fbpx

Pengertian Sistem Secara Umum dan Menurut Para Ahli

Sebagai manusia kita hidup didalam tatanan suatu sistem. Tanpa adanya sistem maka tak akan ada keteraturan seperti sekarang ini dalam kehidupan. Lantas apa sih sebenarnya pengertian sistem?

Sebelum kita membahas tentang pengertian sistem, kita akan belajar tentang analogi sistem itu sendiri. Dalam kehidupan kita hidup senantiasa beriringan dengan sistem. Didalam sebuah negara kita hidup dibawah sistem tata negara dan sistem pemerintahan. Dalam sebuah agama kita hidup didalam sistem agama yang mengatur tentang bagaimana cara kita beragama dan sebagainya.

Dalam tubuh, kita juga hidup didalam sistem yang dikenal dengan sistem organ untuk menopang kehidupan manusia. Bisa dikatakan tanpa adanya suatu sistem, kehidupan yang layak di muka bumi ini tidak akan pernah ada. Agar semakin bisa dipahami, mengenai pengertian sistem secara umum dan menurut para ahli, akan kita jelaskan dalam uraian informasi di bawah ini!

Pengertian Sistem Secara Umum

Pengertian Sistem Secara Umum
pixabay

Kata sistem berasal dari bahasa latin systema dan bahasa Yunani sustema. Pengertian sistem secara umum adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang dihubungkan bersama untuk membantu memudahkan dalam pemberian aliran informasi, materi atau energi dalam mencapai suatu tujuan tertentu.

Sistem dapat diartikan juga sebagai satu kesatuan bagian yang saling berhubungan dan berada dalam suatu wilayah serta memiliki item – item penggerak seperti suatu negara yang memiliki badan – badan pemerintahan dan rakyat sebagai satu kesatuan sistem yang berada didalamnya. Tanpa item – item penggerak tersebut, belum bisa dikatakan suatu daerah sebagai negara.

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

selanjutnya ulasan pengertian sistem menurut para ahli lengkap yang bisa menambah wawasanmu. Untuk selengkapnya silahkan simak di bawah ini.

Pengertian sistem menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sistem merupakan seperangkat unsur yang secara teratur saling berkaitan satu sama lain dan membentuk suatu rangkaian komponen yang saling berhubungan.

Pengertian sistem menurut Davis, GB

Pengertian sistem menurut Davis, GB adalah bahwa suatu sistem menggabungkan elemen – elemen tertentu yang bekerja sama untuk mencapai suatu target.

Baca selengkapnya : √ Pengertian Wirausahawan Menurut Ahli & Secara Umum [Lengkap]

Pengertian sistem menurut Harijono Djojodihardjo

Menurut Harijono Djojodihardjo sistem merupakan gabungan objek yang memiliki hubungan secara fungsional dan memiliki hubungan antara masing – masing ciri objek yang secara keseluruhan menjadi suatu kesatuan yang berfungsi.

Pengertian sistem menurut L. James Havery

Menurut L. James Havery, sistem merupakan prosedur logis dan rasional untuk melakukan atau merancang suatu rangkaian komponen yang berkaitan satu dengan yang lainnya.

Pengertian sistem menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler

Menurut Henry Prat Fairchild dan Eric Kohler, sistem merupakan suatu rangkaian yang saling terkait antara beberapa bagian dari yang paling kecil. Jika suatu sub bagian mengalami gangguan maka bagian lain yang lebih besar juga akan turut merasakan gangguan yang ada tersebut.

Pengertian sistem menurut Inu Kencana Syafie

Menurut Inu Kencana Syafie, sistem merupakan kesatuan utuh dari suatu aspek yang dirangkai terkait satu dengan yang lainnya.

Pengertian sistem menurut Webster’s Unabridged

Menurut Webster’s Unabridged, definisi sistem adalah elemen – elemen yang saling berkaitan atau berhubungan dan membentuk satu kesatuan utuh atau membentuk suatu organisasi tertentu.

