Bisnis

√ Cara Membuat Minyak Rambut Alami Sendiri di Rumah [+ Tips Bisnis]

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cowo mana sih yang saat ini tidak menggunakan minyak rambut? Rasa – rasanya minyak rambut telah menjadi bagian dari lifestyle pria masa kini.

1. Kenapa Pria menggunakan Minyak Rambut?

Kalau keluar rumah, rasanya tidak PeDe kalau belum menggunakan minyak rambut. Ya jelas saja, minyak rambut bisa membuat rambut kamu menjadi rapi bin kinclong sehingga menambah kepercayaan diri.

Kalau kamu sudah punya pacar, pasti dia akan senang melihat kamu tampil rapi. Apabila pun belum, sepertinya rambut rapimu bisa menambah peluangmu untuk mendapatkan pacar … hehe.

Untuk mendapatkan minyak rambut pun kini sudah tidak sulit, apalagi banyak penjual yang menjajakan produk tersebut, mulai dari yang nangkring di pinggir jalan ataupun menawarkan secara online di daftar toko online terbaik dan terpercaya seperti Tokopedia dan Shopee.

Nah! Untuk kamu yang ga mau repot dan ga mau keluar banyak uang untuk membeli, kamu sebenarnya bisa mempelajari cara membuat minyak rambut alami sendiri di rumah loh! Emg bisa? Yuk kita belajar caranya di artikel ini.

2. Cara Membuat Minyak Rambut Alami

i. Bahan

  1. Lilin lebah (bees wax)

Kamu dapat membeli bees wax di toko bahan kimia karena dijual bebas di pasaran. Fungsi utama dari bees wax adalah mengatur tingkat kekerasan minyak rambut. Pada umumnya, takaran yang dianjurkan adalah dua sendok makan. Apabila kamu ingin membuat hold menjadi lebih kuat, tinggal tambahkan saja porsinya.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan salah satu bahan baku utama dalam pembuatan minyak rambut alami. Bahan ini dapat kamu temukan dengan mudah di toko online. Fungsi utama dari minyak kelapa adalah memberikan kesan kinclong pada rambut. Bahan ini sebenarnya dapat kamu gantikan dengan shea butter untuk mengurangi efek berminyak.

  1. Minyak jojoba

Minyak jojoba sangat sering digunakan dalam produk perawatan rambut. Kandungan lilin yang terkandung di dalamnya memiliki karakteristik yang ramah terhadap kulit manusia sehingga dipastikan sangat aman. Selain itu, minyak jojoba juga sulit teroksidasi sehinga dapat menjadi bahan pengawet yang baik bagi minyak rambut. Apalagi minyak jojoba dapat menjaga kelembapan kulit rambut.

Minyak jojoba juga dijual secara bebas di toko online, jadi kamu tidak akan kesulitan untuk memperolehnya.

  1. Minyak pewangi (essential oils)

Selain rapi dan kinclong, kamu juga pasti ingin rambutmu wangi bukan? Kamu dapat menggunakan essential oils untuk mendapatkan wangi sesuai dengan keinginanmu. Apabila kamu ingin mendapatkan manfaat lebih, kamu dapat menggunakan peppermint dan rosemary karena mempercepat pertumbuhan rambut dan menambah kilau. Pilihan lainnya adalah menggunakan minyak lemon untuk rambut yang beminyak, lavender untuk rambut yang kering, atau eukaliptus untuk rambut yang berketombe.

  1. Tepung jagung

Sebenarnya tepung jagung adalah bahan tambahan saja untuk meminimalkan efek glossy pada minyak rambut alami bikinanmu. Sebelum digunakan, kamu perlu mencampurnya dengan minyak jojoba terlebih dahulu sampai bergabung menjadi satu.

ii. Proses Pembuatan

Cara membuat minyak rambut alami sebenarnya sangat sederhana. Sebagai langkah awal, kamu perlu melelehkan bees wax dengan cara memanaskannya menggunakan api kecil sehingga cair secara sempurna. Setelah itu, kamu dapat menambahkan tiga sendok makan kelapa dan dua sendok makan minyak jojoba sambil mengaduk secara merata. Setelah bercampur menjadi satu, tambahkan lima tetes essential oils untuk memberikan wangi yang kamu suka.

