fbpx

Jangan Cuman Ngandelin Gaji! Tebalkan Kantong dengan 8 Ide Bisnis Ini!

Peluang usaha terbaru – Apakah Anda sedang mencari peluang usaha terbaru sehingga engga perlu bergantung pada gaji bulanan? Coba saja merintis peluang usaha terbaru yang cocok di tahun 2019 ini.

Dikutip dari artikel ngurusduit.com pada artikel yang berjudul : “15 Tips Mengatur Keuangan Dalam Hidup Minimalism Ala Raditya Dika”, mencatat ada 2 hal yang dapat kita lakukan apabila terjadi lebih besar pasak daripada tiang. Kita dapat mengurangi pengeluaran atau menambah penghasilan. Saya sendiri lebih setuju dengan cara kedua : MENAMBAH PENGHASILAN.

Di saat inflasi meningkat tinggi dan trend kenaikan harga barang terus terjadi, Tidak bijak rasanya apabila kita hanya mengandalkan gaji bulanan semata. Kenapa? Seringkali gaji bulanan tersebut tidak cukup! Menjadi wajar donk apabila banyak orang yang mencoba peruntungan mereka untuk merintis peluang usaha terbaru.

Apakah Anda juga merasakan hal yang sama?

Tentunya Anda termasuk ke golongan yang sangat beruntung karena hidup di tengah era kemajuan teknologi internet. Era ini memberikan Anda banyak sekali kemudahan, termasuk di dalamnya mencari peluang usaha kekinian yang memiliki prospek cerah.

Baca juga : Kekinian! Peluang Bisnis Online Tanpa Modal Untuk Anak Muda

Anda dapat melakukan riset atau mencari tahu peluang usaha terbaru dan menjanjikan hanya dari genggaman tangan saja. Jadi sebelum terjun langsung, Anda dapat mempekirakan mengenai : (1) barang/jasa apa yang dapat dijual?; (2) berapa kebutuhan modal?; (3) berapa potensi keuntungan?; dan lain – lain.

Banyak hal yang dapat Anda lakukan dengan bantuan internet. Anda dapat mencari permodalan dari investor hanya dengan menginformasikan ide bisnis di forum – forum seperti ads.id atau kaskus. Bahkan, ketika Anda hendak membelanjakan bahan baku, Anda tinggal membuka tokopedia atau bukalapak untuk mencari seller yang menyediakan kebutuhan Anda. Segala kemudahan tersebut tentunya harus kita manfaatkan secara optimal.

Baca juga : Terbaru! Daftar Toko Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia

Maka dari itu, apabila Anda merasa gaji bulanan sudah tidak cukup lagi untuk menopang gaya hidupnya, Anda mau tunggu apa lagi? Segeralah memulai peluang usaha terbaru yang dapat segera Anda jalankan demi menambah ketebalan kantong Anda.

Beberapa peluang bisnis kekinian berikut diharapkan dapat menjadi sumber referensi bagi Anda, khususnya yang masih pemula dan ingin mengawali karier di dalam bidang usaha kecil. Peluang bisnis ini dirasa cukup potensial dan dapat mendatangkan penghasilan yang besar!

8 Peluang Usaha Terbaru

#1 : Bisnis Online

peluang usaha terbaru - bisnis online

Saya yakin sekali sudah banyak di antara Anda yang sudah memulai bisnis online, bahkan artis – artis ibukota juga tidak mau kalah untuk dapat join peluang usaha terbaru ini. Memanfaatkan internet untuk menjangkau pasar yang luas dan mendapatkan penghasilan maksimal memang menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis online.

Tipe bisnis yang satu ini memang tidak selalu memerlukan modal besar loh. Bahkan kita dapat menjalankan bisnis yang satu ini tanpa modal sama sekali. Yang terpenting adalah Anda harus memiliki handphone / laptop dengan jaringan internet yang kuat.

Bentuk bisnis online juga bermacam – macam loh! Kamu dapat memanfaatkan situs marketplace seperti Tokopedia atau Bukalapak. Atau kamu juga bisa memulai etalase bisnismu sendiri dengan memanfaatkan halaman Facebook atau Instagram untuk menjajakan produk atau jasa yang kamu miliki.

#2 : Bisnis Waralaba

peluang usaha kekinian - bisnis waralaba

Anda ingin memulai usaha tetapi tidak memiliki ide yang dapat direalisasikan dalam waktu dekat? Atau mungkin Anda tidak ingin repot membangun sistem? Bahkan Anda mengatakan bahwa Anda tidak memiliki pengalaman dalam pemasaran? Kamu mungkin dapat mencoba peluang usaha terbaru, seperti bisnis waralabat atau franchise.

