Inspirasi

[Terbukti!] Cara Mengatasi Diare di Rumah Secara Alami

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara mengatasi diare secara alami – Diare adalah keadaan dimana anda buang air besar (BAB) namun mengeluarkan tinja yang berbentuk cair, biasa disebut mencret, dan biasanya dibarengi dengan sakit perut yang melilit atau mules, kembung, dan buang angin terus menerus.

Biasanya jika anda terjangkit diare, Anda bisa buang air besar hingga 4 kali dalam sehari dan merasakan sakit perut sepanjang hari yang sangat mengganggu. Diare umumnya terjadi karena makan makanan yang kotor, beracun, dan kuman.

Jajan sembarangan dan makanan yang tidak terjaga kebersihannya adalah penyebab utama dari penyakti diare, namun tidak menutup kemungkinan diare juga merupakan kondisi dari efek penyakit tertentu atau efek samping obat tertentu.

5 Cara Mengatasi Diare Secara Alami

Untuk mencegah, mengobati, dan mengatasi diare secara alami ada beberapa hal yang perlu anda lakukan di antaranya adalah sebagai berikut.

#1 – Minum Oralit

cara mengobati diare dengan menggunakan oralit buatan sendiri

Minum oralit menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menyembuhkan diare, apalagi diare yang sudah parah. Zat yang terdapat pada larutan oralit dapat menyerap cairan pada feses sehingga feses menjadi kembali normal.

Oralit banyak dijual di apotik-apotik dan harganya sangat terjangkau, caranya pun sangat mudah yaitu larutkan satu sachet oralit kedalam setengah gelas air hangat kemudian minum sampai habis. Minum 2 atau tiga kali sehari untuk hasil yang maksimal, lihat perkembangannya jika diare mulai membaik maka anda sudah cukup berhenti meminumnya. Biasanya oralit sangat ampuh dan hanya dalam hitungan sehari oralit dapat menyembuhkan diare.

#2 – Daun Jambu Biji

cara mengatasi diare dengan mengolah daun jambu biji

Ternyata selain buahnya enak, jambu biji juga memiliki daun yang berkhasiat sebagai obat diare alami. Daun jambu biji mengandung zat yang dapat meredakan dan menghentikan perkembangan bakteri penyebab diare, disamping itu daun jambu biji juga dapat membantu memadatkan tinja.

Cara menggunakannya adalah dengan ambil daun jambu biji yang masih mudah atau pupus daun jambu biji kemudian di cucu sampai bersih, anda dapat langsung mengunyahnya. Tapi jika anda tidak suka ada cara lain yaitu dengan merebusnya kemudian air rebusan jambu biji tersebut di minum dua kali hingga tiga kali sehari sampai diare mereda.

#3 – Pisang

cara mengobati diare dengan menggunakan pisang

Pisang disamping enak dan sehat juga dapat menjadi obat diare alami karena kandungan kalium yang tinggi yang terdapat dalam buah pisang dapat membantu melancarkan pencernaan dan menjaga sistem pencernaan kita selalu sehat dan terjaga.

Selain itu kalium juga dapat menggantikan banyak elektrolit yang hilang karena terbuang saat diare, kandungan serat dan pectin dalam buah pisang juga dapat membantu menyerap cairan dalam usus yang akan membuat feses yang keluar nantinya lebih padat dan tidak terlalu banyak cairan.

Caranya pun sangat mudah yaitu makan pisang minimal dua kali sehari atau tiga kali sehari, disamping makan pisang juga anda perlu memperbanyak minum air putih untuk membuang racun atau kuman yang ada penyebab diare tersebut.

#4 – Minum Teh Chamomile

cara mengatasi diare dengan minum teh chamomile

Terungkap dari salah satu penelitian dari India, salah satu cara alami untuk mengobati diare yang dapat Anda lakukan di rumah adalah dengan minum teh chamomile. Penelitian yang diterbitkan oleh Molecular Medicine Reports ini menunjukkan bahwa teh chamomile dapat membantu mengatasi kembung, sakit perut, dan mual akibat diare. Teh chamomile juga diyakini dapat mempercepat proses penyembuhan diare. Apalagi saat ini teh chamomile dapat dengan mudah Anda peroleh melalui toko online terbaik & terpercaya.

#5 – Tolak Angin

cara mengobati diare dengan menggunakan tolak angin sachet

Selain dengan bantuan bahan – bahan alami yang diproses secara tradisional, ternyata masalah diare dapat ditangani dengan ramuan herbal yang bernama Tolak Angin. Walaupun memegang brand “Tolak Angin”, ramuan yang resepnya sudah diracik sejak tahun 1930 ini tak melulu soal keluhan yang ber-angin seperti masuk angin,lho. Tolak angin dipercaya dapat mengobati gangguan mual, sakit perut, bahkan dipercaya. Apalagi, kemasannya sachetnya dapat Anda bawa dengan mudah sehingga dapat segera Anda gunakan untuk mengobati sakit Anda.

Baca juga : Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Menggunakan Bahan Alami

Demikianlah cara yang ampuh untuk mencegah dan mengatasi diare. Cara praktis diatas sudah terbukti berkhasiat dan untuk meredakan dan mengatasi diare.

Kurangi makan makanan jajan sembarangan di pinggir jalan yang kurang higienis karena biasanya makanan yang di jajakan di pinggir jalan rawan terkena debu dan di hinggapi oleh lalat yang membawa kuman penyebab diare.

Cuci tangan anda menggunakan sabun sebelum makan atau sebelum memegang makanan kemudian perhatikan kebersihan kuku anda, selalu rutin untuk memotong kuku karena kuku anda juga bisa menjadi sarang kuman. Stay healthy!

Write A Comment

2 × two =

Pin It