15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal [Info Lengkap]

Mendapatkan uang dari blog – Semua ini dimulai dari mindset. Anda perlu berpikir bahwa blog yang Anda miliki bukanlah sebuah blog semata, melainkan sebuah platform. Perbedaan terbesar di antara miliarder blogger dan blogger pemula adalah miliarder blogger melihat blog yang mereka miliki sebagai sebuah platform.

Artinya apa Howie? Artinya adalah miliarder blogger akan membuat, menguji, mengaplikasikan serta meningkatkan ide mereka untuk menjadi cara mendapatkan uang dari blog. Miliarder blogger berusaha untuk terhubung dengan lebih banyak orang. Sedangkan blogger pemula hanya ingin berbagi mengenai pandangan mereka, tanpa peduli terhadap minat orang lain. Ini adalah hal yang jauh berbeda.

Semakin banyak cara yang Anda tahu untuk mendapatkan uang dari blog, maka semakin banyak uang yang akan Anda hasilkan. Jadilah orang yang kreatif!

Pengalaman yang Anda dapatkan ketika melakukan monetize pada blog yang Anda miliki serta peluang berkomunitas dengan blogger lain, akan membuat Anda menemukan  semakin banyak cara dalam mendapatkan uang dari konten yang Anda miliki. Tentunya Anda juga semakin terkenal.

Seiring berjalannya waktu, Anda dapat mengubah blog Anda menjadi bisnis yang menguntungkan dan tentunya sesuai dengan lifestyle Anda yang introvert.

Dikutip dari millenialmoney.com, terdapat 15 cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal yang telah dia gunakan pada platformnya sepanjang tahun 2018. Yang paling OK tentu saja adalah tidak ada cara yang spesifik untuk niche blog tertentu, sehingga dapat diaplikasikan oleh semua orang.

Tips dari saya adalah ketika suatu brand terkenal meminta diri Anda untuk memasang iklan di website Anda atau mungkin sekedar melakukan content placement di website Anda, Anda dapat menghasilkan lebih banyak uang dengan menawarkan paket hemat yang mengombinasikan cara – cara mendapatkan uang dari blog di bawah.

Apabila seseorang datang untuk meminta Anda memasang iklan karena barang / jasa yang dia jual sesuai dengan profil audience Anda, tentunya Anda dapat menawarkan ide lainnya bukan? Hanya karena seseorang menawarkan suatu ide kpada Anda, tidak berarti bahwa dia tidak terbuka terhadap peluang bisnis terbaru yang mungkin Anda tawarkan loh!

Faktanya? Semakin kreatif diri Anda, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan dari blog yang Anda miliki. Dengan mindset tersebut, saya memastikan Anda dapat memanfaatkan platform blog Anda secara maksimal!

15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal

#1 : Google Adsense

01 - Cara Pertama Mendapatkan Uang Dari Blog - Google Adsense

Google Adsense merupakan jaringan iklan paling terkenal di dunia saat ini. Apabila Anda seorang content creator yang menggunakan blog atau youtube, sudah dipastikan Anda dapat bekerja sama dengan Google Adsense untuk mendapatkan penghasilan.

Salah satu keuntungan terbesar ketika bekerja sama dengan Google Adsense adalah implementasi yang relatif mudah, khususnya untuk para blogger pemula. Namun, jarang blogger yang bisa langsung mendapatkan uang dari blog ketika baru memulai perjalanan karir mereka.

Hal ini dikarenakan iklan dari Google Adsense sangatlah murah. Bahkan ketika Anda dapat memiliki 1000 visitor / bulannya, Anda mungkin hanya akan mendapatkan Rp 1000,-.

Tapi kita perlu mengingat bahwa ini adalah permulaan. Ada kata kata bijak kehidupan yang mengatakan : “Tidak perlu lombatan besar, langkah kecil pun tak apa. Yang penting arahnya benar”.

