis Dalam Dunia Musik
Canva

Sekarang Kita ulas satu persatu ide dan inspirasi bisnis dalam dunia musik yang paling menjanjikan saat ini. Informasi lengkapnya bisa Anda simak daftar list di bawah ini.

Membuka Studio Musik

peluang membuka studio musik
peluangusaharentalstudiomusik.blogspot.com

Inspirasi bisnis dalam dunia musik yang pertama adalah membuka studio music. Anda terlebih dahulu harus cermati dulu peta pasar yang sedang ditargetkan. Semakin bagus iklim musik yang terdapat di suatu daerah tentu kebutuhan akan studio musik juga akan semakin besar.

Nah, hal ini tentu sangat berpengaruh pada persaingan antar studio yang ada. Studio yang memiliki fasilitas jauh lebih lengkap tentu saja mereka yang akan memiliki peluang unggul dan peluang dipilih jauh lebih besar dibandingkan yang lainnya.

Mengenai berapa nilai investasi yang diperlukan untuk membuka suatu studio musik sangat bervariasi. Karena alat musik yang paling mendasar terdiri atas beberapa komponen diantaranya satu set drum, dua gitar, satu bas gitar, satu buah keyboard, tiga mikrofon. Kemudian kelengkapan lain yang dibutuhkan, meliputi sound, pedal efek, kabel sampai lampu dan peredam suara.

Dalam membuka bisnis studio musik, Anda juga perlu perhatikan biaya yang harus Anda keluarkan karena biaya listrik Anda akan sangat besar. Jadi hitung baik – baik biaya ini untuk menentukan besaran sewa studio satu jamnya berapa supaya Anda tidak merugi.

Simak selengkapnya : √ 2018 Kata Kata Bijak Islami Singkat Kekinian

Bisnis Jual Alat Musik

Bisnis Jual Alat Musik
idntimes.com

Jika Anda memiliki modal yang cukup besar, Anda bisa mulai mendirikan bisnis jual alat musik beserta kelengkapan bermusik yang lainnya. Anda bisa mulai dengan menjual berbagai alat musik seperti halnya gitar, piano, drum, keyboard dan yang lainnya. Anda juga bisa menjual berbagai macam peralatan dan perlengkapan bermusik seperti halnya kabel, speaker, microfon dan sebagainya.

Dalam memulai menjalankan bisnis yang satu ini, tidak hanya modal materi yang Anda butuhkan. Akan tetapi Anda juga perlu tahu seluk beluk musik yang mendukung agar permainan musik bisa jauh lebih baik. Dengan demikian, ketika ada suatu pertanyaan Anda akan menjawab segala pertanyaan yang diberikan oleh pelanggan dengan semakin baik.

Additional Musician

Peluang Menjadi Additional Musician
Canva

Jika Anda merupakan salah satu pecinta musik yang memiliki keahlian dalam bermain musik, maka additional musician bisa Anda lirik. Biasanya mereka yang berprofesi sebagai additional musician memiliki kedekatan dengan band yang dibantu. Karena itu Anda juga harus ikut nimbrung di dalam suatu komunitas musik setempat agar kenal dengan orang – orang yang ada didalamnya.

Jika Anda sudah punya kedekatan maka kesempatan bergabung dengan sejumlah band sekaligus akan terbuka lebih lebar. Menjadi seorang additional musician lebih enteng atau lebih ringan tanggung jawabnya dibandingkan mereka yang merupakan anggota band tetap.

Hal ini karena seorang additional musician tak perlu ikut membuat lagu atau memikirkan album rekaman. Yang penting ia bisa menguasai lagu dan tampil apik di setiap rekaman atau panggung live maka kiprahnya sudah bisa didapatkan dengan maksimal.

Peluang Bisnis Home Recording

Bisnis Home Recording
kawug.blogspot.com

Peluang bisnis home recording atau rekaman sendiri di rumah bisa juga menjadi suatu ide dan inspirasi bisnis Anda. Bagusnya dengan mendirikan home recording Anda tak perlu banyak perlengkapan. Hanya pastikan ada laptop dengan program rekaman yang mumpuni beserta perlengkapan penting seperti peredam, recorder, mikrofon, kabel dan alat music dasar.

Bisnis home recording juga tak melulu soal rekaman. Anda juga bisa menawarkan jasa mastering atau mixing lagu bahkan workshop bagi band dan musikus pemula yang akan melakukan rekaman perdananya. So, Anda yang punya kemampuan di bidang ini segeralah memulai!

Mampir juga : √ Cara Belajar Bermain Gitar Untuk Pemula | Kunci Dasar Gitar Lengkap

Live Sound Engineering

Anda harus tahu bahwa dibalik penampilan keren suatu pertunjukan musik diatas panggung ternyata ada seorang Live sound engineering yang hebat. Teknisi suara memiliki peran yang sangat besar.

Seorang Live sound engineering mesti memahami teknologi sound system dan karakter lagu pemusik yang tampil. Pada umumnya teknisi ini menjadi satu kelompok dengan pemusik yang tampil akan tetapi ada juga teknisi sound yang tergabung didalam suatu event organizer. Bisnis yang satu ini tidak hanya bisa ditekuni dalam dunia musik akan tetapi juga game dan periklanan jika memang Anda punya keahlian dalam menata suara.

Menjadi Guru Musik Privat

Bisnis dalam dunia musik selanjutnya adalah menjadi guru musik privat. Akan tetapi jika Anda mau menjadi guru musik, Anda harus bisa membaca not nada. Terlebih jika yang akan dipelajari nanti tentang musik klasik.

Itu artinya Anda harus memiliki pendidikan musik baru menjadi guru musik privat. Sertifikat yang Anda miliki tersebut juga dapat menjadi bagian dari promosi Anda. Seorang guru musik privat bisa menentukan jadwal dan tarifnya sendiri.

Jadi memang akan lebih menguntungkan jika Anda membuka bisnis guru musik privat dibandingkan harus terjun atau bergabung ke suatu institusi pendidikan musik khusus. Akan tetapi memang tanggung jawab yang Anda miliki akan jauh lebih besar. Jadi Anda juga perlu bersungguh – sungguh dalam memberikan ilmu bermusik pada anak didik Anda.

Itulah berbagai ide dan inspirasi bisnis dalam dunia musik yang bisa Anda jalankan. Dapatkan potensi keuntungan yang sangat besar bersama ide dan inspirasi bisnis dalam dunia musik diatas.

Loading...

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.