Inspirasi

[Terbukti!] 3 Cara Alami Mengobati Asam Urat yang Tinggi

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara mengobati asam urat – Dikutip dari healthline.com, asam urat banyak disebabkan oleh konsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi. Saat purin dicerna, maka tubuh akan menghasilkan zat asam urat yang di definisikan sebagai “limbah” dalam tubuh. Zat asam urat ini pada kadar yang sedikit, tidaklah terlalu berbahaya. Masalah akan timbul apabila kadar asam urat dalam tubuh berlebihan.

Pada penderita asam urat akan mengalami rasa sakit yang menyerang bagian persendian hingga bengkak pada bagian sendi-sendi tersebut. Saat ini, penyakit asam urat mulai mendapatkan perhatian khusus karena asam urat tak hanya menyerang orang yang sudah berumur atau orang tua, tetapi juga menyerang anak muda.

Purin banyak ditemukan dalam sejumlah makanan yang kita konsumsi sehari-hari, seperti pada ikan sarden,  jenis daging tertentu, kemudian kacang-kacangan, dan juga termasuk minuman beralkohol. Oleh karena itu, kita harus berhati-hati dan jangan memakan makanan yang memiliki kadar purin terlalu banyak.

Baca juga : Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Menggunakan Bahan Alami

5 Cara Alami Mengobati Asam Urat

Namun, jika anda sudah terlajur terkena asam urat, anda dapat mengatasi dan menyembuhkan asam urat dengan cara alami atau tradisional yaitu diantaranya adalah :

#1 – Rajin Minum Air Putih

cara mengatasi asam urat dengan menggunakan air putih

Daripada mengkonsumsi minuman kemasan yang manis-manis, seperti soft drink atau mengonsumsi alcohol, sebaiknya pilihlah air putih sebagai minuman wajib bagi anda sehari-hari karena air putih meskipun sederhana namun sudah terbukti lebih sehat di banding minuman apapun.

Dengan meminum air putih minimal delapan gelas per hari, maka tubuh akan terbantu dalam mengangkut zat gizi yang berguna maupun juga zat yang sudah tidak berguna melalui darah di dalam tubuh. Air putih di percaya oleh beberapa ahli kesehatan dapat ikut membantu melancarkan pembuangan zat asam urat atau zat purin yang menumpuk dalam tubuh anda, karena air putih merupakan cairan terbaik yang mampu membantu kelancaran peredaran darah di dalam tubuh kita.

#2 – Buah dengan kandungan anti oksidan tinggi

cara mengobati asam urat dengan menggunakan buah berantioksidan tinggi

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa pasien dengan asam urat diwajibkan untuk mengonsumsi banyak buah yang mengandung banyak antioksidan.

Buah beri adalah contoh buah yang kaya akan kandungan antioksidan. Beri dengan warna gelap memiliki kandugan flavonoid yang tinggi yang disebut dengan anthocyanin yaitu zat yang  mampu mengatasi radang dan keram pada tubuh.

Selain buah-buahan beri, jenis sayur seperti paprika dan tomat dapat menyeimbangkan kadar asam urat  yang tinggi.

#3 – Menggunakan bahan-bahan alami

cara mengobati asam urat alami dengan menggunakan jahe

Anda juga bisa mengatasi asam urat secara tradisional di rumah dengan mengandalkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda.

Tetapi tentunya bahan-bahan alami ini hanya sebagai penunjang atau setidaknya mengurangi rasa sakit dan mencegah timbulnya kembali rasa sakit. Hal ini dikarenakan bahan alami tidak bisa sepenuhnya menggantikan fungsi obat yang sudah diberikan oleh dokter. Obat alami ini hanya bisa membantu untuk mengendalikan dan mengurangi gejala yang muncul.

Beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi asam urat ialah cuka apel, jahe dan lemon. Cuka apel dapat menurunkan berat badan, dengan berat badan yang terjaga otomatis bahaya akan asam urat pun bisa terhindar. Kemudian jahe juga dapat menjadi cara alami mengobati asam urat. Jahe memiliki kandungan zat anti peradangan yang dapat mencegah terjadinya pembentukan kristal dalam tubuh sehingga dapat meredakan gejala asam urat dalam tubuh.

Dan yang terakhir buah lemon, bukan hanya memiliki kandungan vitamin C yang melimpah, namun lemon juga dapat menyediakan kalium yang di butuhkan oleh tubuh. Kalium berfungsi menjaga fungsi ginjal agar berjalan dengan baik dan membantu menjaga kadar pH di dalam darah darah dan urin agar sedikit basa. Dengan seimbangnya fungsi ginjal dengan kadar pH maka dapat membantu mencegah akan pembentukan kristal yang menjadi penyebab asam urat.

Baca juga : √ 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Terbukti Ampuh!

#4 – Mengurangi Berat Badan

cara mengatasi asam urat dengan mengurangi berat badan

Salah satu cara mengurangi berat badan adalah dengan diet bukan? Hal ini penting karena ternyata berat badan berlebih dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal ini dikarenakan lemak memiliki kandungan asam urat yang lebih tinggi daripada otot. Selain itu, kelebihan berat badan akan membuat ginjal kita bekerja jauh lebih keras untuk menghilangkan asam urat dari dalam darah.

Apabila saat ini kita memiliki kelebihan berat badan, maka sebaiknya jangan melakukan diet yang terlalu ketat karena berbahaya bagi kesehatan. Kita perlu berbicara dengan ahli gizi untuk membicarakan mengenai cara diet yang sehat untuk kita ikuti. Selain itu, sangat penting untuk mencapai berat badan yang sehat … jangan terlalu berlebihan … tapi jangan terlalu kurus juga ya …

#5 – Makanan Berserat

cara alami mengatasi asam urat dengan makanan berserat

Selain air putih, makanan berserat dapat menjadi salah satu cara alami mengobati asam urat. Serat dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar asam urat dengan baik. Selain itu, serat juga dapat membantu tubuh untuk mengatur kadar gula dan insulin dalam darah.

Anda disarankan untuk mengonsumsi serat sebanyak 5 – 10 gram setiap harinya. Anda dapat dengan mudah menemukan serat di dalam buah, sayur, dan biji-bijian.

Write A Comment

20 − 8 =

Pin It