Tren Teknologi Masa Kini yang “Booming” di 2020

Tren teknologi masa kini memang selalu menarik untuk kita prediksi karena memiliki pengaruh yang penting dalam kehidupan. Yang namanya prediksi memang tidaklah pernah akurat, tetapi dengan dukungan data yang kuat tentunya keyakinan terhadap teknologi terbaru akan semakin meningkat.

Yang membuat semakin menarik adalah perkembangan teknologi tidak lagi bergerak secara linear, melainkan terjadi lompatan – lompatan teknologi sehingga terjadi revolusi 4.0 di masa kini. Saya sendiri merasa pesatnya perkembangan ini karena tren teknologi yang selalu berubah setiap tahunnya. Misalnya saja, kemunculan blockchain untuk mencatat pertukaran data dan transaksi secara real time.

Walaupun perkembangan yang terlalu massif ini bisa saja menjadi mimpi buruk apabila kita tidak mempertimbangkan risiko privasi dan keamanan yang kerap terjadi. Agar dapat bersaing di dunia bisnis, tentunya kita harus memahami semua tren teknologi di masa kini. Bahkan, kita mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengadopsi salah satu teknologi tersebut ke dalam lini bisnis.

Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan ketika mengadopsi tren teknologi ke dalam bisnis. Misalnya saja pemanfaatan teknologi blockchain untuk menyimpan dan melindungi informasi penting dari perusahaan. Selain itu, kita juga dapat melakukan otomatisasi proses dengan menggunakan website ataupun aplikasi. Bahkan kita juga dapat memanfaatkan toko daring untuk melakukan pemasaran secara online.

Banyak sekali bentuk implementasi dari teknologi dan dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan masing – masing individu / perusahaan. Mari kita simak tren teknologi masa kini yang akan “booming” di tahun 2020.

Tren Teknologi Masa Kini

Tren Teknologi Terbaru
Tren Teknologi Terbaru

1. Blockchain

teknologi blockchain sebagai media penyimpanan data di masa depan
teknologi blockchain sebagai media penyimpanan data di masa depan

Dikutip dari Deloitte, blockchain adalah catatan transaksi yang dibuat secara digital, dan kemudian disebarkan secara real time ke seluruh pengguna sehingga semua orang mempunyai copy atas catatan tersebut. Adapun masing-masing transaksi tercatat di dalam sebuah block sehingga terbentuk rantai catatan yang dinamakan chain dan terikat menggunakan prinsip kriptography sehingga mustahil untuk di­-hack.

Jaringan blockchain tidak memiliki sistem otorisasi terpusat karena menggunakan konsensus dari seluruh peserta yang didalamnya. Hal ini membuat catatan digital ini sangat transparan karena informasi yang ada di dalamnya dapat dilihat oleh semua orang. Tidak seperti transaksi di bank yang sifatnya tertutup dan rahasia. Apalagi, seluruh catatan tersebut bersifat permanen dan irreversible.

Salah satu bentuk implementasi dari blockchain adalah cryptocurrency seperti Bitcoin, Ripple, Ethereum dan Stellar. Apalagi harga cryptocurrency sempat booming di tahun 2018 sebelum kembali surut di tahun – tahun berikutnya. Walaupun begitu, para praktisi telah menyadari bahwa manfaat utama dari teknologi blockchain adalah mencatat data (record) sehingga blockchain mulai digunakan untuk menyimpan data catatan kesehatan, catatan sertifikat tanah, dan catatan transaksi keuangan untuk keperluan pajak.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa blockchain adalah teknologi terbaru untuk database yang akan menggantikan sistem database terpusat nantinya.

Baca juga : Apa itu BITCOIN? Bahas tuntas bersama ngurusduit

2. Big Data

big data untuk mengumpulkan dan menganalisa data sehingga dapat mengambil keputusan cerdas secara cepat
big data untuk mengumpulkan dan menganalisa data sehingga dapat mengambil keputusan cerdas secara cepat

Saya yakin bahwa Anda telah mendengar tren teknologi masa kini yang bernama Big Data. Dikutip dari oracle, Big Data merupakan gambaran atas variasi data yang terkumpul dalam volume besar secara cepat. Dari pengertian ini akhirnya muncul hukum 5V dalam Big Data, yaitu variety (variasi), volume (jumlah), velocity (kecepatan), value (nilai) dan veracity (kejujuran).