Pengertian sistem menurut Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan

Menurut Bonnie Soeherman dan Marion Pinontoan, sistem merupakan serangkaian komponen yang saling melakukan interaksi dan kerja sama satu dengan yang lain dalam mencapai tujuan tertentu.

Pengertian sistem menurut Pilecki

Sistem menurut Pilecki adalah sekumpulan objek yang menghubungkan objek tersebut dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem adalah suatu kesatuan utuh yang terdiri atas bagian – bagian, atribut dari bagian dan hubungan antara bagian dengan atribut yang dimaksud.

Pengertian sistem menurut Koentjaraningrat

Menurut Koentjaraningrat, sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak satu sama lain.

Baca selengkapnya Kata Kata Galau Lucu yang bikin kamu bahagia.

Pengertian sistem menurut Lani Sidharta

Suatu sistem merupakan sekumpulan unsur yang saling berkaitan dan secara bersama – sama beroperasi untuk meraih tujuan yang sama.

Pengertian sistem menurut Murdick, R.G

Sistem menurut Murdick, R.G adalah sekumpulan elemen yang terdiri atas prosedur atau bagan pengolahan untuk mencari tujuan bersama atau tujuan bagian tertentu dengan cara mengoperasikan barang atau data pada waktu tertentu. Hal ini dimaksudkan untuk menghasilkan sebuah informasi, energi atau data yang diinginkan.

Pengertian sistem menurut John Mc Manama

Pengertian sistem menurut John Mc Manama adalah struktur konseptual yang tersusun dari fungsi yang saling berhubungan dan bekerja sebagai suatu kesatuan organic demi mencapai hasil yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien.

Pengertian sistem menurut Tata Sutabri

Pengertian sistem menurut Tata Sutabri terbagi ke dalam dua tipe yaitu sistem yang abstrak dan sistem yang fisis. Sistem yang abstrak berarti susunan teratur dari gagasan – gagasan atau konsepsi yang saling tergantung. Sementara sistem yang bersifat fisis adalah serangkaian unsur yang bekerjasama demi mencapai suatu tujuan tertentu.

Pengertian sistem menurut Jogiyanto

Menurut Jogiyanto, sistem adalah gabungan dari berbagai macam elemen yang berinteraksi satu sama lain demi menyelesaikan tujuan tertentu. Sistem ini menggambarkan perihal kejadian – kejadian dan kesatuan sebagai objek yang nyata.

Pengertian sistem menurut McLeod

Pengertian sistem menurut McLeod adalah sekelompok elemen yang terintegrasi satu dengan yang lain dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

Pengertian sistem menurut Lucas

Menurut Lucas sistem adalah suatu himpunan komponen atau variable yang terorganisasi, saling berinteraksi dan saling bergantung satu dengan yang lain serta terpadu.

Pengertian sistem menurut Wilkinson

Wilkinson menyebutkan bahwa suatu sistem adalah suatu kerangka kerja terpadu yang memiliki satu sasaran atau lebih. Sistem ini akan melakukan koordinasi sumber daya yang dibutuhkan untuk mengubah berbagai macam masukan menjadi keluaran. Sumber daya berupa manusia, bahan, mesin, atau juga tenaga surya tergantung jenis sistem apa yang sedang dibicarakan. Dalam hal ini diartikan bahwa sistem meliputi berbagai tatanan yang sangat luas tergantung maksud yang terkait satu sama lain.

Pengertian sistem menurut R. Fagen dan A. Hall

Pengertian sistem menurut R. Fagen dan A. Hall adalah suatu kumpulan objek yang meliputi hubungan antara objek tersebut serta hubungan antara sifat yang dimiliki keduanya.

Itulah pengertian sistem secara umum dan menurut para ahli. Semoga informasi diatas semakin menambah informasi dan wawasan kita.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.