Saya sendiri menggunakan jaringan Google Adsense sejak pertama kali melangkahkan kaki di dunia blogging. Bahkan sampai sekarang! Perlahan tapi pasti saya mulai bekerja sama dengan jaringan iklan lainnya untuk mendapatkan CPM (cost per thousand impressions) dan CPC (cost per click) yang lebih tinggi.

Baca juga : Cara Menghitung Penghasilkan Dalam Kerja Sama Iklan Dengan Google Adsense [Lengkap]

#2 : Jaringan Advertising / Publisher

02 - Cara Kedua Mendapatkan Uang Dari Blog - Jaringan Iklan

Nah, ini merupakan alternatif bagi Anda, para blogger, yang penghasilan utamanya menggunakan Google Adsense. Selain menggunakan Google Adsense, Anda juga dapat bekerja sama dengan jaringan advertiser – publisher lainnya loh.

Ketika pengunjung blog Anda telah mencapai 25.000 page view per bulan, Anda dapat (sangat disarankan!) untuk mulai mencari alternatif Google Adsense dan bekerja sama langsung dengan jaringan advertiser. disebut juga jaringan publisher.

Jaringan advertiser akan membantu untuk menyediakan jaringan iklan di blog Anda dan memastikan bahwa Anda akan mendapatkan lebih banyak lagi uang. Pada umumnya, model bisnis yang mereka gunakan adalah BAGI HASIL sebesar 20% – 40% dari penghasilan website Anda.

Jangan khawatir! Bahkan ketika komisi tersebut terasa sangat besar, Anda akan tetap mendapatkan lebih banyak uang daripada hanya bekerja sama dengan Google. Seringkali jaringan advertiser memiliki spesialisasi iklan yang sangat sesuai dengan niche yang kamu pilih.

Cara menemukannya juga sangat mudah. Cukup cari di google dengan kata kunci [niche blog] ad network dan Anda akan segera menemukannya. Walaupun mungkin beberapa dari mereka sangat selektif dalam memilih partner bisnis, Anda tidak ingin kehilangan kesempatan untuk bekerja sama dengan salah satu dari mereka bukan?

Note : Saya sendiri bekerja sama dengan ADOP dan ADVERTNATIVE. Apabila Anda ingin mengenal ADOP Indonesia lebih dalam, Anda dapat mengunjungi halaman facebook mereka. Apabila Anda ingin bekerja sama dengan ADVERTNATIVE, Anda dapat mengunjungi website mereka.

#3 : Iklan Affiliate

03 - Cara Ketiga Mendapatkan Uang Dari Blog - Iklan Affiliate

Affiliate marketting merupakan salah satu model bisnis yang terbukti dapat menghasilkan banyak uang! Anda dapat menggunakan iklan affiliate hampir di seluruh niche blog melalui rekomendasi barang atau jasa. Anda akan mendapatkan uang ketika ada seseorang yang membeli produk melalui link yang Anda miliki.

Anda dapat membaca mengenai perbedaan affiliate marketting dan reseller di kompasiana. Affiliate marketting merupakan model bisnis win – win bagi bloggers dan advertiser karena menguntungkan kedua belah pihak. Advertiser tentunya akan mendapatkan penjualan produk, sedangkan Anda akan mendapat komisi affiliate. Anda mungkin akan mendapatkan Rp 200 – Rp 1.000,- per klik dengan menggunakan Google Adsense, tetapi Anda mungkin akan mendapatkan puluhan ribu bahkan jutaan rupiah ketika ada seseorang yang membeli barang dengan link yang Anda berikan.

Mungkin Anda bertanya – tanya : Jadi bagaimana cara Anda mendapatkan uang dari affiliate marketting? Pastikan bahwa Anda hanya mempromosikan barang / jasa yang Anda gunakan atau yakin akan kualitasnya. Jangan sampai Anda mengorbankan nama baik Anda hanya untuk mendapatkan uang panas. Hal tersebut tentu tidak sebanding!