Hukum 5V menjelaskan bahwa Big Data merupakan kumpulan data yang sangat kompleks sehingga software processing data tradisional tidak dapat mengolahnya menjadi lebih berguna. Padahal data yang akurat dan diolah dengan baik dapat dijadikan acuan untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Hal ini merupakan peluang yang sangat tinggi bagi perusahaan teknologi, sehingga muncul istilah “Data is New Oil”. Perusahaan – perusahaan teknologi berlomba untuk menawarkan jasa mengumpulkan dan menganalisa atas data yang mereka kumpulkan. Sumber data yang digunakan adalah streaming data, media sosial, cloud, survey, atau bahkan data dari pemerintah.

Kunci dalam sukses di Big Data adalah mengumpulkan dan menganalisa data! Beberapa manfaat yang dapat diperoleh perusahaan yang menerapkan big data adalah penghematan biaya, pengurangan waktu, mengembangan produk baru, menciptakan inovasi dan mengambil keputusan yang cerdas. Untuk mendapatkan manfaat maksimal, maka perusahaan perlu untuk menerapkan strategi Big Data mulai dari sekarang.

3. Augmented Reality (AR)

augmented reality merupakan teknologi untuk memproyeksi objek maya ke dunia nyata
augmented reality merupakan teknologi untuk memproyeksi objek maya ke dunia nyata

Augmented Reality (AR) merupakan sebuah tren teknologi terbaru yang telah dikomersialkan melalui dunia game, yaitu Pokemon Go. Game Pokemon Go sempat menjadi viral pada tahun 2016 lalu di mana semua orang berebut untuk melengkapi koleksi pokemon mereka dengan berkunjung ke seluruh penjuru dunia. Kamu diharuskan untuk menemukan serta menangkap pokemon menggunakan smartphone. Apabila kamu sempat memainkannya tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan augmented reality ini.

Berdasarkan Wikipedia, AR adalah teknologi yang memproyeksikan benda maya ke dalam sebuah lingkungan nyata. Benda maya tersebut tidak dapat diterima oleh pengguna menggunakan 5 indera, melainkan memerlukan alat bantu untuk meningkatkan persepsi dan interaksi di dalam dunia nyata. AR dapat ditampilkan dengan menggunakan berbagai perangkat seperti kacamata, smartphone, layar, contact lens, dan lain sebagainya.

Augmented Reality merupakan kombinasi dari beberapa teknologi seperti SLAM (Simultaneous Localization and Mapping), sensor, dan pengukur kedalaman. AR digadang – gadang dapat diaplikasikan untuk seluruh indra termauk pendengaran, sentuhan serta penciuman. Selain di dalam industri gaming, implementasi AR mulai dipelajari secara serius di dalam bidang kesehatan, militer, dan manufaktur.

Baca juga : Yuk Belajar Sejarah Augmented Reality (AR)!

4. Virtual Reality (VR)

virtual reality sebagai terobosan teknologi terbaru
virtual reality sebagai terobosan teknologi terbaru

Salah satu tren yang menarik dalam dunia teknologi adalah implementasi Virtual Reality, atau biasa disingkat VR. Teknologi VR memampukan pengguna-nya untuk membuat simulasi dunia maya dengan bantuan komputer dan berinteraksi di dalamnya menggunakan bantuan headset VR / kacamata VR. Di Indonesia sendiri, Virtual Reality lebih dikenal dengan nama realitas maya … walaupun terdengar sedikit aneh.

Teknologi VR sebenarnya sudah mulai diimplementasikan sejak lama. Misalnya saja, seorang calon pilot dapat menggunakan flight simulator untuk belajar mengendalikan pesawat ataupun mengambil ujian sertifikasi. atau contoh penerapan lain berupa simulasi anti huru hara untuk polisi. Dengan menggunakan virtual reality, para polisi dapat merasakan sensasi berada di dalam sebuah kerusuhan yang terasa nyata. Dengan begitu, risiko yang dialami oleh polisi akan turun serta harga pembelajaran yang jauh lebih murah! Selain itu, virtual reality juga dapat digunakan dalam bidang medis, hiburan, dan pendidikan.

