Lifestyle

Membuat Cokelat Truffle Mudah di Rumah

Pinterest LinkedIn Tumblr

Membuat Cokelat Truffle Mudah di Rumah – Hai Sobat Howie! Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat? Hasil olahan biji kakao yang telah diminum oleh suku Maya pada tahun 450 – 500 sebelum masehi ini masih menjadi salah satu bahan makanan dan minuman yang disukai banyak orang di seluruh dunia hingga sekarang. Sebagai makanan, cokelat dapat ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari cokelat bubuk, cokelat batangan, cokelat praline, hingga cokelat truffle. Kali ini ini, Howie and Belle akan sedikit membahas tentang cokelat truffle dan cara membuatnya dengan mudah di rumah.

 

Baca Juga: Resep Oreo Cake : Membuat Cake dengan Modal Minim

Cokelat Truffle

Membuat Cokelat Truffle Mudah di Rumah

Cokelat truffle adalah sebutan untuk cokelat ganache yang dibentuk bulat seperti bola kecil dan dilapisi bubuk cokelat pada seluruh sisi luarnya. Kata “truffle” digunakan serbagai nama cokelat ini karena  bentuknya yang sekilas memiliki kemiripan dengan jamur truffle, yaitu salah satu jenis jamur dari genus tuber yang berwarna gelap dengan tekstur luar yang agak kasar. Cokelat truffle ini merupakan salah satu jenis cokelat yang populer di berbagai negara dan banyak digunakan sebagai kudapan di berbagai acara, cemilan di saat santai, maupun hadiah valentine untuk orang terkasih. Cara mendapatkannya juga mudah. Meskipun jarang ditemui di swalayan seperti cokelat bubuk dan batangan, namun cokelat truffle pasti tersedia di berbagai toko khusus cokelat terdekat.

 

Tapi kalau Sobat Howie ingin merasakan nikmatnya cokelat truffle dengan biaya minim, Sobat Howie bisa membuatnya sendiri di rumah. Howie and Belle sudah merangkum cara membuat cokelat truffle dengan mudah di rumah khusus untuk Sobat Howie. Sobat Howie juga bisa melihat video tutorial pembuatan cokelat truffle ini di channel youtube Easy Cooking with Azaria oleh Azaria Indrastuti. Jangan lupa like, comment, dan subscribe channel youtubenya, ya.

 

Baca Juga: Cara Membuat Fusilli Bolognese di Rumah

Cara Membuat Cokelat Truffle Mudah di Rumah

Siapkan Alat dan Bahan

Membuat Cokelat Truffle Mudah di Rumah

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat cokelat truffle rumahan ini sangat sederhana, yaitu 150 gram cokelat bubuk (bisa menggunakan cokelat milo atau bubuk cokelat dengan merk lain), dan 200 ml susu kental manis. Sementara alat yang dibutuhkan adalah panci, pisau, saringan teh, dan plastic wrap.

 

Membuat Adonan Cokelat

Membuat Cokelat Truffle Mudah di Rumah

Masukan 200 ml susu kental manis ke dalam panci dan panaskan di kompor dengan api kecil. Aduk hingga mendiddih.  Setelah itu, matikan api dan pindahkan susu kental manis ke mangkuk dan campurkan dengan 150 gram bubuk cokelat sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk menggunakan saringan saat menuangkan bubuk cokelat ke atas susu kental manis agar cokelatnya tidak menggumpal. Setelah susu kental manis dan cokelat tercampur rata, bungkus adonan tersebut dengan plastic wrap dan dinginkan di freezer selama satu jam.

 

Membentuk Cokelat

Membuat Cokelat Truffle Mudah di Rumah

Taburkan sedikit bubuk cokelat diatas talenan agar tidak lengket, kemudian letakkan adonan cokelat diatas talenan. Potong adonan tersebut sesuai ukuran yang Sobat Howie inginkan. Setelah dipotong, bentuk adonan sesuai keinginan Sobat Howie dan lumuri seluruh permukaan adonan cokelat tersebut dengan bubuk cokelat. Cokelat truffle klasik pada umumnya berbentuk bola, tapi Sobat Howie juga bisa berkreasi dengan berbagai bentuk lain. Howie and Belle sendiri lebih suka membentuknya menjadi persegi yang agak pipih supaya mudah digigit. Setelah itu, cokelat truffle siap disajikan diatas piring. Sobat Howie bisa menaburkan sisa bubuk cokelat diatasnya sebagai hiasan. Mudah, kan?

 

Sobat Howie, itu tadi cara membuat cokelat truffle mudah di rumah ala Howie and Belle. Selamat mencoba, ya. Setelah ini, resep apa lagi yang Sobat Howie ingin untuk ditulis di Howie and Belle? Tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Write A Comment

twelve − 1 =

Pin It