Campurkan selama 5 – 10 menit dengan cara diaduk sehingga seluruh bahan tercampur merata. Apabila sudah selesai, kamu tinggal menuang adonan ke dalam kemasan yang terbuat dari kaleng berbentuk bulat. Biarkan hingga dingin dan adonan akan mengental dengan sendirinya. Tadaaaaa … kamu telah berhasil membuat minyak rambut alami!

Sederhana bukan?

Proses membuat minyak rambut alami memang cukup sederhana. Tantangan yang sebenarnya adalah bagaimana kamu bisa membuat minyak rambut dengan tekstur yang baik dan memberikan efek sesuai keinginan.

Misalnya saja, kamu ingin efek rambut kuat bertahan lama, kamu dapat menambahkan bees wax lebih banyak. Atau kamu mungkin ingin menambahkan minyak kelapa untuk mengurangi kekerasan dari minyak rambut ciptaanmu.

Untuk mendapatkan produk yang baik, tentunya kamu perlu research and development. Selalu catat takaran bahan baku dalam masa percobaan tersebut untuk dijadikan patokan untuk memproduksi minyak rambut terbaik. Jangan pernah menyerah walaupun pada awalnya produk yang kamu buat tidak memiliki tekstur dan efek yang baik. Kamu pasti akan berhasil pada akhirnya!

Baca juga : Tebalkan Kantong dengan Peluang Usaha Terbaru ini

3. Tips Berbisnis Minyak Rambut

Saat ini, Howie yakin kamu sudah berhasil membuat minyak rambut alami yang berkualitas baik. Lalu muncul ide – ide liar seperti : “Kenapa ga saya berjualan minyak rambut alami bikinan sendiri saja?”. Toh saya yakin terhadap produk ini dan pastinya dapat menambah ketebalan dompet!

Kualitas minyak rambut yang dipasarkan saat ini sebenarnya tidak memiliki standard yang jelas. Satu hal yang pasti, kamu jangan kompromi terhadap keamanan produk dengan cara menggunakan bahan – bahan alami dan aman digunakan oleh manusia. Supaya kompetitif, kamu juga dapat membuat analisis SWOT bisnis. Dengan begitu kamu mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman ketika kamu melangkah lebih jauh.

Faktor lain untuk dapat berhasil di bisnis ini adalah produkmu perlu memiliki ciri khas. Ada konsumen yang menyukai minyak rambut yang memiliki efek keras, ada juga yang menyukai efek mengkilat. Kamu perlu sadar bahwa kamu tidak dapat menyenangkan semua konsumen. Jangan goyah dan jangan bimbang! Caranya? Kamu perlu mendefinisikan dengan jelas target market dari pomade ciptaanmu.

Apabila kamu telah memiliki produk dan target market yang jelas, maka kamu dapat melangkah dengan yakin! Kamu perlu menerapkan strategi pemasaran produk yang hebat. Sebagian besar konsumen minyak rambut adalah anak muda dan kebanyakan dari mereka menyukai sesuatu yang terlihat menarik. Pastikan kamu menggunakan kemasan dengan gambar atau tulisan yang digandrungi anak – anak muda. Atau kamu juga dapat mempromosikan produk minyak rambut tersebut dengan cara endorse.

Setelah seluruh tahapan, mulai dari produksi sampai penjualan telah berhasil kamu lalui … Howie yakin kamu akan mengantongi cuan yang tidak sedikit. Tingkatkan skala bisnismu secara perlahan. Yang penting sustain. Jangan gelap mata terhadap keuntungan sesaat ya sob! Semoga berhasil. Salam sukses luar biasa!

Kata kata motivasi diri : Tidak perlu lompatan besar. Langkah kecil pun tak apa … selama arahnya benar!

Write A Comment

three × five =

Pin It