Untuk dapat menggunakan teknologi Virtual Reality, pengguna diharus menggunakan peralatan khusus seperti screen untuk menampilkan dunia maya, speaker untuk menerima pesan suara, tracker untuk melacak pergerakan mata dan kepala, glove untuk menangkap pergerakan tangan, dan walker untuk memantau pergerakan kaki. Seluruh peralatan tersebut berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke dalam komputer yang kemudian diolah dan dikirimkan kembali sehingga dunia maya ini terasa nyata!

Untuk Anda yang mau mengenal teknologi virtual reality, Anda dapat men-download aplikasi virtual reality yang bagus untuk Android. Kemudian Anda dapat menggunakan kacamata VR ketika memainkannya. Hanya dengan bermodalkan kacamata vr dan smartphone, Anda dapat merasakan pengalaman yang tak terlupakan!

5. Artificial Intelligence (AI)

artificial intelligence untuk membantu manusia membuat keputusan terbaik
artificial intelligence untuk membantu manusia membuat keputusan terbaik

Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan sebenarnya bukanlah barang baru lagi di dalam dunia teknologi. AI pertama di dunia diciptakan pada awal tahun 1956, tetapi baru menjadi tren teknologi masa kini karena terjadi revolusi digital 4.0 berupa peningkatan volume data, algoritma yang canggih, peningkatan daya komputasi komputer, serta data storage yang sangat besar!

Dikutip dari builtin.com, artificial intelligence atau kecerdasan bukanlah perangkat komputer biasa yang hanya bisa mengambil keputusan berdasarkan perintah yang diberikan oleh user. Kecerdasan buatan mampu untuk menentukan sendiri keputusan yang akan diambil berdasarkan data – data yang sudah disimpan dan diolah menjadi sebuah algoritma pengetahuan kompleks.

Kemunculan perangkat AI ini adalah sebuah terobosan teknologi yang luar biasa karena perangkat berbasis AI secara perlahan diterapkan di berbagai bidang. Sebut saja search engine seperti Google yang dianggap berhasil membantu user untuk menemukan apa yang mereka cari di dalam jutaan informasi yang tersimpan di dalam database Google.  Seiring perjalanannya waktu, kemampuan AI akan semakin berkembang karena mereka belajar memahami intensi dari users berdasarkan metriks yang telah ditentukan.

Selain itu, AI juga banyak digunakan oleh lembaga keuangan untuk melakukan identifikasi atas transaksi yang terindikasi penipuan online, membuat sistem credit score untuk memberikan pinjaman, serta melakukan otomatisasi terhadap tugas mengolah data yang saat ini masih diolah secara manual.

Walaupun banyak potensi dari teknologi kecerdasan buatan ini, kita perlu memahami bahwa terdapat batasan – batasan untuk implementasinya.  Manusialah yang menciptakan artificial intelligence ini sehingga kitalah yang harus mengatur mereka, dan bukanlah mereka yang mengatur kita. Jangan sampai kemudahan yang ditawarkan membuat kita larut dalam kemanjaan!

6. Machine Learning

machine learning yang membuat komputer dapat belajar secara otodidak
machine learning yang membuat komputer dapat belajar secara otodidak

Machine Learning, atau sering disingkat ML, adalah suatu cabang ilmu dari artificial intelligence (AI) yang didukung oleh sistem yang secara otomatis memperbaiki diri secara terus – menerus tanpa di  program secara terus menerus. Machine learning memulai proses pembelajaran tersebut dengan mengumpulkan dan melakukan observasi terhadap seluruh data tanpa adanya bantuan dari manusia. Selanjutnya, proses komputer akan belajar dari seluruh data – data tersebut (learn from data). Yang membuat machine learning menarik adalah kemungkinan data yang sama akan diolah dengan menggunakan sistem algoritma dan pendekatan yang berbeda. Jadi ada kemungkinan subjectivity yang bergantung pada set machine learning yang digunakan.

