5 Manfaat Lari Pagi yang Kita Dapatkan

Pagi hari merupakan saat yang tepat untuk kita memulai segala aktivitas yang memberikan kesehatan dan kesegaran bagi tubuh dan pikiran kita. Salah satu aktivitas tersebut adalah meditasi dan olahraga, seperti yoga dan lari pagi. Jika Anda sedang memulai rutinitas untuk lari pagi saat ini, Anda perlu menyadari manfaat lari pagi sehingga akan menjaga semangat Anda dalam menjalani aktivitas ini.

Baca juga : Waktu Lari Yang Baik

Olahraga lari tidak dapat dipisahkan dari upaya untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian, pagi hari merupakan saat yang paling tepat untuk berolahrga karena lebih mudah menjadikannya sebagai habit atau kebiasaan. Selain berguna untuk menurunkan berat badan, lari pagi juga memberikan kita manfaat sebagai berikut :

Manfaat Lari Pagi

Relatif mudah untuk dijadikan rutinitas

Untuk seseorang yang sedang kesulitan untuk mengatur jadwal dalam hidupnya, maka lari pagi merupakan salah satu pilihan terbaik. Manfaat lari pagi sangat menguntungkan individu yang sibuk karena pada saat pagi umumnya kita belum terganggu oleh kesibukan sehari – hari.

Lari pagi sebagai aktivitas fisik dapat membakar kalori yang cukup signifikan. Hanya dengan meluangkan waktu selama 30 menit secara rata – rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membakar kalori kita sebanyak 300 kalori. Sementara itu, berjalan dengan kecepatan 5 km/jam selama 30 menit dapat membakar kalori di tubuh kita sebanyak 140 kalori.

Hosting Unlimited Indonesia

Untuk dapat menurunkan berat badan dan mendapatkan manfaat lari pagi secara maksimal, upayakan berolahraga setidaknya 3 – 4 kali seminggu dengan total waktu latihan masing – masing sebanyak 60 menit. Untuk kamu yang masih pemula, mungkin dapat mencobanya dengan berjalan selama 10 menit setiap hari dan kemudian meningkatkannya secara bertahap.

Selain lari pagi, olahraga yang sangat disarankan untuk dilakukan pada pagi hari adalah bersepeda, yoga, berenang, atau angkat beban.

Meringankan Gangguan Tidur

Olahraga pada pagi hari, termasuk lari, dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Menurut penelitian, hal ini merupakan factor penting dalam menurunkan berat badan kita. Kualitas tidur yang buruk akan mempengaruhi hormon tertentu dalam tubuh kita sehingga kita sulit dalam mengendalikan nafsu makan. Tidur yang cukup akan memperbaiki keseimbangan horman sehingga kita dapat mengendalikan dorongan nafsu makan yang begitu kuat.

Sebuah studi lainnya mengungkapkan bahwa wanita yang berusia 50 – 75 tahun dengan berat badan berlebih, tetapi memiliki kebiasaan jogging pada pagi hari selama 60 menit per minggu akan memiliki tidur yang lebih dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga pagi.

Menambah Teman Melalui Komunitas

Banyak sekali komunitas lari yang sudah terbentuk di bumi pertiwi, dan salah satu yang paling besar adalah Indo Runners. Dengan mengikuti komunitas lari, kita dapat saling bertukar informasi, berbagi pikiran dan pendapat mengenai olahraga lari dan tentunya kita akan mendapat kenalan yang sangat banyak. Selain itu, kita juga akan mendapatkan banyak support dan dukungan dari para teman yang lebih dahulu berkecimpung di dunia lari. Indo Runners, dan komunitas lari, tidak hanya tersebar di Kota Jakarta saja loh. Kota – kota yang kurang dikenal, seperti Palangkaraya (kota asal saya) sudah memiliki komunitas larinya sendiri. Jika di kota kita, masih belum ada komunitas lari, kenapa tidak kita tidak memulainya?

Join : Fans Page Facebook Komunitas Lari Indo Runners

Berapa Lama Sebaiknya Lari Pagi Dilakukan?

Manfaat Lari Pagi - Berapa Lama Lari Pagi

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat lari pagi ini, maka kita perlu serius untuk melakukan aktivitas ini. Banyak dari kita yang awalnya semangat untuk melakukan rutinitias ini, tetapi semangat tersebut banyak yang tidak berlangsung lama.

Kita perlu menyesuaikan waktu olahraga kita dengan baik. Jangan berlari dengan durasi yang terlalu pendek karena kebanyakan orang hanya lari dalam tempo 15 menit dan kemudian memilih untuk berhenti. Namun berlari terlalu lama juga tidak terlalu baik dan akan membuat tubuh kita terlalu Lelah untuk melakukan seluruh aktivitas kita pada hari itu. Agar proses pembakaran dapat dilakukan dengan efektif, maka kita perlu melakukan hal ini ketika lari pagi :

  • Lamanya waktu berlari pagi yang baik adalah 45 menit.
  • Usahakan untuk meluangkan waktu kita untuk berlari pada pagi hari sebanyak 3 – 4 kali dalam satu minggu.
  • Berlarilah dengan santai dan penuh kegembiraan. Pelan asal pasti.
  • Carilakh rekan lainnya yang memiliki hobi yang sama sehingga dapat saling menyemangati.
  • Lagu upbeat dapat menjadi salah satu pilihan untuk menghidupkan suasana pada pagi hari.
  • Lakukan rutinitias ini hingga terbentuk menjadi kebiasaan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...