Investasi

Tips Investasi Properti Untuk Investor Pemula

Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini, investasi menjadi hal yang sangat digemari pada kalangan muda. Banyak instrumen investasi yang bisa dimanfaatkan, salah satunya ialah properti. Pembangunan berbagai properti belakangan ini terus berkembang dengan cepat, mulai dari rumah, apartemen, dan kios. Oleh karena itu, penting untuk memiliki tujuan investasi yang jelas sehingga dapat menjadi dasar Anda untuk memilih instrumen investasi yang sesuai.

Pemilihan properti sebagai instrumen investasi tentu menjadi pilihan yang tepat jika memiliki tujuan investasi jangka panjang. Melihat lahan yang semakin sempit dan harga tanah terus meningkat, investasi properti sejak dini sangat tepat untuk masa yang akan datang. Sebelum anda menentukan membeli properti yang tepat untuk investasi. Berikut ada beberapa tips untuk anda berinvestasi pada properti.

Tips Investasi Properti

tips investasi properti untuk investor pemula

1. Tentukan lokasi yang strategis

Faktor lokasi menjadi poin yang sangat penting dan utama dalam pemilihan sebuah properti, terlebih untuk investasi. Lokasi yang strategis bisa diartikan dengan kemudahan akses dan berdekatan dengan segala fasilitas umum.

Dalam menentukan lokasi yang strategis dapat anda mulai dengan melihat akses yang dapat dilalui. Apakah akses jalan menuju properti tersebut mudah untuk dilalui atau tidak? Jika berada di jalan besar anda dapat memasukkan properti itu kedalam opsi anda. Namun, jika properti tersebut berada di jalan yang hanya muat untuk satu mobil saja, anda dapat memikirkan hal itu lagi. Selain itu, kemudahan akses juga bisa dilihat apakah properti tersebut berdekatan dengan pintu tol atau tidak, idealnya hanya berjarak 5-10 menit saja menuju pintu tol.

Kemudian, berdekatan dengan fasilitas umum juga menjadi hal yang harus diperhatikan. Sebab, hal tersebutlah yang akan membantu anda dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Fasilitas umum tersebut adalah rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan pendidikan. Jangan sampai properti anda berjarak lebih dari 15 menit menuju fasilitas umum tersebut, karena tidak efektif untuk sehari-hari.

2. Persiapkan dana

Setelah menentukan lokasi yang strategis, tentukan dana atau budget yang sesuai dengan kantong anda. Jangan sampai over budget karena tujuan anda adalah menginvestasikan properti tersebut untuk kemudian hari memberikan keuntungan. Anda harus mempersiapkan dana untuk menanggung biaya-biaya pokok dan biaya lainnya. Ada beberapa dana yang dapat anda persiapkan sebelum berinvestasi pada properti tersebut.

Pertama, anda bisa menyiapkan uang tanda jadi, biaya yang diperuntukkan sebagai tanda jadi anda dalam membeli rumah. Adapun terdapat uang muka atau biasa disebut down payment (DP), ada berbagai pilihan uang muka sebesar 10%-30% yang sudah ditentukan oleh pengembang. Selanjutnya, ada biaya angsuran atau cicilan selama beberapa tahun kedepan yang anda harus bayarkan tiap bulannya, jangka waktu beragam mulai dari 10-20 tahun. Besarnya angsuran ditentukan oleh pengembang atau pihak bank sesuai dengan penghasilan anda.

3. Pilih pengembang terpercaya

Poin penting selanjutnya adalah memilih pengembang properti terpercaya. Banyak sekali pengembang terpercaya di Indonesia yang membangun perumahan dan apartemen di berbagai tempat. Saya sendiri memiliki 3 aset properti berupa 2 rumah tinggal dan 1 apartment sederhana. Ketiganya saya beli dari pengembang yang telah memiliki nama besar di Indonesia.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan pengembang ini ialah konstruksi dan spesifikasi bangunan yang digunakan pada properti tersebut. Pilihlah properti yang memiliki spesifikasi bangunan dan konstruksi bagus untuk jangka panjang.

Ketahui kembali latar belakang dan performa dari pengembang yang membangun properti tersebut. Anda dapat mengecek nya untuk memastikan apakah pengembang tersebut sudah kompeten dalam bidang properti. Pilihlah pengembang yang memiliki pengalaman minimal 5 tahun dan portfolio terpercaya.

4. Cek harga pasar

Untuk berinvestasi pada properti hindari sifat terburu-buru dalam menentukan sebuah pilihan. Lakukan lah riset mendalam terhadap harga pasaran properti yang serupa. Dalam melakukan pengecekan harga pasar, ada beberapa faktor yang dapat anda perhatikan. Ketika anda mengetahui harga pasar yang berlaku pada properti tersebut, maka anda dapat menentukan apakah properti tersebut worth to buy atau tidak.

5. Cek kondisi properti

Setelah anda cek harga pasar, hal selanjutnya dapat mengecek kondisi properti yang menjadi pilihan. Pengecekan ini bertujuan untuk meninjau lebih lanjut properti yang akan menjadi investasi anda apakah dalam kondisi baik atau perlu menambah dana untuk renovasi. Cek seluruh ruangan dari depan hingga kebagian belakang, dari sudut ke sudut ruangan.

Jangan lupa untuk mengecek sanitasi air, saluran pembuangan, aliran listrik. Pastikan kembali jika kondisi rumah sudah baik dengan cat yang tidak kusam, konstruksi bangunan kuat, dan sudah sesuai dengan yang diiklankan. Jangan terburu-buru dalam mengecek kondisi rumah, pastikan semuanya dalam kondisi baik.

6. Cek kelengkapan dokumen

Poin berikutnya yang tak luput dalam proses memilih properti ialah mengecek kelengkapan seluruh dokumen. Jangan gegabah ketika harga, desain, lokasi properti sudah cocok namun selanjutnya anda harus memastikan dokumen nya pun lengkap juga. Ada beberapa dokumen yang harus ada cek kelengkapannya yaitu Sertifikat Hak Milik (SHM), Sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), Sertifikat Hak Pakai (SHP).

Pada umumnya SHM diperuntukkan untuk tempat tinggal seperti rumah, dan SHGB/SHP diperuntukkan untuk tempat bisnis seperti kios atau ruko. Selain itu, cek apakah ada Sertifikat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) untuk memastikan bangunan yang didirikan diatas lahan tersebut dilakukan secara legal, Akta Jual Beli yang dilakukan oleh notaris, surat Pajak Bumi Bangunan (PBB), dan Tagihan lainnya seperti listrik, air, internet, hingga telepon. Pastikan seluruh dokumen tersebut tersedia lengkap ketika membeli properti, jangan sampai menimbulkan masalah dikemudian hari akibat dokumen yang kurang lengkap.

Penutup

Itulah beberapa tips yang dapat saya berikan yang bisa menjadi masukkan bagi anda dalam memilih properti yang tepat untuk diinvestasikan di kemudian hari. Bagi anda yang sedang mencari properti anda dapat mengunjungi situs CariProperti yang memiliki beragam pilihan properti mulai dari rumah, apartemen, hingga ruko yang tentunya dapat berkonsultasi dengan manajer properti terpercaya.

Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih sudah membaca 🙂

Write A Comment

18 − 4 =

Pin It