Uncategorized

Keunggulan dan kelemahan Samsung Z2

Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagi Anda yang ingin memiliki smartphone dengan spesifikasi cukup, maka bisa memilih serian dari Samsung yakni Samsung Z2. Smartphone ini bisa dibilang cocok untuk Anda yang memiliki uang pas karena dibandorol dengan harga yang relative murah dan terjangkau. Tidak hanya itu fitur yang ditawarkan juga cukup baik. Akan tetapi Smasung Z2 cukup berbeda jika dibandingkan dengan smartphone seri lain dari Samsung, dimana system operasinya menggunakan Tizen. Ada hal kurang menyenangkan dibalik penggunaan OS ini yakni terdapat beberapa kekurangan. Namun banyak pula pengguna smartphone yang mungkin belum paham tentang OS Tizen ini. Tizen adalah salah satu system operasi yang mana open source dengan basis linux dan dikembangkan oleh linux foundation dan itu telah digunakan Samsung sekarang. Tizen ini bisa Anda jumpai pada seri Samsung yang termasuk di dalamnya yaitu pada smart watch seperti pada Samsung galazy watch, dan serian galaxy gear.

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang keunggulan dan kelemahan Samsung Z2 yang mana memakai system perasi Tizen. Untuk Anda pengguna setia smartphone Samsung tentunya tidak ingin melewatkan informasi seperti ini. karena bisa Anda gunakan sebagai perbandingan ataupun pertimbangan ketika akan membeli sebuah smartphone nantinya. Langsung saja, jika memang Anda sudah penasaran dengan info lengkapnya, silahkan simak berikut ini.

Keunggulan dan kelemahan Samsung Z2

Keunggulan Samsung Z2

1. Bentuknya terlihat Handy

Samsung Z2 pertama kali dirilis pada bulan Agustus, 2016 yang lalu. Dimana smartphone satu ini mempunyai dimensi 121,5 x 63 x 10,8 mm (4,78 x 2,48 x 0,43 in), hadir dengan membawa bobot atau berat yang terjangkau dan mudah untuk dibawa kemana-mana, yaitu hanya 127 g atau 4,48 oz. Samsung  Z2 telah didukung juga dengan slot Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by). Tidak hanya itu, Samsung Z2 juga menawarkan ukuran 4,0 inci. Sehingga Anda bisa dengan mudah untuk menggenggam hanya menggunakan satu tangan dan Anda bisa memasukkannya ke dalam saku dengan sangat mudah. Smartphone satu ini juga didukung dengan adanya fitur multitouch.

2. Speaker Mengagumkan

Samsung Z2 mempunyai berbagai macam notifikasi suara diantaranya ada nada dering MP3 dan WAV serta getaran. Tidak hanya itu, Samsung Z2 juga menawarkan speaker keren, smartphone ini telah didukung dengan menggunakan jack 3,5 mm. selain itu, Samsung Z2 juga dapat dipakai untuk memutarkan musik hingga mencapai 30 jam dan inilah yang menjadi keunggulannya. Samsung Z2 juga mempunyai Comms WLAN seperti Wi-Fi 802.11 b / g / n, Wi-Fi Direct & hotspot, dan sudah dilengkapi juga dengan Bluetooth v4.0, A2DP.

3. Harga Relatif Murah

Samsung Z2 mempunyai harga yang cukup murah dikelasnya. Dimana smartphone ini dibandrol hanya harga 800 sampai dengan 900 ribu rupiah. Jadi menurut kami, Samsung Z2 sangat cocok untuk Anda berikan kepada anak-anak yang mana mungkin membutuhkan gadget. Tidak hanya melihat dari harganya yang cukup terjangkau, namun smartphone ini juga menawarkan spesifikasi cukup baik dikelasnya.

4. Mempunyai Varian Warna Beragam

Samsung Z2 datang dengan membawa banyak piihan warna yang beragam diantaranya ada warna hitam, merah, dan warna emas. Sehingga pilihan warna ini dapat disesuaikan dengan preferensi Anda sendiri nantinya. Smartphone ini juga mempunyai desain minimalis yang mana akan sangat cocok untuk Anda karena tampilnya cukup sederhana.

