fbpx

Ssstt… Hati – hati! 9 Topik Diskusi Tabu Untuk Ibu Hamil

Apakah Anda memiliki pasangan? Bagi para pria, Apakah Anda pernah menemukan bahwa pasangan marah – marah tanpa alasan yang jelas? Bagi para wanita, Apakah Anda pernah menemukan bahwa mood Anda bergejolak tanpa tentu arah?

Tentunya Anda menemukan hal tersebut saat wanita sedang mengalami siklus menstruasi, atau kita kenal dengan istilah datang bulan. Ternyata, selain siklus menstruasi, kehamilan juga dapat membuat perasaan wanita menjadi lebih sensitif loh! Oleh karena itu, jangan sampai kita mengucapkan kata – kata yang mungkin dapat menyinggung perasaan hatinya.

Baca juga : Penting Untuk Pasangan! 10 Ciri – Ciri Orang Hamil Muda

Perasaan ibu hamil yang lebih sensitif umumnya pastinya disebabkan karena perubahan kadar hormon yang mempengaruhi kadar neurotransmitter. Neurotransmiiter ini dikenal sebagai bahan kimia yang terletak di otak dan dapat mengatur suasana hati. Selain itu, faktor – faktor lain yang dapat berpengaruh adalah faktor stress atau kelelahan juga turut berperan dalam penyebab mood swing yang terjadi pada ibu hamil.

Jadi sangat disarankan untuk kamu dapat menjaga perkataanmu selagi berhadapan dengan ibu hamil ya. Beberapa perkataan yang mungkin biasa, dapat menjadi luar biasa apabila hal tersebut sampai ke telinga ibu hamil yang mood-nya sedang bergejolak.

Berdasarkan pengalaman dari howie and belle, berikut adalah 9 topik yang SANGAT disarankan untuk dihindari ketika kita sedang bersama ibu hamil.

9 Topik Diskusi Tabu

#1 – Badanmu Makin Besar Ya…

Seperti yang Anda tahu bahwa setiap wanita itu sangat peduli dengan penampilannya. Dan kebanyakan dari mereka juga sudah cukup stress karena melihat tubuhnya bertumbuh besar dari hari – ke hari dalam masa kehamilan. Jadi tolong! Jangan menambah beban pikiran ibu hamil. Bahkan merusak kepercayaan dirinya. Dengan berkata, “badanmu gemuk sekali!”. Jangan!

Lebih baik untuk kamu berkata bahwa pertambahan berat badan selama masa kehamilan merupakan hal yang normal. Karena hal itu diperlukan untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

#2 – Sepertinya Mukamu Makin Pucat

Jika mukanya terlihat pucat karena kelelahan, kamu tidak perlu terlalu terbuka untuk membahasnya. Apalagi apabila dia tidak memakai make up. Pahami saja kondisinya dan tidak perlu merusak suasana dengan membuatnya merasa jelek.

Kamu dapat mengeluarkan kata kata pujian seperti ,”Wah, walaupun hamil, kamu tetap tampil cantik ya.”

Baca juga : 50 Love Quote Good Morning and Wishes For Your Bae

#3 – Hamil? Kok Kurusan?

Nah, kalau kamu ngomong bahwa : “Ibu hamil itu gendut” adalah sebuah masalah. Anda mengatakan bahwa dia semakin kurus juga menjadi masalah tersendiri loh! Hal ini memberikan kesan bahwa Anda merasa bayi yang berada dalam kandungannya sedang kekurangan nutrisi.

Baca juga : Awas! 5 Akibat Kekurangan Kalsium Pada Ibu Hamil!

#4 – Kebobolan Yah?

Anda mungkin terkejut ketika tahun lalu dia baru melahirkan dan sekarang sudah berbadan dua kembali. Nah. Coba tahan – tahan untuk mengungkapkan kenyaan tersebut.

Jika memang benar bahwa dia telah kebobolan, dia tentunya akan merasa sedih atas ucapan tersebut. Hal ini dikarenakan tentunya dia juga pastinya kurang mengharapkan kemhamilan tersebut, tetapi apa daya : nasi sudah menjadi bubur.

Lebih baik kalau kamu ikut bersukacita atas berita kehamilannya. Kamu dapat bilang kepadanya bahwa seorang anak adalah anugerah dari Tuhan.

#5 – Kok Bumil boleh Makan Gituan

Tidak perlu usil untuk komentar. Kamu perlu memiliki mindset bahwa yang namanya ibu hamil tentunya sudah memeriksakan diri kepada dokter. Dan salah satu topik yang dibicarakan pastinya adalah mengenai masalah makanan.

#6 – Melahirkan itu Sakit loh!

Hampir semua wanita yang sedang hamil anak pertama akan merasa taku mendengar kata melahirkan atau proses persalinan. Jadi jangan menakuti – nakutinya dengan kisah – kisah menyeramkan di ruang persalinan. Hal tersebut tentunya akan membuat wanita hamil menjadi lebih stress.

Ada baiknya, kamu memberikan informasi atau artikel yang membahas mengenai persiapan melahirkan normal untuk calon ibu.

#7 – Kamu udah Ketuaan…

Anda bukanlah Tuhan sehingga Anda tidak perlu tahu alasan mengapa dia baru bisa mengandung di usia tertentu. Mungkin saja karena dia belum siap menjadi orang tua atau bahkan mungkin saja dia mengalami masa sulit untuk mendapatkan buah hati. Jadi hindari perkataan atau topik diskusi mengenai bahaya kehamilan di usia tua.

Baca juga : Tips Puasa Untuk Hamil

#8 – Nanti ASI kan?

Nah, ini dia. Kita perlu percaya bahwa seorang ibu hamil selalu mengingkan yang terbaik untuk bayinya. Jadi ini bukanlah urusanmu.

Baca juga : Kata Kata Cinta Romantis Untuk Pasangan

#9 – Kok Belum Lahiran?

Jika seorang wanita hamil sudah melewati masa 9 bulan, tetapi belum juga kunjung melahirkan, janganlah sampai Anda melontarkan pertanyaan tersebut.

Ya mungkin Anda khawatir mengenai kesehatannya. Anda dapat bertanya, “Hai, lagi apa? Apakah ada yang bisa saya bantu? Melalui Whatsapp. Apalagi saat ini banyak orang yang sering update status melalui Instagram. Tidak ada salahnya untuk Anda kepo akun Instagram mereka.

 Baca juga : Caption IG Instagram Keren Jaman Now

Jadi itulah 9 topik diskusi tabu dengan ibu hamil. Be aware ya sobat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.