Anda harus fokus untuk menemukan produk affiliate yang berkualitas bagus. Masalahnya, tidak semua perusahaan memiliki program affiliate atau mungkin mereka memilih partner bisnis mereka secara selektif. Jangan menyerah! Anda dapat menghubungi produsen barang / jasa yang Anda suka dan bertanya mengenai affiliate program. Apabila tidak ada, Anda harus mencari affiliate alternatif. Apabila ada, mungkin mereka memiliki persyaratan traffic.

#4 : Content Placement / Sponsored Content

04 - Cara Keempat Mendapatkan Uang Dari Blog - Sponsored Content

Semakin besar blogmu, semakin banyak orang yang akan menghubungi Anda untuk memasang iklan secara langsung di blog Anda. Biasanya Anda akan mendapatkan ratusan ribu bahkan jutaan rupiah dari sponsored content loh! Jangan ngiler dulu. Walaupun peluang untuk mendapatkan uang dari sponsored content sangatlah besar, apalagi kita hanya perlu posting tulisan yang bahkan tidak kita tulis sendiri. Anda perlu berhati – hati! Google tidak terlalu menyukai praktek ini. Apabila Google berpikir bahwa Anda memposting terlalu banyak sponsored content, ada kemungkinan Anda akan diblacklist dari SERP Google loh!

Anda tentu juga harus berhati – hati tentang seberapa sering Anda akan melakukan sponsored content karena umumnya referensi link yang keluar adalah link ke blog yang tidak berkualitas (selain contentnya tidak berbobot). Apabila content Anda tidak berbobot dan menggunakan referensi secara sembarangan, tentunya pengunjung blog Anda akan menyadarinya. Begitu juga dengan Google! Jadi berhati – hatilah ketika menerima sponsored content. Alternatif lain adalah meminta bayaran yang lebih tinggi atau tulis sendiri artikel tersebut.

Sepanjang sejarah howieandbelle, saya menulis ulang sendiri artikel yang akan dimuat untuk memastikan kualitas content yang ada. Melindungi content Anda -> Melindungi pengunjung blog -> Melindungi reputasi -> Melindungi penghasilan. Cukup fair bukan?

#5 : Pemasangan Banner

05 - Cara Kelima Mendapatkan Uang Dari Blog - Pemasangan Banner

Beberapa perusahaan atau brand terkenal mungkin akan menghubungimu langsung untuk memasang iklan banner. Iklan banner tersebut tentunya merupakan media promosi untuk memasarkan produk mereka. Atau sebaliknya, Anda dapat menjemput bola. Anda dapat menghubungi perusahaan yang produknya sesuai dengan niche blog yang Anda miliki.

Pada umumnya, Anda akan mendapatkan jutaan (bahkan puluhan juta) setiap bulannya sebagai kompensasi pemasangan banner tersebut. Saya sendiri tahu beberapa blogger yang bisa mendapatkan puluhan juta hanya dengan memasang banner di website yang mereka miliki.

Anda dapat menjual banner berukuran 728×90 dikarenakan ukuran banner ini sangat populer dan dapat menjadi cara mendapatkan uang dari blog yang paling besar! Tentunya dengan meletakkan banner tersebut di blog header ya sob. Hati – hati! Jangan terlau maruk dengan meletakkan banyak banner di blog Anda karena hal ini akan menganggu pengunjung dan para partner bisnis tidak akan menyukainya.

Sebagai alternatif, Anda dapat menawarkan slot iklan di sisi sidebar dengan ukuran 160×600. Tentunya pendapatan yang dihasilkan tidak sebesar banner header sob, tapi saya rasa cukup untuk menambah pundi – pundi dompet Anda. NEGOSIASI! Itu adalah kata kuncinya. Biarkan mereka memberikan penawaran terlebih dahulu dan minta 10% – 20% lebih tinggi dari pada harga yang mereka tawarkan. Kami sendiri terbuka untuk peluang kerja sama tersebut. Segera cek halaman contact us untuk peluang kerja bersama howieandbelle ya.

