10 Buah Untuk Ibu Hamil Yang Sehat dan Aman Untuk Konsumsi

Buah untuk ibu hamil – Masa awal kehamilan merupakan periode yang sangat rentan bagi tubuh ibu hamil. Asupan nutrisi tentunya memegang peranan penting bagi pertumbuhan dan perkembangan janin.  Salah satu jenis makanan yang kaya manfaat untuk ibu hamil tentu saja adalah sayur dan buah – buahan.

Baca juga : Penting Untuk Pasangan! 10 Ciri – Ciri Orang Hamil Muda

Ibu hamil perlu memilih buah secara benar dan baik. Buah – buahan yang dianjurkan adalah yang memiliki banyak kandungan serat dan nutrisi seperti vitamin, asam folat, beta karoten, dan kalsium. Ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah – buahan sebanyak 2 – 4 mangkok per hari. Buah yang telah dipotong akan membantu ibu hamil dalam menikmati hidangan tersebut. Berikut ini adalah beberapa buah yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca juga : 9 Vitamin Paling Penting Untuk Ibu Hamil dan Perkembangan Janin

10 Rekomendasi Buah Untuk Ibu Hamil

#1 – Pisang

fin - buah untuk ibu hamil - 1 - pisang

Pisang merupakan salah satu buah terbaik untuk ibu hamil karena pisang memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium merupakan salah satu mineral penting untuk menjaga keseimbangan energi dan cairan di dalam tubuh. Selain itu, pisang juga dikenal sebagai buah yang baik untuk ibu hamil yang sering mengalami mual – mual.

Kandungan lain yang terdapat di dalam pisang adalah vitamin C, vitamin B6, dan serat. Pisang juga dapat dikonsumsi dengan cara mengombinasikannya bersama buah lain atau dicampur dengan yoghurt. Anda dapat melihat cara membuat jus pisang di jussehat.com.

#2 – Jeruk

fin - buah untuk ibu hamil - 2 - jeruk

Jeruk sangat kaya dengan vitamin C, folat dan serat. Kandungan vitamin tersebut menjadikan jeruk menjadi buah pilihan yang bagus untuk ibu hamil. Rasa asam pada jeruk memberikan kesegaran tersendiri dan tentunya tingkat cairan yang tinggi akan menjaga tubuh ibu hamil tetap terhidrasi.

Karena vitamin C membantu menyerap zat besi, asupan buah dengan banyak vitamin C seperti jeruk, menjadikannya sangat penting.

#3 – Alpukat

fin - buah untuk ibu hamil - 3 - alpukat

Alpukat merupakan buah yang cocok untuk ibu hamil karena sumber folat yang bagus. Mulai mengonsumsi alpukat sebelum program kehamilan dan selama kehamilan sangatlah dianjurkan. Alpukat membantu mencegah cacat lahir pada otak dan sumsum tulang belakang.

#4 – Apel

fin - buah untuk ibu hamil - 4 - apel

Apel memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga sangat baik untuk sumber nutrisi ibu hamil. Apel mengadung vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, serat dan Zinc. Kandungan gizi yang lengkap, menjadikan apel bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan janin, menjaga sistem kekebalan tubuh, serta meningkatkan sistem pencernaan.

Berdasarkan penelitan yang dikeluarkan oleh healthline.com, ibu dan bayi yang mengonsumsi apel secara teratur dalam masa kehamilan akan memiliki risiko asma dan alergi yang lebih rendah.

#5 – Mangga

fin - buah untuk ibu hamil - 5 - mangga

Mangga dikenal kaya akan zat besi, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, potassium dan asam folat. Semua nutrisi tersebut penting pada masa kehamilan. Hal inilah yang menjadikan mangga menjadi pilihan yang tepat untuk ibu hamil.

Jika Ibu hamil menginginkan sesuatu yang manis. buah mangga merupakan buah yang manis dan cocok digunakan sebagai kudapan atau snack, sebagai pengganti kue atau permen.

Pada beberapa kasus, ibu hamil dapat mengalami diabetes gestasional selama masa kehamilan. Jadi pastikan kamu telah berkonsultasi dengan dokter ya Moms.

#6 – Semangka

fin - buah untuk ibu hamil - 6 - semangka

Sama seperti jeruk, buah semangka juga memiliki kandungan air yang banyak. Setiap buah semangka umumnya mengandung 92% air dan 6% gula loh! Hal ini menjadikan buah semangka sangat bermanfaat untuk tubuh ibu hamil untuk dapat terhidrasi dengan baik.

Selain itu, semangka juga kaya akan vitamin, magnesium, dan potassium yang bermanfaat untuk mengurangi kram otot yang umumnya dialami oleh ibu hamil saat masa kehamilan memasuki trisemester terakhir.

#7 – Nanas

fin - buah untuk ibu hamil - 7 - nanas

Selama ini, banyak mitos yang beredar dan mengatakan bahwa ibu hamil seharusnya tidak mengonsumsi buah nanas. Faktanya? Sampai saat ini belum ada bukti ilmiah yang mengatakan buah nanas merupakan buah yang berbahaya untuk ibu hamil.

Buah nanas dipercaya mengandung bromelain, yang memang apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak akan mempercepat pendarahan. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk mengurangi konsumsi buah nanas. Masih ada buah lain kan Mom?

#8 – Anggur

fin - buah untuk ibu hamil - 8 - anggur

Buah anggur merupakan buah yang bagus untuk ibu hamil karena mengandung magnesium, folat, dan masih banyak vitamin lainnya. Kandungan magnesium dikenal untuk mengurangi kram selama masa kehamilan. Selain itu, buah anggur juga dapat memberikan efek positif pada pencernaan dan metabolisme ibu hamil.

#9 – Pepaya

fin - buah untuk ibu hamil - 9 - pepaya

Pepaya yang sudah matang dipercaya aman untuk ibu hamil. Ketika matang, vitamin dan mineral yang terdapat pada pepaya sudah lengkap dan menjadikan buah pepaya sebagai sumber serat untuk mencegah sembelit.

Pepaya mentah tidak dianjurkan untuk ibu hamil karena kandungan lateks yang tinggi dan dapat memicu kontraksi pada rahim. Ibu hamil sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi buah pepaya.

#10 – Kurma

fin - buah untuk ibu hamil - 10 - kurma

Buah kurma dipercaya memiliki kandungan glukosa yang tinggi, yaitu di antara 60 – 70 persen. Hal ini sangat baik untuk memenuhi asupan energi harian pada ibu hamil. Buah kurma juga memiliki kandungan vitamin B kompleks, zat besi, dan kalium yang dipercaya sebagai nutrisi yang baik untuk ibu hamil.

Buah kurma juga dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak bagi bayi dan memberikan bayi syaraf yang kuat sehingga dapat beraktivitas dengan baik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.