Bisa kita lihat bahwa DATA memegang peranan penting terhadap keberhasilan teknologi machine learning. Oleh karena itu, kita perlu untuk mempersiapkan DATA yang akan digunakan oleh machine learning untuk belajar. Set data ini selanjutnya disebut data training. Data training digunakan untuk menemukan model algoritma yang cocok untuk memberikan hasil yang memenuhi ekspektasi dari pengguna. Selanjutnya, machine learning perlu diberikan data testing untuk mengetahui performa dan konsistensi dari model yang telah kita temukan menggunakan data training.

Salah satu manfaat positif dari kehadiran machine learning adalah peluang bisnis tanpa modal untuk berkarya mengembangkan teknologi machine learning. Sebagai contoh adalah kehadiran aplikasi Grammarly, yang membantu untuk mengecek ejaan dan kalimat berbahasa Inggris sehingga kita bisa terlihat lebih profesional. Namun, jangan sampai kita terlena terhadap kemampuan gadget sehingga tidak mau beraktivitas tanpa bantuan teknologi.

7. Koneksi 5G

koneksi 5g untuk mempercepat pertukaran data
koneksi 5G untuk mempercepat pertukaran data

Seharusnya teknologi internet 5G akan menjadi primadona baru di kalangan pengguna smartphone di dunia, termasuk Indonesia yang tidak pernah ketinggalan terhadap trend teknologi terbaru. Teknologi internet 5G rencananya akan diluncurkan oleh Huawei pada tahun 2020 pada perayaan olimpiade di Jepang dan diprediksi akan segera digunakan oleh 2,8 miliar orang pada tahun 2025 nanti.

Tidak tanggung – tanggung, Huawei dikabarkan telah mengembangkan 11 pusat penelitian dan pengembangan 5G di seluruh dunia dengan bantuan lebih dari 5.700 pakar dan insinyur terbaik di bidangnya. Namun nampaknya usaha ini akan tersendat karena pertikaian dalam bidang perdagangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Hal ini berakibat Huawei masuk ke dalam blacklist dan tidka bisa masuk ke negara tersebut.

Teknologi 5G dipercaya akan membuat dunia tanpa batas (borderless) karena mendukung kecepatan transfer sampai 800 gigabyte per second. Hal ini jauh berbeda dengan teknologi internet 4G yang saat ini hanya mampu melakukan pertukaran data dengan kecepatan rata – rata 100 MB / s. Hampir 8000 kali! Walaupun demikian, percobaan awal menunjukkan bahwa teknologi internet 5G memiliki kecepatan rata – rata 5 Gbps. Menurut saya sih itu sudah WOW banget!

Keunggulan lain dari teknologi 5G adalah angka latency yang sangat minim, yaitu 1 milidetik, sedangkan teknologi 4G memiliki angka latency sebesar 50 milidetik. Angka latency ini memungkinkan 5G untuk memungkinkan kehadiran teknologi virtual reality dan kendaraan tanpa awak lebih baik karena tidak terasa lag pertukaran informasi. Selain itu, teknologi 5G juga mendukung penggunaan Internet of Things (IoT) karena memungkinkan banyak peralatan canggih yang terkoneksi dalam waktu bersamaan.

Semoga kita bisa segera menggunakan teknologi internet 5G ini ya.

8. Internet of Things (IoT)

implementasi teknologi IoT dalam konsep smart home
implementasi teknologi IoT dalam konsep smart home

Diskusi mengenai Internet of Things (IoT) memang tidak pernah ada habisnya karena definisi dari IoT sendiri selalu berkembang dari waktu – ke waktu. Tren teknologi IoT baru terjadi beberapa tahun belakangan, walaupun teknologi ini sudah ditemukan oleh Kevin Asthon pada tahun 1999 silam. Salah satu produk IoT yang paling dekat dalam kehidupan sehari – hari adalah layanan GPS (Global Positioning System) yang ada pada smartphone untuk menunjukkan posisi dan arah bagi kita.

Definisi IoT sendiri adalah teknologi yang memungkinkan benda – benda yang ada di sekitar kita terhubungan dalam sebuah jaringan 5G. Dengan begitu, kita dapat mengakses seluruh benda tersebut dari mana saja dan kapan saja, selama terhubungan ke dalam internet. Sebagai contoh apabila kita baru pergi ke kantor dan lupa mematikan AC, maka kita dapat menggunakan smartphone kita untuk mematikan AC tersebut dari jarak jauh.