#6 : Promosi di Social Media

06 - Cara Keenam Mendapatkan Uang Dari Blog - Promosi di Social Media

Saya sangat kaget ketika seorang teman saya dibayar jutaan rupiah hanya untuk posting foto di Instagram. Saya serius! Saya tidak dapat membayangkan ada orang yang mau membayar jutaan rupiah hanya untuk numpang posting di beranda Instagram orang lain. Hal ini tentunya sangat menakjubkan. Apabila Anda adalah seorang influencer dan ahli di bidangnya, Anda juga dapat menghasilkan uang dengan mempromosikan suatu produk di akun social media Anda. Semakin besar followers Anda, semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan.

Posting berbayar merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog, khususnya bagi Anda yang memiliki jumlah followers tinggi. Beberapa kenalan saya dapat meraup dua sampai tiga puluh juta sebulan hanya melalui posting berbayar di bidang fashion dan travel. Tentunya mereka sendiri memiliki blog, tetapi mereka mendapatkan uang lebih banyak dari akun social media mereka.

Baca juga : Auto banyak likes – Posting di Instagram dengan menggunakan caption ig instagram terbaik kekinian lucu jaman now!

#7 : Mendapatkan Traffic dengan Iklan Berbayar

07 - Cara Ketujuh Mendapatkan Uang Dari Blog - Generate Traffic dengan Iklan Berbayar

Ini adalah cara mendapatkan uang dari blog terbesar yang mungkin dapat dimiliki seorang blogger untuk mempertebal kantong mereka. Tergantung pada niche yang Anda pilih dan partner affiliate Anda, Anda dapat menggunakan Facebook Ads atau Google Ads untuk memonetize konten Anda. Ini adalah cara menghasilkan uang terbaik yang digunakan oleh banyak blogger (termasuk saya). Prinsipnya adalah Anda membayar Rp 100,- sampai dengan Rp 1.000,- per klik, dan beberapa dari mereka akan membeli produk yang Anda promosikan dengan menggunakan link affiliate Anda.

Kemudian Anda dapat mengatur seberapa besar budget marketting Anda untuk memperoleh penghasilan. Anda tentu harus memanfaatkan Facebook atau Google split testing sehingga Anda akan menemukan formula terbaik pada akhirnya. Misalnya saja Anda menghabiskan budget iklan sebesar Rp 10 ribu untuk menghasilkan Rp 50 ribu). Setelah formula tersebut ketemu, Anda dapat melakukan scale up dengan cepat. Misalnya Anda langsung habiskan budget iklan Rp 10 juta untuk mendapatkan Rp 50 juta. Inilah fungsi dari formula terbaik itu sob!

Hati – hati! Saya mengenal beberapa orang yang gagal mengaplikasikan Facebook Ads atau Google Ads. Mereka menghabiskan hampir 10 juta tanpa dapat menghasilkan apa – apa. Namanya BONCOS TERUS! Tapi itu adalah investasi bukan? Jangan takut untuk belajar ya sobat. Yang terpenting adalah pembelajaran yang Anda dapatkan dari setiap split testing yang dilakukan. Intinya : TEMUKAN FORMULA RAHASIA!

Baca juga : [TERBARU] Cara Mudah Mendapatkan Link Gratis dengan White Hat SEO

#8 : Jasa Training

08 - Cara Kedelapan Mendapatkan Uang Dari Blog - Membuka Jasa Training

Walaupun menawarkan jasa training merupakan hal yang sulit apalagi untuk blogger pemula, mulai membuat materi training merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari blog yang terbaik! Merupakan hal yang tidak mudah untuk menawarkan keahlian Anda dan mendapatkan uang dari mengajar orang. Anda dapat mulai menawarkan jasa training dengan menggunakan plugin WordPress LMS atau menggunakan jasa pihak ketiga, seperti Teachable. Salah satu training online yang pernah saya ikuti adalah Instagram Master Class oleh Rico Huang. Rico Huang dkk menggunakan media Facebook untuk berbagi mengenai materi training mereka.

