Hobi

Tips Anti Rugi Makan All You Can Eat

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kalau Sobat Howie hobi makan dan kuat makan banyak, pasti suka banget makan di restoran all you can eat. Restoran yang membebaskan pengunjung mengambil makanan dalam jumlah yang tidak dibatasi ini biasanya memiliki banyak pilihan makanan dan minuman yang menggoda dan mengugah selera. Tempatnya yang nyaman juga membuat Sobat Howie betah berlama-lama. Tapi, seperti yang kita tahu, biasanya restoran all you can eat mematok harga yang cukup mahal. Karena sudah bayar mahal, Sobat Howie perlu memaksimalkan beberapa hal supaya tidak rugi saat makan all you can eat. Untuk itu, Howie and Belle sudah merangkum 8 tips anti rugi makan all you can eat khusus untuk Sobat Howie. Dijamin ga akan rugi!

1. Pilih Restoran All You Can Eat Sesuai Budget dan Selera.

Grilled Beef di Pochajjang (from forsquare.com)

Saat ini sudah ada banyak restoran all you can eat murah di Jakarta dan sekitarnya yang memasang harga dibawah 150 ribu rupiah dengan makanan yang 100% halal. Sobat Howie tinggal menyesuaikan selera masing-masing dengan speciality dari restoran AYCE murah tersebut.

Untuk Sobat Howie yang menyukai makanan Korea, ada banyak pilihan nih. Ada Pochajjang, Manse Korean Grill dan Mokaya Resto yang menyajikan menu korean grill. Kalau mau makan korean grill dengan topping keju mozzarella, langsung aja dateng ke OMG! Oh My Grill. Sementara kalau Sobat Howie lebih suka korean casual food, bisa coba makan all you can eat di Gochu. Untuk penggemar makanan Jepang, tentu ada beberapa restoran all you can eat murah di Jakarta dan sekitarnya yang menyediakan makanan khas negeri sakura ini dengan speciality yang lebih beragam. Kalau Sobat Howie doyan banget dengan deep fried Japanesse street food, langsung aja cus ke Kushiya Monogatari. Untuk penggemar fusion sushi, pasti suka makan all you can eat di Sushi Naru. Untuk penggemar shabu-shabu, dateng aja ke Yo Ri Chi.

Selain makanan Korea dan Jepang, masih ada beberapa restoran all you can eat murah di Jakarta dan sekitarnya yang memiliki speciality lain. Seperti Bamboo Dimsum yang menyajikan dimsum sebagai menu andalan, dan Onokabe Suki and Grill yang meyajikan berbagai pilihan asian food, western food, hingga masakan khas Nusantara. Sobat Howie yang “pemakan segala” pasti betah berlama-lama di Onokabe.

2. Pilih Paket All You Can Eat Sesuai Menu Favoritmu.

OMG! Oh My Grill (from instazu.com)

Beberapa restoran all you can eat memberikan pilihan paket khusus dengan harga yang lebih mahal dari paket reguler. Dengan paket khusus ini,  Sobat Howie akan mendapatkan tambahan menu premium tertentu. Seperti OMG! Oh My Grill, Manse Korean Grill, dan Pochajjang yang menyediakan paket platinum  dimana Sobat Howie boleh mengambil beberapa pilihan wagyu beef yang tidak boleh diambil pada paket reguler. Kalau Sobat Howie memang menyukai menu tambahan tersebut, silakan saja mengambil paket platinum. Jika tidak, sebaliknya pilih paket reguler. Untuk apa membayar lebih untuk makanan yang tidak terlalu kita sukai?

3. Manfaatkan Happy Hour dan Promo.

Pilihan All You Can Eat di Onokabe Suki & Grill (from onokabe.id)

Tips yang satu ini tidak hanya bisa diterapkan saat makan all you can eat saja, tapi juga untuk makan di restoran manapun.  Sama seperti restoran lain, beberapa restoran all you can eat menawarkan promo dan harga spesial  pada waktu tertentu. Seperti Mokaya Resto yang menawarkan happy hour dimana Sobat Howie bisa membayar lebih murah pada jam tertentu dan Onokabe Suki & Grill yang memberikan harga spesial untuk pengunjung yang datang bersama dengan jumlah tertentu. Selain promo dari restoran, Sobat Howie juga bisa cek promo yang ditawarkan oleh kartu debit dan dompet elektronik yang berkerjasama dengan restoran tersebut. Siapa tau bisa dapat double promo :). Jangan lupa perhatikan syarat dan ketentuan dari setiap promo, ya supaya tidak zonk nantinya :p.

