Lifestyle

5 Element Penting Dalam Teknologi Virtual Reality (VR)

Pinterest LinkedIn Tumblr

Virtual Reality, atau seringkali disebut VR, merupakan trend terbaru dalam teknologi dunia marketing saat ini. Banyak perusahaan berskala global yang saat ini tengah menginventasikan waktu, uang dan tenaga mereka untuk mengaplikasikan VR dalam sector bisnis yang mereka geluti.

Salah satu perangkat sederhana untuk menggunakan VR adalah headset VR. Harga headset VR semakin terjangkau oleh seluruh kalangan sehingga semua orang bisa segera merasakan kedasyatan dari sebuah dunia virtual. Saya rasa kita sudah berada di ambang batas di mana VR akan diaplikasi secara luas, seperti penggunaan internet.

Terdapat 5 element penting di dalam Virtual Reality yang perlu kita pahami untuk merasakan teknologi ini, yaitu :

Element di VR

VR controller untuk mendapatkan feedback terbaik
VR controller untuk mendapatkan feedback terbaik

1. Dunia Virtual

Dunia virtual merupakan tonggak utama bagi pengguna yang ingin menikmati sebuah dunia baru. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik tentunya dunia yang tercipta haruslah terlihat nyata dan menggambarkan imajinasi terbaik dari pencipta atau user. Selain itu, user juga bisa saling berinteraksi di dalam dunia virtual, seperti ketika kalian menonton film Player Ready One.

2. Sensory Management System

Salah satu element terpenting di dalam Virtual Reality adalah sensory management system. Sistem ini berfungsi untuk memberikan request dan response atas setiap tindakan yang kita berikan kepada sistem Virtual Reality (VR). Apabila terdapat kejadian di dalam dunia virtual seperti tiupan angin, rotasi bumi, bau bunga, maka user haruslah dapat merasakan kejadian ini. Ini adalah goal yang telah diset para peneliti … mempengaruhi kelima indera manusia!

3. Immersion

Immersion dapat diartikan sebagai sensasi yang akan membawa user dari teknologi VR untuk merasakan sebuah dunia “fiktif” yang terasa nyata. Terdapat 3 level dalam immersion, yaitu :

  • Mental immersion: Teknologi VR ini mampu membuat mental user-nya seperti berada di dalam dunia yang nyata.
  • Physical immersion: Teknologi VR ini akan memberikan suasana lingkungan yang tercipta ke fisik penggunanya.
  • Mentally immersed: Ini adalah level immersion tertinggi dikarenakan teknologi VR tersebut mampu membuat mental penggunanya untuk larut di dalam dunia VR.

4. Interactivity

Salah satu hal yang menjadi ciri khas dan main show dari sensasi menggunakan teknologi virtual reality adalah kamu dapat berinteraksi dengan konten yang ada, seolah – olah konten tersebut adalah nyata. Walaupun pada awalnya, teknologi yang ada tidaklah cukup bagus untuk membangun sebuah dunia dan pengalaman terbaik.

Interactivity bertugas untuk memberikan respon atas tindakan dari user sehingga mereka dapat berinteraksi di dalam dunia virtual. Melalui headset VR, pengguna dapat melihat gambar – gambar yang bersifat dynamis dan mendengarkan suara yang terasa realitis. Selain headset, user juga dapat menggunakan glove dan walker sehingga seluruh gerakan user dapat dipantau oleh sistem yang akan memberikan reaksi yang sesuai sehingga seolah – olah berada di situasi yang nyata, baik secara fisik maupun psikologis.

5. Artistic Inclination

Saat ini, teknologi VR ditujukan untuk memberikan entertainment atau hiburan kepada para user. Oleh karena itu, lingkungan virtual tersebut harus dapat memberikan lingkungan dan situasi yang menarik sehingga user dapat mengalami immersion. Oleh karena itu, dibutuhkan detail seperti atmosfer, engaging factor, serta entertaining factor yang dibuat oleh artis VR.

Itulah 5 element terpenting di dalam dunia VR yang telah saya rangkum dari beberapa sumber seperti izmofx dan it-jurnal. Semoga kita segera bisa menikmati teknologi VR dan bermain bersama ya.

Write A Comment

two × five =

Pin It