Bayangkan! Saya harus membayar Rp 300 ribu untuk mengikuti training online tersebut. Dengan jumlah peserta yang mencapai ribuan orang saat itu, berarti Rico Huang dkk dapat meraup pendapatan sebesar Rp 300 juta loh dari 10x pertemuan saja loh! Artinya Rp 30 juta untuk setiap pertemuan yang dapat dia lakukan dari kamar tidurnya. WOW!

Selain Rico Huang, saya mengetahui banyak content creator yang bisa mendapatkan ratusan bahkan miliaran juta rupiah dari training yang mereka tawarkan. Anda tidak salah baca : MILIARAN RUPIAH. Jika saat ini Anda terbersit untuk membuat sebuah training online, coba cek ombak mengenai kebutuhan pasar dan kompetitor yang ada di luar sana. Karena satu alasan yang sama. Tidak semua training online (ataupun offline) bisa berhasil.

Apabila Anda berencana untuk menawarkan training yang telah ada di pasaran, cobalah berpikir mengenai perbedaan apa yang dapat Anda tawarkan. Apakah akan ada orang yang membelinya? Saat paling tepat untuk menawarkan training online adalah ketika Anda sudah berkecimpung di dunia blog selama setahun. Setelah satu tahun, tentunya Anda lebih pede dan dapat mengatakan bahwa Anda mengenal followers Anda dan produk apa yang mereka butuhkan serta rela mengeluarkan kocek untuk mendapatkannya.

#9 : Jasa Konsultan

09 - Cara Kesembilan Mendapatkan Uang Dari Blog - Jasa Konsultan

Selama beberapa tahun terakhir, saya menjadi konsultan keuangan, khususnya management keuangan pribadi, melalui website saya ngurusduit.com. Salah satu contoh konsultasi yang saya tawarkan adalah langkah menghitung kebutuhan dana pensiun, bagaimana memilih asuransi terbaik, atau bagaimana cara menaklukan pasar saham dengan menggunakan kombinasi analisa fundamental dan analisa teknikal. Saya menjadi konsultan hanya di bidang yang saya senangi dan saya yakin saya memiliki keahlian di bidangnya. Apabila Anda menjadi ahli di bidangnya atau mungkin mempunyai ciri khas yang unik, perusahaan / brand akan dengan sangat senang sekali membayar untuk keahlian Anda tersebut.

Apabila Anda ingin menjadi konsultan, salah satu media terbaik untuk berpromosi adalah LinkedIn. Beberapa survey membuktikan bahwa 80% peluang untuk menjadi konsultan berasal dari messages di LinkedIn. Bukan melalui email! Tetapi 100% kasus membuktikan bahwa mereka meminta saya untuk menjadi konsultan adalah karena background yang baik dan blog – blog yang saya kelola. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan jasa konsultansi adalah berkomunitas dengan blogger lainnya serta mempererat hubungan dengan perusahaan yang mungkin akan menjadi partner Anda. Anda dapat bergabung di komunitas BLOGGER KAYA untuk saling berbagi pengetahuan dan peluang bisnis.

#10 : Brand Partnership

10 - Cara Kesepuluh Mendapatkan Uang Dari Blog - Brand Partnership

Loading...

Ketika Anda mulai terkenal karena keahlian yang Anda miliki, mungkin beberapa perusahaan akan menghubungi Anda untuk mengajak KERJA SAMA. Persiapkan hal ini dengan baik dengan paket serta ide – ide marketting mengenai bagaimana Anda dapat menolong mereka untuk berpromosi melalui blog atau social media yang Anda miliki. Apabila perusahaan tersebut adalah perusahaan yang tepat, maka itu akan sangat menguntungkan bagi diri Anda.

