Lifestyle

Cara Membuat Pasta Aglio e Olio

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara Membuat Pasta Aglio e Olio – Hai Sobat Howie! Siapa sih yang ga suka makan pasta? Makanan khas Italia yang sudah dikenal seluruh dunia ini memiliki berbagai bentuk. Mulai dari fusilli, penne, fettucini, lasagna, macaroni cavatelli, farfalle, ravioli, vermicelli, dan tentu saja yang paling populer: spaghetti. Selain bentuknya yang beragam, jenis saus yang dicampurkan dengan pasta juga memiliki berbagai jenis lho. Ada saus pesto, bolognese, carbonara, alfredo, marinara, dan aglio e olio.

 

Sobat Howie pasti sudah tau kalau saus pasta yang paling terkenal di dunia adalah bolognese. Padahal di negara asalnya sendiri, pasta dengan saus aglio e olio jauh lebih populer. Selain populer, cara membuatnya juga mudah dan hanya membutuhkan bahan-bahan sederhana. Bahkan Sobat Howie yang baru belajar memasak pasti bisa membuatnya. Karena itu, Howie and Belle akan mengulas cara membuat pasta aglio e olio khusus untuk Sobat Howie. Video tutorial cara membuat pasta aglio e olio juga bisa dilihat di channel youtube Easy Cooking With Azaria oleh Azaria Indrastuti. Channel ini memuat video tutorial memasak dengan berbagai menu yang simple dan cocok  untuk Sobat Howie yang baru belajar memasak. Jangan lupa like, comment, dan subscribe channelnya ya.

Baca Juga : Cara Membuat Fusilli Bolognese di Rumah

Cara Membuat Pasta Aglio e Olio

Siapkan Alat dan Bahan

Cara Membuat Pasta Aglio e Olio

Dalam Bahasa Italia, nama aglio e olio memiliki arti bawang putih dan minyak. Jadi sejatinya, pasta aglio e olio hanya terdiri dari 3 bahan, yaitu pasta, bawang putih, dan minyak zaitun (olive oil). Tapi, untuk menambah rasanya, Sobat Howie boleh berkreasi dengan bahan-bahan lain seperti Howie and Belle.

 

Untuk resep pasta aglio e olio ala Howie and Belle, Sobat Howie perlu menyiapkan 100 gram pasta (Howie and Belle menggunakan pasta penne, tapi Sobat Howie boleh menggunakan pasta jenis apa saja sesuai selera masing-masing), 5 siung bawang putih, 6 sendok makan minyak zaitun, 1 buah cabai merah keriting, 1 sendok teh lada putih, 1 sendok teh garam, 30 gram keju cheddar, dan 1 sendok teh bubuk oregano kering. Untuk alatnya, hanya perlu satu buah wajan atau panci untuk merebus pasta dan satu buah penggorengan untuk membuat sausnya.

Membuat Saus Aglio e Olio

Cara Membuat Pasta Aglio e Olio

Cara membuat saus aglio e olio sangat mudah. Sobat Howie hanya perlu mengiris tipis bawang putih (jangan dicincang) dan memanaskannya dengan 6 sendok makan minyak zaitun di atas penggorengan. Pastikan api kompornya kecil ya. Setelah itu, masukan cabai yang sudah diiris kecil-kecil, dan tunggu hingga potongan bawang putih berwarna agak kecoklatan (jangan sampai terlalu coklat, karena warna potingan bawang putih masih akan terus berubah menjadi semakin coklat saat api kompor dimatikan). Setelah itu, matikan api, dan letakkan penggorengan di tempat lain.

 

Baca Juga : Resep Oreo Cake : Membuat Cake Dengan Modal Minim

Merebus PastaCara Membuat Pasta Aglio e Olio

Tuang 200 ml air di dalam wajan atau panci, tambahkan satu sendok teh garam dan 100 gram pasta. Tunggu hingga pasta menjadi al dente (kira-kira 10 menit). Untuk memastikannya sudah al dente atau belum, Sobat Howie bisa mengambil sedikit potongan pasta dan menggigitnya. Pasta yang sudah al dente akan terasa kenyal, namun tidak lengket di gigi. Jika pasta sudah al dente, matikan api dan tiriskan pasta.

 

Baca Juga : Cara Membuat Pudding Zebra

Mencampur Pasta dengan Saus Aglio e Olio

Cara Membuat Pasta Aglio e Olio

Tuang saus aglio e olio diatas pasta, tambahkan satu sendok teh lada dan 30 gram keju cheddar yang sudah diparut, aduk rata. Setelah itu, tuangkan di piring dan tambahkan satu sendok teh bubuk oregano kering di atas pasta. Pasta aglio e olio siap dinikmati.

 

Cara Membuat Pasta Aglio e Olio

Sobat Howie, itu tadi cara membuat pasta aglio e olio ala Howie and Belle. Mudah kan? Simak juga tutorial masakan mudah lainnya di channel youtube Easy Cooking With Azaria. Setelah ini, resep apa lagi yang Sobat Howie mau baca di Howie and Belle? Tulis di kolom komentar ya : )

Write A Comment

eight − 2 =

Pin It