Inspirasi

[Terbukti Ampuh!] 5 Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Alami

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara mengatasi asam lambung – Dikutip dari wikipedia, asam lambung merupakan cairan pencernaan yang berada di lambung dan bersifat asam. Fungsi utama asam lambung membantu tubuh dalam mencerna makanan untuk kemudian menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Nah, asam lambung yang bermanfaat untuk tubuh ini dapat menjadi racun apabila kita tidak merawat tubuh kita dengan baik.

Penyakit asam lambung disebabkan oleh naiknya asam lambung ke kerongkongan. Hal ini menyebabkan gejala kurang enak badan yang terasa seperti dada terbakar (heart burn) dan biasanya terjadi pada kondisi setelah makan atau ketika sedang berbaring. Selain itu, gejala asam lambung di ikuti dengan gejala pencernaan lainnya seperti mual, muntah, dan sering bersendawa.

Ketika anda merasa ada yang tidak beres dengan masalah pencernaan anda seperti mulut terasa asam, tenggorokan perih, makanan terasa naik dan mengganjal di tenggorokan, mual, muntah, perut kembung dan nyeri dada maka anda harus segera ke dokter untuk memeriksa kondisi asam lambung anda. Apabila anda belum sempat ke dokter, ada beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengobati asam lambung yang naik dengan cara alami atau pengobatan tradisional diantaranya adalah sebagai berikut.

Baca juga : Cara Mengatasi Batuk Berdahak dengan Menggunakan Bahan Alami

5 Cara Mengatasi Asam Lambung

#1 – Menggunakan Jahe

mengobati asam lambung dengan air rebusan jahe

Rempah-rempah khas Indonesia yang satu ini memiliki banyak khasiat diantaranya sebagai obat tradisional untuk meredakan asam lambung, Jahe memiliki zat yang mempunyai sifat anti radang sehingga secara alami dapat mengatasi gejala asam lambung yang naik dan beberapa masalah pencernaan lainnya.

Caranya cukup mudah yaitu rebus jahe dan ambil airnya setelah itu gunakan air rebusan jahe tersebut untuk di minum. Minum minuman jahe dengan rutin dapat mencegah dan mengobati asam lambung anda, cukup terjangkau bukan? Apalagi jahe banyak anda temukan dengan membelinya di warung-warung terdekat maupun menanamnya sendiri.

#2 – Menggunakan Akar Kayu Manis

cara mengatasi asam lambung dengan akar kayu manis

Kandungan akar manis juga di percaya dapat mengatasi masalah pada sistem pencernaan, zat yang terkandung dalam akar manis dapat meredakan heart burn atau panas di dada yang di sebabkan oleh naiknya asam lambung. Selain itu, bahan kimia yang terkandung dalam akar manis juga dapat mengurangi pembengkakan dan menyembuhkan peredangan atau luka yang terjadi di dalam tubuh.

Akar manis dapat anda temukan di pasar maupun di toko karena akar manis merupakan salah satu obat herbal yang cukup banyak dicari karena banyak khasiatnya. Namun jika anda sudah mengkonsumsi akar manis dan asam lambung masih tetap naik maka segeralah untuk cek ke dokter karena mungkin saja asam lambung anda sudah parah dan membutuhkan penanganan medis yang lebih lanjut.

#3 – Lidah Buaya

cara mengobati asam lambung dengan meminum lidah buaya

Lidah buaya merupakan salah satu cara alami untuk mengobati asam lambung yang naik. Memang saat ini lidah buaya hanya terkenal untuk efeknya dalam menyuburkan rambut … eh ternyata lidah buaya dapat menjadi obat asam lambung alami.

Apabila saat ini Anda merasakan gejalan asam lambung naik, misalnya bersendawa, Anda perlu menyiapkan lidah buaya untuk diolah menjadi jus lidah buaya dan diminum sebelum Anda makan. Hal ini dipercaya sangat efektif untuk meredakan asam lambung sehingga Anda dapat kembali beraktivitas dengan lancar.

#4 – Perbanyak Sayuran Hijau

cara mengatasi asam lambung dengan sayuran hijau

Sayuran hijau seperti kol, brokoli, kacang hijau, seledri, bayam dan lainnya merupakan pilihan sayuran yang sangat baik di konsumsi oleh penderita asam lambung karena sayuran hijau tersebut memiliki kadar asam yang rendah sehingga cocok untuk anda penderita asam lambung. Sayuran hijau tersebut juga dapat mengurangi bertambahnya kadar asam di lambung yang masuk kedalam lambung anda yang menyebabkan asam lambung naik.

#5 – Baking Soda

mengobati asam lambung dengan baking soda

Ternyata baking soda tidak hanya digunakan sebagai bahan baku pembuatan kue loh! Anda dapat menambahkan sedikit baking soda ke dalam teh untuk meredakan rasa nyeri yang terjadi akibat asam lambung naik. Caranya cukup mudah. Tambahkan 1 sendok teh baking soda kedalam teh hangat dan aduk secara perlahan. Setelah itu Anda perlu meminumnya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Anda perlu melakukan cara alami mengatasi asam lambung sesuai kebutuhan. Dosis yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 8 kali dalam sehari. Kalau tidak nanti perut Anda akan kembung. Selain itu, konsumsi baking soda yang berlebihan juga menimbulkan efek samping seperti perut mual.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk mengatasi asam lambung yang naik, disamping beberapa cara tersebut anda juga harus menjaga kesehatan anda agar asam lambung tidak mudah naik diantaranya adalah dengan makan yang teratur, hindari ngemil di larut malam, kunyah makanan dengan benar, perhatikan porsi makan, hindari terlalu minum banyak air saat anda sedang makan dan konsumsi buah dan sayur yang mengandung kadar asam rendah.

Baca juga : √ 5 Cara Mengatasi Rambut Rontok yang Terbukti Ampuh!

Kemudian Anda perlu menghindari makanan yang terlalu berlemak, gorengan, minuman bersoda, kopi, alcohol, daging dengan tinggi lemak. Menjaga pola makan dan menjaga kebugaran tubuh serta jangan terlalu stress adalah hal yang sangat penting untuk di perhatikan agar anda dapat terhindar dari asam lambung. Stay healthy ya sob!

Write A Comment

9 − 6 =

Pin It