Dengan bergabung dalam sistem waralaba, Anda cukup mengeluarkan modal untuk biaya lisensi dan menyewa tempat usaha. Pemilik waralaba sendiri akan membantu Anda untuk menyediakan bahan baku, mengelola SDM, membuat strategi marketing dan membangun sistem waralaba.

Saat ini, sangat banyak pilihan dalam bisnis waralaba yang sangat menarik. Bisnis waralaba tersebut meliputi coffee shop, waralaba kuliner, waralaba salon kecantikan, atau waralaba barbershop (tukang cukur rambut). Pemilihan waralaba tersebut tentunya perlu kamu sesuaikan dengan passion dan modal yang kamu miliki.

#3 : Influencer

peluang usaha terlaris - selebgram

Apakah Anda mengenal istilah selebgram? Para pengguna instagram yang memiliki followers hingga jutaan, dapat memanfaatkan potensi ini. Tidak harus selalu menjadi artis kok, asalkan akun instagram Anda memiliki followers yang cukup banyak, Anda sudah dapat dikatakan sebagai selebgram atau influencers. Dikutip dari kompasiana, seorang influencers setidaknya memiliki 10.000 followers yang engage dengan setiap postingan miliknya.

Setiap harinya, para influencer akan mendapatkan kiriman barang dari para penjual yang ingin mengiklankan produknya di instagram. Untuk influencer pemula, tidak perlu meminta bayaran untuk setiap posting. Toh Anda sudah mendapatkan barang gratis dari mereka bukan? Namun, untuk selebgram senior, sekali postingnya bisa mencapai jutaan rupiah loh. Sungguh wow bukan?

#4 : Warung Kopi atau Kafe

peluang usaha terlaris - coffee shop

Siapa sih yang tidak suka minum kopi? Mulai dari mahasiswa sampai presiden, semua dikenal sebagai penyuka kopi. Apalagi Indonesia sudah dikenal dunia sebagai salah satu produsen kopi berkualitas di mata dunia. Dikutp dari Indonesia-Investment, Indonesia digadangkan termasuk ke dalam top five produsen kopi terbesar dan top five negara eksportir terbesar.

Kamu bisa menjajaki peluang usaha membuka coffee shop mulai dari yang sederhana, seperti warung kopi, atau kafe kekinian. Hal tersebut tentunya menyesuaikan modal yang kamu miliki.

Baca juga : Recommended! 3 coffee shop favorit di Jakarta Timur

Selain modal, konsep coffee shop yang dapat kamu eksplorasi tentunya perlu menyesuaikan target pasar yang ingin kamu rangkul. Apakah kamu ingin menjalankan coffee shop dengan konsep angkringan ala kota Yogyakarta? Atau mungkin kamu ingin coffee shop yang dikombinasikan dengan penyajian mie instant macam toko upnormal? Tentu saja setiap jenis model coffee shop tersebut akan memiliki strategi marketing yang berbeda – beda.

Ketika kamu menjalankan peluang usaha kekinian seperti coffee shop, tentunya kamu harus memiliki konsep yang kuat sehingga dapat bersaing dengan usaha sejenis. Siapa tahu loh, apabila kamu mujur, coffee shop milikmu akan diserbu oleh tetangga dan kenalan sebelum mereka pergi bekerja. Jangan lupa untuk selalu menceritakan brand value coffee shop milikmu sehingga akan selalu menjadi pilihan utama dari para pecinta kopi.

Baca juga : Bisnis Model Canvas – 9 Element Untuk Memaksimalkan Keuntungan!

#5 : Bisnis Kue

peluang usaha terbaru - bisnis kue

Bisnis kue homemade buatan tangan sendiri mungkin dapat Anda pertimbangkan. Tidak bisa masak? Tentunya tidak menjadi masalah. Anda dapat mengajak ibu atau saudara, bahkan teman yang jago masak untuk bergabung dalam bisnis Anda.

Bekerja sama dengan rekan kue, tentunya tidak menghilangkan peran Anda. Anda dapat memilih untuk menjadi pemodal / investor atau sekedar membantu memasarkan produk tersebut melalui social media, seperti instagram atau facebook. Dikutip dari detik.com, ada loh pengusaha yang omsetnya mencapai puluhan juta per bulan.

