Lifestyle

Resep Oreo Cake : Membuat Cake Dengan Modal Minim

Pinterest LinkedIn Tumblr

Resep Oreo Cake : Membuat Cake Dengan Modal Minim – Hai Sobat Howie! Siapa yang tidak kenal dengan oreo? Perpaduan dua keping biskuit rasa cokelat dengan krim ditengahnya ini sangat populer dan sudah menjadi favorit banyak orang di berbagai belahan dunia. Tingginya popularitas oreo membuat banyak orang mengolahnya menjadi berbagai menu makanan dan minuman. Seperti oreo milkshake, oreo pudding, oreo ice cream, dan banyak lagi.  Tapi, apa sobat Howie tahu kalau oreo juga bisa diolah menjadi cake dengan resep yang simpel dan modal minim? Kalau belum, Howie and Belle punya resep oreo cake dengan bahan yang sangat terjangkau, tanpa oven, dan tanpa mixer. Selain resep tertulis, Sobat Howie juga bisa menonton video tutorial Resep Oreo Cake ini di channel youtube Easy Cooking With Azaria oleh Azaria Indrastuti. Jangan lupa di like, comment, dan subscribe ya.

Baca Juga: Cara Membuat Fusilli Bolognese di Rumah 

Resep Oreo Cake

Menyiapkan alat dan bahan

Resep Oreo Cake : Membuat Cake Dengan Modal Minim

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat oreo cake sangat sederhana. Sobat Howie hanya perlu menyiapkan 2 bungkus (28 keping) oreo rasa vanila atau cokelat (usahakan menggunakan 2 bungkus oreo dengan rasa yang sama), 250 ml susu uht full cream, dan 1 sendok teh baking powder. Untuk toppingnya, Sobat Howie bisa membuat chocholate ganache dengan 50 gram bubuk whipping cream, 100 cc air, 150 gram cokelat compound, 1 sendok teh bubuk vanili, 1 sendok teh mentega atau margarin dan 8 keping oreo minis sebagai penghias (optional). Peralatan yang dibutuhkan antara lain blender, panci kecil, saringan pengukus, baking paper (optional), sendok, dan mangkuk.

Membuat oreo cake

Resep Oreo Cake : Membuat Cake Dengan Modal Minim

Blender 28 keping oreo beserta susu dan baking powder, lalu tuang ke dalam panci yang telah diolesi mentega. Jika ada baking paper, Sobat Howie bisa meletakkannya terlebih dahulu di dasar panci sebelum oreo dituangkan supaya oreo cake nantinya tidak lengket di panci. Selanjutnya, letakkan saringan pengukus di atas kompor, dan letakkan panci berisi adonan oreo diatasnya. Tutup panci, nyalakan kompor dengan api kecil, dan tunggu selama 40 menit hingga adonan mengeras. Sambil menunggu, Sobat Howie bisa membuat chocholate ganache sebagai topping. Setelah 40 menit, cek apakah adonan oreo sudah mengeras atau belum. Caranya dengan menusukan tusuk gigi atau lidi dari atas hingga ke bagian tengah cake lalu menariknya kembali. Jika tidak ada adonan basah yang menempel pada tusuk gigi, artinya oreo cake sudah siap disajikan.

Baca Juga : Cara Membuat Dalgona Matcha Tanpa Mixer dan Whipped Cream

Membuat chocholate ganache

Resep Oreo Cake : Membuat Cake Dengan Modal Minim

Potong cokelat coumpound menjadi potongan kecil-kecil dan letakkan ke dalam mangkuk. Hal ini bertujuan agar cokelat lebih mudah meleleh. Letakkan 50 gram bubuk whipping cream ke dalam mangkuk lain, campurkan dengan 100 cc air panas, aduk rata. Kemudian tuangkan adonan whipping cream tersebut ke dalam mangkuk yang berisi potongan cokelat. Aduk hingga cokelat meleleh dan tercampur dengan whipping cream. Adonan bubuk whipping cream ini juga bisa diganti dengan 150 cc whipping cream cair yang telah dipanaskan.

Menyajikan oreo cake dengan chocholate ganache

Resep Oreo Cake : Membuat Cake Dengan Modal Minim

Pindahkan oreo cake ke atas piring, tuangkan chocholate ganache diatasnya, dan ratakan. Bila perlu, letakkan oreo minis di atas cake sebagai hiasan. Sobat Howie juga bisa menghiasnya dengan whipped cream, potongan cokelat,  buah cherry, atau apa saja sesuai selera. Setelah selsesai dihias, oreo cake siap dinikmati. 

Sobat Howie, itu tadi resep oreo cake yang bisa dibuat dengan modal minim. Oreo cake ini juga bisa dijadikan sebagai kue ulang tahun maupun perayaan lainnya. Setelah ini, resep apa lagi yang Sobat Howie ingin untuk ditulis di Howie and Belle? Tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya 🙂

Write A Comment

12 + 2 =

Pin It