5. Kapasitas Baterai

Samsung Z2 mempunyai kapasitas baterai hingga 1500 mAh yang mana itu cukup sesuai dengan spesifikasinya. smartphone ini juga tampil dengan model sangat modern dimana baterainya tidak dapat dilepas atau tanam. Disini kami tidak hanya mengulas tentang keunggulan dari Samsung Z2, bagi Anda yang mau mengintip beberapa kelemahan dari Samsung Z2 ini simak infonya juga dibawah ini.

Kelemahan Samsung Z2

1. OS Tizen

Seperti yang telah kami bahas pada awal pembuka artikel ini, dimana terdapat kelemahan utama dari Samsung Z2 ini yaitu terletak pada sistem operasinya. Memasuki era modern yang mana lebih dominan penggunaan OS Android dan iOS seperti saat ini, rasanya OZ Tizen akan menyulitkan pengguna ketika menggunakannya dan itu yang tidak akan Anda temukan pada smartphone lain. Karena yang menjadi masalahnya yakni tidak kompatibilitas aplikasi dan dukungan lainnya. hal itu bisa sangat menyulitkan dan jauh berbeda dengan OS Android atau iOS.

2. Kamera Menggunakan VGA

Samsung Z2 mempunyai kapasitas perekaman video [email protected], dan pada kamera depan menawarkan kualitas VGA yakni (0,3 megapiksel). Hal itu sangat jauh berbeda dengan Galaxy Note 8 yang mana pada kamera depan dan belakang sama-sama menggunakan resolusi 12 Megapixel. Samsung Z2 hadir dengan layar sentuh kapasitif TFT dimana ini merupakan salah satu tipe layar paling popular yang banyak dipakai, namun belum dilengkapi dengan fitur IPS atau AMOLED. Pada Samsung Z2 menawarkan resolusi gambar yang bisa dibilang sangat rendah dimana memiliki kerapatan pixel buruk. Hal itu tentunya akan membuat pengguna kurang nyaman ketika ingin membidik sebuah foto pada saat memiliki momen indah diwaktu melakukan perjalanan atau liburan.

3. Kapasitas Memori Internal Kecil

Samsung Z2 datang dengan membawa kapasitas memori internal kecil, yakni hanya sebesar 8 GB, dan didukung dengan kapasitas memori RAM hanya 1 GB. Hal tersebut tentunya akan membuat penguna merasa kesulitan untuk melakukan multitasking (dimana ketika ingin membuka beberapa program secara bersamaan) atau untuk keperluan menyimpan banyak video, foto, dan aplikasi. Tidak hanya itu, Samsung Z2 juga belum dilengkapi dengan fitur Java.

4. Tidak Tersedianya Fitur NFC

Sangat disayangkan Samsung Z2 masih belum didukung dengan adanya fitur NFC. Near-field communication (NFC) merupakan sebuah perangkat protokol komunikasi yang mana dapat memungkinkan dua perangkat elektronik sekaligus dan umumnya perangkat portabel seperti pada smartphone hal tersebut dimaksudkan agar memudahkan dalam menjalin komunikasi yang mana mendekatkan lebih dalam hingga jarak 4 cm satu dengan lainnya. Oleh karena itu, jika tanpa adanya fitur NFC ini, maka Anda tidak dapat melakukan pengisian ulang uang elektronik seperti e-money, Flazz, Tapcash dan lainnya.

5. Fitur Sensor Sangat Sedikit

Samsung Z2 datang dengan hanya membawa sedikit sensor. Pada Samsung Z2 ini hanya menawarkan sensor accelerometer, akan tetapi tidak menghadirkan kompas dan sensor kedekatan (proximity). Smartphone satu ini juga tidak menawarkan sensor cahaya dan giroskop. Hal itu akan sangat dirasa kurang, karena beberapa smartphone lain sekelasnya sudah memiliki fitur ini.

6. Tidak Mempunyai Fitur Waterproof dan Fast-charging

Samsung Z2 belum dilengkapi dengan adanya fitur tahan air dan debu. Tidak hanya itu, Samsung Z2 juga belum memiliki fitur fast-charging, bisa dikatakan fitur ini sangat membantu Anda dimana jika ingin mengisi daya cepat. Ada hal yang kurang menyenangkan lagi, yakni kamera belakang Z2 tidak bisa membidik gambar dengan kualitas tinggi dan tidak mempunyai fitur Infrared.

Write A Comment

3 + 18 =

Pin It