Apabila Anda bisa memiliki ciri khas, rasa kue yang enak, dipadukan dengan harga yang oke punya, maka dapat dipastikan bahwa pelanggan akan berbondong – bondong memesan kue buatan Anda. Target pemasaran untuk kue tersebut tentu saja teman kerja di kantor atau tetangga di samping murah. Janganlah terlalu khawatir mengenai prospek bisnis. Bisnis kuliner tidak ada matinya loh!

#6 : Handmade

peluang usaha terbaru - handmade

Apakah Anda memiliki keahlian khusus, seperti menjahit? Atau mungkin Anda senang sekali membuat kerajinan tangan seperti membuat buku edukatif anak atau sekedar membuat tas lucu bin imut? Mengapat tidak Anda manfaatkan saja untuk menjadi bisnis sampingan. Banyak loh cerita sukses dari sebuah usaha yang berawal dari sebuah hobi.

Bisnis kreatif seperti ini tentunya memiliki peluang untuk bertahan terhadap gempuran dari pesaing karena produk yang dihasilkan tergolong ekslusif dan unik. Kamu juga dapat memanfaatkan media social sebagai kanal pemasaran loh! Bahkan, bila kamu bisa membuat brand value yang baik, para pelanggan tidak akan segan – segan untuk merogoh kocek mereka lebih dalam untuk mendapatkan produk tersebut loh.

Baca juga : 5 Strategi Berbisnis Mainan Mulai dari Nol Sampai Sukses

#7 : Blogger

peluang usaha kekinian - blogger

Bagi Anda yang mungkin sudah sering mendengar mengenai kisah blogger sukses dengan penghasilan puluhan bahkan ratusan juta rupiah dalam sebulan. Tentunya akan membuat hati Anda bergetar dan bertanya – tanya. Dari mana sih sebenarnya seorang blogger mendapatkan uang? Pekerjaan mereka kan hanyalah menulis dan mengelola sebuah blog saja.

Bahkan bagi sebagian orang yang tidak paham, blogger dianggap sebagai pekerjaan kelas dua karena kerjanya hanya makan dan tidur. Apakah benar demikian? Menurut saya sih tidak. Untuk membuat satu artikel seperti yang saat ini Anda baca, saya memerlukan waktu sekitar 1 – 2 jam. Bayangkan kalau saya menulis 5 artikel per hari. Berarti saya memerlukan waktu 10 jam per hari untuk bekerja. Melelahkan bukan?

Terdapat beberapa potensi penghasilan yang dapat diperoleh blogger, seperti memasang dan menampilkan iklan, content placement, atau promosi banner yang dipasang pada website mereka. Meskipun adalah puluhan perusahaan iklan di dunia… Saat ini, Google Adsense menjadi jaringan periklanan terbesar di dunia.

#8 : Trader

peluang usaha terlaris - trader

Loading...

Peluang usaha terbaru yang ini, sebenarnya tidaklah benar – benar baru. Maksudnya apa? Trader sebenarnya merupakan profesi yang ada sejak dulu kala. Pekerjaannya pun sederhana, (1) Beli di harga murah dan (2) Jual di harga mahal. Barang yang diperjual belikan pun bisa apa saja. Ada orang yang jual – beli saham, dimana sebagian lainnya melakukan jual – beli forex. Bahkan ada loh beberapa orang yang memperjualbelikan mata uang digital (misalnya Bitcoin).

Baca juga : Apa itu Bitcoin? Kupas Tuntas Di Sini!

Trader dikenal sebagai bisnis yang berisiko tinggi. Sebagian trader akan mengatakan bahwa aktivitas mereka akan cepat menghasilkan kekayaan. Tetapi sebagian lainnya akan mengatakan bahwa mereka bangkrut total. Kok bisa demikian? Yang membedakan adalah konsistensi. Tidak ada bisnis instant atau langsung sukses. Untuk mendapatkan keuntungan yang sesuai dengan harapan, dibutuhkan pengorbanan dan pembelajaran. Jadi belajar saja dengan sabar. Pasti kamu bisa.

Kata Kata Bijak : Tidak perlu lompatan besar, cukup langkah kecil saja. Yang penting arahnya benar!

Merintis bisnis dari awal memang bukanlah hal yang mudah, tetapi kita tidak akan pernah tahu apabila kita tidak mencoba bukan? Beranikan diri Anda untuk memulai peluang usaha terbaru dengan persiapan yang memadai. Ingatlah bahwa tidak ada hasil yang mengkhianati kerja keras.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.