Secara lebih luas, teknologi IoT mulai diterapkan di kota – kota besar di Indonesia melalui proyek smart city. Salah satu bentuk implementasinya adalah dump truck tracker yang digunakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Seringkali truk sampah tidak mematuhi jadwal dan rute yang telah diterapkan oleh pemerintah, bahkan digunakan untuk kepentingan pribadi. Oleh karena itu, Pemda DKI memulai inisiatif untuk memasang sensor GPS di seluruh truk sampah tersebut sehingga dapat memantau posisi mereka selama 24 jam. Selain itu, dengan bantuan articial intelligence (AI), maka jadwal setiap truk sampah dapat diatur sedemikian rupa sehingga dapat bekerja dengan lebih efisien.

Pada dasarnya, teknologi IoT masih mempunyai potensi yang sangat luas seperti smart home, smart lamp, smart living. Saya rasa kalian telah menyadari kata kunci dari seluruh produk yang menggunakan teknologi ini. Betul sekali! Kata SMART menunjukkan bahwa peralatan tersebut telah didukung oleh IoT. Semoga teknologi ini dapat dikomersialkan dengan harga yang lebih murah dalam waktu dekat ya. Hehe.

9. Financial Technology (Fintech)

financial technology untuk membantu transaksi keuangan berbasis digital
financial technology untuk membantu transaksi keuangan berbasis digital

Fintech merupakan istilah yang telah menjadi tren teknologi masa kini di dunia keuangan. Secara harafiah, arti fintech adalah inovasi yang dilakukan di dalam bidang keuangan dengan memanfaatkan dunia digital. Inovasi ini diartikan seluas – luasnya dan mencakup berbagai segmen, seperti Business to Business (B2B) atau Business to Customer (B2C).

Beberapa contoh inovasi di bidang fintech adalah proses jual beli saham, perencanaan keuangan pribadi (financial planning), transfer dana, simpan – pinjam secara online, sistem akutansi, dan lain sebagainya. Oleh karenanya, fintech diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan serta akses produk – produk keuangan kepada masyarakat.

Bank Indonesia sebagai regulator resmi dari jasa keuangan di Indonesia telah mengklasifikasikan fintech menjadi 4 kategori, yaitu : (1) crowdfunding dan peer to peer (P2P) pending; (2) market aggregator; (3) risk and investment management; serta (4) payment, settlement, dan clearing.

Seluruh fintech ini umumnya dimulai dari sebuah startup yang masih kecil. Perusahaan startup yang kemudian mendapatkan investasi dari modal ventura (venture capital) untuk mengembangkan produk dan meningkatkan penetrasi pasar. Apabila kamu tertarik untuk membuat sebuah startup fintech, kamu dapat menghubungi Mandiri Capital Indonesia (MCI) atau Bri Ventures (CVC).

10. Autonomous Driving

kendaraan tanpa awak - driver otomatis
kendaraan tanpa awak – driver otomatis

Autonomous driving atau dikenal juga sebagai mobil otonom, mobil tanpa supir, mobil robot, atau mobil tanpa pengemudi, adalah sebuah kendaraan yang dapat menjelahi lingkungan tanpa adanya kontrol dari manusia. Teknologi ini dapat berkembang karena dukungan dari teknologi sensor dan internet yang telah maju dengan pesat.

Sebuah mobil otonom menggunakan berbagai teknik dan algoritma untuk mendeteksi hal – hal yang ada disekitarnya, seperti radar, GPS, sinar laser, atau penglihatan komputer. Sistem deteksi ini sangat penting untuk mengontrol mobil dapat berjalan dengan aman di sepanjang perjalanan.

Coba kita bayangkan kalau beberapa tahun lagi, kita dapat memerintahkan mobil untuk mengantarkan ke mall tanpa harus pusing melihat GPS ataupun menerjang macetnya jalan. Hmm. Saya sudah tidak sabar!

Baca juga : News! Facebook Segera Rilis Horizon (dunia Virtual Reality)

Itulah dia 10 tren teknologi masa kini yang ada di sekitar kita. Beberapa teknologi sudah dapat kita gunakan secara komersial, walaupun masih ada yang berupa prototype. Semoga perkembangan teknologi ini dapat kita manfaatkan untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik. jangan lupa share apabila kalian suka ya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.