Lifestyle

Cara Membuat Puding Zebra

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara Membuat Puding Zebra – Hai Sobat Howie! Suka makan dessert? Ada banyak pilihan dessert yang enak disekitar kita. Mulai dari cake, es krim, dan pudding. Salah satu dessert yang paling mudah dan praktis untuk dibuat adalah pudding. Tapi, salah satu kemahan dari pudding adalah desainnya yang tidak bisa dikreasikan dengan aneka motif dan warna seperti cake dan dessert lain. Biasanya motifnya hanya terbatas pada garis-garis horizontal dari beberapa layer pudding yang ditumpuk dalam satu cetakan.

Tapi kalau Kalau Sobat Howie bosan dengan motif pudding yang itu-itu saja, jangan khawatir. Kali ini Howie and Belle akan membagikan cara membuat pudding dengan motif yang unik, yaitu motif bulu zebra. Selain bermotif cantik, pudding zebra ini juga memiliki perpaduan rasa vanilla dan cokelat yang enak. Tinggal hias bagian atas pudding dengan buah cherry atau raspberry, pudding ini bisa disajikan sebagai pengganti kue ulang tahun atau sebagai dessert untuk arisan atau acara lainnya.

Kalau Sobat Howie ingin melihat cara membuat pudding zebra melalui video, juga bisa kok. Video cara membuat pudding zebra ini juga bisa dilihat di channel youtube Easy Cooking with Azaria oleh Azaria Indrastuti. Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel youtubenya ya.

Baca Juga : Membuat Cokelat Truffle Mudah di Rumah

Cara Membuat Puding Zebra

Siapkan Alat dan Bahan

Cara Membuat Pudding Zebra

Perlu diingat, pudding zebra yang resepnya Howie and Belle tulis disini bukan pudding biasa, melainkan pudding roti dengan tekstur yang agak lebih padat dari pudding biasa. Untuk itu, Sobat Howie perlu menyiapkan 10 lembar roti tawar putih (bukan roti whole wheat maupun roti tawar pandan) sebagai salah satu bahan pudding zebra. Selain itu, Sobat Howie juga perlu menyiapkan 2 butir telur, 3 sendok makan butter, 300 ml susu rasa full cream, 150 gram gula pasir, 50 gram cokelat batangan, 4 sendok makan bubuk cokelat, 1 sendok teh bubuk vanili, 250 gram susu kental manis, 1,25 liter air, dan tentunya 2 bungkus agar-agar vanilla.

Alat yang digunakan dalam pembuatan pudding zebra adalah blender, satu panci berukuran besar yang  berkapasitas 2 liter, satu panci / wadah dengan kapasitas 1 liter, cetakan berbentuk bulat (kapasitas 2 liter), saringan teh, dan 2 scoop es krim atau sendok sayur (ladle) dengan ukuran yang sama untuk menuang pudding.

Membuat Adonan Puding

Cara Membuat Pudding Zebra

Tuangkan bubuk agar-agar, gula pasir, sus kental manis, dan 1 liter air ke dalam panci, panaskan, dan aduk. Sambil menunggu pudding mendidih, Sobat Howie bisa menghaluskan roti tawar dan membuat campuran cokelat. Jangan lupa untuk tetap mengaduk pudding dalam panci ini sesekali ya.

Baca Juga : Resep Oreo Cake : Membuat Cake dengan Modal Minim

Menghaluskan Roti

Cara Membuat Pudding Zebra

Pisahkan roti tawar dari kulitnya, lalu potong kecil-kecil agar mudah dihaluskan. Kulit roti tawar bisa Sobat Howie simpan untuk diolah menjadi tepung roti (bread crumbs), garlic bread sticks, dan sebagainya. Kemudian blender bagian putih roti tawar yang sudah dipotong-potong dengan 300 ml susu full cream dan 250 ml air.

Mencampurkan Roti dan Pudding

Cara Membuat Pudding Zebra

Tuangkan roti yang sudah di blender ke dalam panci berisi pudding, aduk rata. Kemudian masukkan 2 butir telur yang sudah dikocok dan 3 sendok makan butter ke dalam paci, dan aduk kembali hingga mendidih. Kalau Sobat Howie ingin lebih praktis, telur juga bisa diblender Bersama dengan roti dan susu. Tapi kalau takut blendernya berbau amis, sebaiknya dipisah saja ya.

Membuat Campuran Cokelat

Cara Membuat Pudding Zebra

Campurkan 4 sendok makan bubuk cokelat dengan air panas. Saat menuang bubuk cokelat, sebaiknya Sobat Howie menggunakan saringan teh agar bubuk cokelat tidak menggumpal. Jangan lupa untuk memotong cokelat batangan menjadi potongan kecil-kecil dan meletakkannya dalam wadah lain.

 

Baca Juga: Cara Membuat Fusilli Bolognese di Rumah

Memisahkan Puding Vanilla dan Cokelat

Cara Membuat Pudding Zebra

Pisahkan setengah adonan pudding ke dalam panci atau wadah lain, kemudian tambahkan 1 sendok teh bubuk vanilli, dan aduk rata. Tuangkan cokelat bubuk yang sudah dicairkan dan cokelat batangan ke dalam adonan pudding di panci yang lain, aduk hingga cokelat tercampur rata.

Membuat Motif Puding Zebra

Cara Membuat Pudding Zebra

Tuangkan satu / dua scoop pudding vanilla ke bagian tengah cetakan, kemudian tuangkan pudding cokelat dengan takaran yang sama di titik yang sama. Ulangi proses ini hingga seluruh adonan pudding tertuang di dalam cetakan. Hal ini akan menciptakan pola lingkaran hitam-putih seperti garis-garis pada bulu zebra. Tebalnya garis lingkaran bergantung pada banyaknya pudding yang kita tuangkan dengan scoop / sendok sayur. Karena itu, kalau ukuran scoop / sendok sayur sobat Howie terlalu kecil, Sobat Howie bisa mengakalinya dengan menungkan dua / tiga scoop pudding sekaligus pada proses ini agar garis lingkaran tidak terlalu tipis. Usahakan agar tidak ada pudding yang menetes dari scoop saat menuang ya, agar motifnya lebih rapi. Tunggu hingga pudding agak mengeras, lalu masukan cetakan ke dalam kulkas.

Menghias Pudding Zebra

Cara Membuat Pudding Zebra

Jika pudding zebra sudah mengeras, keluarkan dari cetakan dan pindahkan ke piring. Setelah itu, Sobat Howie bisa menghiasnya dengan apa saja. Howie and Belle memilih untuk menghiasnya denga oreo minis di bagian atas dan sekeliling pudding tersebut agar tampilannya jadi lebih indah.

Sobat Howie, itu tadi cara membuat pudding zebra ala Howie and Belle. Sangat simple dan mudah kan? Selamat mencoba ya : ) Sobat Howie juga bisa request resep berikutnya untuk ditulis di Howie and Belle dan dibuatkan  video tutorialnya di channel youtube Easy Cooking with Azaria dengan menulis di kolom komentar. Sampai jumpa di arikel selanjutnya!

Write A Comment

four × one =

Pin It