Keuntungan ini Anda dapatkan karena mereka akan mempromosikan content Anda melalui email dan social media yang dimiliki oleh perusahaan. Saya sendiri dapat menghasilkan followers pada bloh yang saya miliki melalui kerja sama dengan brand – brand ternama! Salah satu keuntungan bekerja sama dengan brand besar adalah mereka memiliki budget marketting yang besar sehingga Anda akan menghasilkan banyak uang.

Tips dari saya adalah kebanyakan dari brand akan memulai bekerja sama dalam nilai yang kecil, tetapi jangan sampai Anda mengorbankan diri sendiri. Apabila mereka sampai menghubungi Anda, berarti brand tersebut sangat ingin bekerja sama dengan Anda. Pada awalnya, saya sendiri banyak berkorban dalam kerja sama yang baru saya dapatkan. Dalam artian, banyak sekali yang harus saya kerjakan untuk mendapatkan uang yang tidak seberapa. Seiring berjalannya waktu, Anda harus mulai mencari brand partnership yang : (1) jangka panjang dan (2) saling menguntungkan kedua belah pihak.

#11 : Podcast Sponsorship

11 - Cara Kesebelas Mendapatkan Uang Dari Blog - Podcast Partnership

Saat ini trend podcasting sangatlah populer! Walaupun sangat sulit untuk mendapatkan uang dari blog podcasting, kecuali Anda mempunyai audiens yang besar, Anda dapat dengan mudah melakukan podcasting dengan menggunakan podbean. Meskipun paket yang ditawarkan oleh podbean itu lumayan mahal, Anda juga dapat memulainya dengan free. alias gratis! Anda bisa mendapatkan layanan podcast secara gratis dengan kompensasi pemasangan iklan kecil sebelum dan sesudah podcast yang Anda lakukan.

Seperti yang saya katakan, podcasting saat ini baru naik daun dan menjadi trend sehingga sangat sulit untuk menetapkan harga yang mau kita tawarkan kepada perusahaan. Saya rasa 1 – 2 juta rupiah per episode merupakan harga yang wajar. Apabila Anda adalah blogger pemula, saya merekomendasikan Anda untuk 6 bulan melakukan blogging tanpa memikirkan podcast. Hal terburuk yang dapat terjadi adalah Anda kelelahan dan stop membangun blog Anda. Yup! untuk melakukan sebuah podcasting, banyak sekali persiapan yang perlu Anda lakukan.

#12 : Mentoring 1 on 1

12 - Cara Keduabelas Mendapatkan Uang Dari Blog - Mentoring

Saya sendiri belum pernah melakukan mentoring seperti ini, tetapi saya mengenal beberapa orang yang menawarkan jasa mentoring private dan mendapatkan uang dari blognya secara konsisten. Salah satu alasan kenapa seseorang melakukan mentoring adalah kita sendiri dapat belajar dan dapat lebih engage dengan para followers kita.

Salah satu tantangan terbesar dalam mentoring, walau kita hanya berbicara selama 30 menit – 1 jam per sesi selama 2 minggu sekali adalah persiapan yang perlu kita lakukan. Kita juga harus berpikir mengenai klien kita sepanjang waktu. Mengenai apa yang bisa kita lakukan untuk membantu mereka. Oleh karena itu, sebaiknya Anda membatasi jumlah mentoring yang dapat Anda terima setiap waktunya. Jumlah mentoring yang disarankan adalah maksimal lima orang. Jumlah ini dirasa pas karena Anda dapat mengatur waktu dengan baik dan membantu mereka secara maksimal untuk mencapai kebebasan finansial.

Group FB - Facebook - Blogger Kaya Community Group WA - Whatsapp - Blogger Kaya Community

#13 : Pembicara di Seminar

13 - Cara Ketigabelas Mendapatkan Uang Dari Blog - Menjadi Pembicara di Seminar

Berbicara secara langsung di hadapan banyak orang merupakan hal yang sulit dan terkadang memerlukan banyak sekali travelling.

Tapi tahukah Anda seorang pembicara bisa menghasilkan puluhan bahkan ratusan juta pada setiap eventnya. Jumlah yang sangat fantastis bukan? Dari sumber internal terpercaya, jouska.id dapat memperoleh sampai 30 juta untuk berbicara selama 2 jam mengenai management keuangan loh!