4. Manfaatkan Waktu Dengan Efisien.

All You Can Eat di Mokaya Resto (from pergikuliner.com)

Setiap restoran all you can eat memiliki batas waktu yang berbeda-beda. Umumnya, restoran AYCE menetapkan batas waktu selama 120 menit seperti Onokabe Suki & Grill. Tetapi ada juga restoran AYCE yang memiliki batas waktu berbeda, seperti Sushi Naru dan Bamboo Dimsum yang tidak menetapkan batas waktu (unlimited). Ada juga yang menetapkan batas waktu selama 90 menit seperti Pochajjang, Manse Korean Grill, OMG! Oh My Grill , Mokaya Resto, dan Yo Ri Chi. Sementara Kushiya Monogatari yang memiliki  batas waktu 70 menit. Bisanya di tiap restoran ada waiter dan waitress yang akan mengingatkan jika batas waktu hampir habis, tapi ada juga yang tidak. Untuk berjaga-jaga, Sobat Howie jangan lupa batas waktunya ya, karena ada beberapa restoran yang memberikan charge per jam untuk pengunjung yang makan melewati batas waktu.

Dengan batasan waktu tersebut, Sobat Howie juga harus memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Begitu sampai di meja, jangan keasyikan mengobrol. Lebih baik Sobat Howie segera mengambil menu-menu favorit yang paling Sobat Howie sukai, lalu baru mengobrol sambil memasaknya. Karena biasanya menu-menu tersebut cepat habis. Contohnya gyoza yang merupakan menu favorit di Mokaya Resto. Menu ini paling cepat habis karena banyak peminatnya. Kalau Sobat Howie juga memiliki menu favorit yang disukai banyak orang, harus agak gercep mengambilnya ya.

5. Bijak Dalam Mengambil Makanan.

Ilustrasi All You Can Eat di Sushi Naru

Sebagian besar restoran all you can eat menetapkan charge untuk setiap makanan yang tidak dihabiskan. Seperti Sushi Naru yang menetapkan charge seharga ala carte untuk setiap menu yang tidak dihabiskan, dan beberapa restoran seperti Mokaya Resto, Onokabe Suki & Grill, dan OMG! Oh My Grill yang menetapkan charge dalam jumlah tertentu untuk setiap 100 gram daging yang tidak dihabiskan. Untuk itu, Sobat Howie harus bijak dalam mengambil makanan. Ambilah dengan jumlah secukupnya.

6. Utamakan Menu Favorit.

All You Can Eat di Manse Korean Grill (from kompas.com)

Jika semua makanan sudah tersedia di meja, Sobat Howie sebaiknya mengutamakan menu yang paling Sobat Howie sukai, bukan yang paling mahal. Sama seperti tips nomor 2, untuk apa membuang waktu untuk menyantap menu yang tidak terlalu Sobat Howie sukai?

7. Kesampingkan Dessert dan Minuman Manis.

All You Can Eat di Kushiya Monogatari (from pergikuliner.com)

Deretan menu dessert dan minuman manis di restoran all you can eat memang sangat menggoda. Tapi, kedua menu ini lebih cepat membuat kenyang sehingga Sobat Howie mungkin akan terlalu “eneg” untuk manyantap makanan lain. Supaya bisa manyantap semua menu,  sebaiknya Sobat Howie terlebih dahulu menyantap berbagai menu main course yang tersedia dan memilih minuman tawar seperti air putih. Sobat Howie bisa manyantap dessert dan minuman manis di akhir sesi makan.

8.Tetap Jaga Kesehatan.

All You Can Eat di Bamboo Dim Sum (from tripadvisor.com)

Ini dia tips terpenting untuk makan all you can eat. Makan banyak daging dan makanan manis di restoran all you can eat  memang asik. Tapi jangan sampai berlebihan dan membuat kesehatan Sobat Howie terganggu. Kalau sudah sakit, biaya pengobatan Sobat Howie tentunya akan lebih mahal dari harga paket all you can eat. Untuk itu, Sobat Howie bisa mengimbangi menu makanan dengan berbagai sayuran dan bawang yang selalu disediakan di restoran all you can eat seperti selada, timun, lobak, tomat, wortel, bawang putih, dan sebagainya. Sayuran dan bawang tersebut dapat dimakan mentah maupun direbus bersama sukiyaki dan shabu-shabu. Selain sayuran, jangan lupa ambil buah potong, salad, dan jus buah di akhir sesi makan untuk melancarkan pencernaan dan mencegah kolesterol tinggi. Untuk mencegah tingginya kolesterol, Howie and Belle punya tips khusus, nih. Setelah selesai makan all you can eat, kalau restoran tempat Howie and Belle makan tidak menyediakan sate bawang putih, biasanya Howie and Belle mengambil beberapa bawang putih utuh yang disediakan sebagai condiment, dan memanggangnya sebentar dengan alat grill. Kalau warnanya sudah sedikit kecokelatan, tinggal dimakan deh. Lebih bagus lagi kalau dimakan mentah. Tentunya jangan lupa minum dan mengunyah buah atau timun setelahnya untuk mencegah bau mulut.

Sobat Howie, itu tadi 8 tips anti rugi makan all you can eat untuk memaksimalkan kepuasan Sobat Howie saat makan all you can eat.

Sudah siap menerapkan tips berikut? simak ulasan 5 Restoran All You Can Eat Murah di Jakarta dan Sekitarnya – Part 1 dan 5 Restoran All You Can Eat Murah di Jakarta dan Sekitarnya Part – 2 sebagai referensi pilihan resto AYCE Sobat Howie!

Write A Comment

five × 1 =

Pin It