Inspirasi

5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Yang Lemah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara meningkatkan daya tahan tubuh – Pada dasarnya, setiap orang memiliki sistem imunitas untuk melawan bakteri dan virus yang menyerang tubuh. Meskipun begitu, sistem imunitas kita tidaklah selalu menang ketika melawan mikroorganisme tersebut.

Artinya kita perlu meluangkan waktu dan upaya untuk melakukan berbagai cara meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah. Menjaga daya tahan tubuh bisa dimulai dengan menjalani gaya hidup sehat secara teratur.

Tim howieandbelle mencatat setidaknya ada 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang lemah, yaitu :

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

1. Istirahat yang cukup

Dikutip dari Harvard Medical School, kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Untuk itu penting untuk setiap dari kita memperhatikan kebutuhan waktu tidur sesuai dengan usia masing – masing. Pada umumnya, remaja membutuhkan waktu tidur selama 8 jam sehari, sedangkan orang dewasa membutuhkan waktu tidur setidaknya 6 jam sehari.

2. Berolahraga

Banyak penelitian yang menganjurkan kita untuk berolahraga rutin setidaknya selama 30 menit setiap harinya. Salah satu olahraga yang paling murah dan mudah dilakukan adalah jalan kaki atau lari pagi. Hanya dengan bermodalkan baju dan sepatu olahraga, Anda sudah mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal.

Baca juga : 5 Manfaat Lari Pagi Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

3. Minum vitamin

Tubuh membutuhkan vitamin C dan vitamin E untuk membuat sistem imum yang kuat. Vitamin C diperlukan untuk memerangi radikan bebas dan memperbaiki jaringan tubuh, sementara vitamin E dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu pembentukan sel darah merah. Anda bisa membeli vitamin tambahan di apotek dan toko online terbaik di Indonesia.

4. Mengonsumsi makanan bergizi

Sudah bukan rahasia lagi kalau mengonsumsi makanan bergizi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Terdapat beberapa pilihan menu sarapan pagi yang sehat seperti roti panggang + telur, bubur, atau platter. Pada prinsipnya kita harus mengonsumsi 4 sehat, 5 sempurna yang telah dipercaya sejak jaman dahulu dapat menjaga kesehatan secara optimal.

Baca juga : 5 Menu Sarapan Pagi yang Sehat dan Bergizi dan Cara Membuatnya

5. Berjemur

Tubuh perlu untuk mendapatkan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Dikutip dari Kompas, kita perlu berjemur pada jam 10 pagi karena matahari meradiasikan sinar ultraviolet B pada saat itu. Sinar ultraviolet B kemudian akan bekerja sama dengan kolesterol untuk membentuk vitamin D3. Nah, vitamin D3 inilah yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Write A Comment

4 + 3 =

Pin It