Walaupun Anda harus pilah – pilah terhadap event yang sesuai dengan keahlian Anda, tetapi Anda harus terbuka terhadap kemungkinan tersebut loh. Apalagi melalui sebuah event, nama Anda akan dikenal dengan lebih luas. Dengan begitu peluang bisnis lainnya akan semakin terbuka untuk Anda.

Baca juga : 7 Tips Sukses Berbicara di Depan Umum

#14 : Menulis Buku

14 - Cara Keempatbelas Mendapatkan Uang Dari Blog - Menulis Buku

Apabila Anda telah menjadi ahli di bidang tertentu, mempunyai kemampuan menulis yang baik, serta memiliki jaringan pengikut yang besar, maka Anda dapat menjadi salah satu calon untuk menulis buku yang sukses. Para media masa dan publisher selalu kekurangan talenta penulis ahli.

Mungkin saat ini ide untuk menulis buku terdengar gila bagi Anda, tetapi ini merupakan salah satu cara yang telah terbukti berhasil untuk mengembangkan blog Anda. Apabila menulis buku terdengar sulit, mungkin Anda dapat memulainya dengan menulis e-book untuk didistribusikan secara online.

#15 : Penulis Freelance

15 - Cara Kelimabelas Mendapatkan Uang Dari Blog - Penulis Freelance

Yang terakhir dan perlu Anda ingat bahwa kegiatan kunci dalam blogging adalah MENULIS. Jadi semakin banyak Anda menulis, semakin baik kualitas artikel / konten yang Anda buat. Anda dapat menawarkan keahlian ini sebagai jasa freelance loh.

Sangat banyak perusahaan di luar sana yang mencari content creator untuk menulis bagi mereka. Bahkan mereka rela membayar besar. Banyak blogger pemula yang memanfaatkan peluang jasa freelance ini sebagai cara mendapatkan uang dari blog tanpa modal. Tentu saja tujuan akhir mereka adalah mendapatkan uang dan jaringan.

Salah satu keuntungan dari menjadi jasa penulis freelance adalah Anda akan mendapatkan lebih banyak tantangan untuk menjadi ahli di bidangnya. Biasanya seorang penulis freelance akan mendapatkan puluhan ribu sampai jutaan rupiah untuk setiap artikel yang mereka buat. Hal ini tentunya bergantung kepada panjang dan kualitas artikel tersebut.

Selain 15 cara mendapatkan uang dari blog di atas, masih banyak ide seperti menjual produk atau membuat member area premium yang berbayar. Yang penting Anda ingat adalah Anda sedang membangun sebuah platform! dan semakin kreatif diri Anda, semakin banyak uang yang akan Anda dapatkan.

Kata Kata Motivasi Diri : Apabila Anda benar – benar menginginkannya dan terus memperjuangkannya, Anda pasti akan menjadi seorang Miliarder Blogger.

Saya sangat serius! bulan – bulan pertama, bahkan tahun pertama merupakan tahun yang sangat berat. Tapi apabila Anda terus melangkah maju, maka dapat dipastikan Anda akan mulai mendapatkan uang dari blog yang Anda miliki.

Stay Happy! Happy Blogging!

Credit :

  1. Photo by Austin Distel on Unsplash
  2. Design by Canva

Group WA - Whatsapp - Blogger Kaya Community Group FB - Facebook - Blogger Kaya Community

6 thoughts on “15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal [Info Lengkap]”

  1. waahh banyak banget ternyata alat atau media yang bisa digunakan untuk menghasilkan pundi-pundi uang melalui blog. yang aku tahu cuma googleadsense, jasa afiliasi, dan CP doank.

    • betul Gan,
      tapi emang perlu kesabaran extra sih kalau pengen dapat uang dari ngeblog. wkwkwk
      untung saya orangnya sabar.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...