Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli, Prinsip dan Motif Ekonomi

Dalam kehidupan sehari-hari kita sangat erat kaitannya dengan ekonomi khususnya para wirausahawan. Karena itu belajar tentang ilmu ekonomi merupakan suatu keharusan. Pengertian ekonomi secara umum merupakan salah satu cabang ilmu sosial yang sangat penting dalam keseharian untuk mendukung transaksi jual beli.

Kata ekonomi sendiri berasal dari bahasa Yunani Kuno yaitu oikos dan nomos yang memiliki makna pengelolaan rumah tangga. Ekonomi dibahas secara khusus dan secara mendalam yang mencakup beberapa bidang seperti sejarah, sosiologi, antropologi, geografi dan yang lainnya.

Para ahli juga memiliki pendapat sendiri – sendiri tentang ekonomi, berikut pengertian ekonomi menurut para ahli, prinsip dan sekaligus motifnya yang kita akan bahas dan kupas secara lebih mendalam.

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli
Via Canva

Di bawah ini kami berikan beberapa pengertian ekonomi menurut para ahli yang bisa Anda pelajari.

Abraham Maslow

Pengertian ekonomi menurut seorang psikolog humanis, teoritikus sekaligus inspirato dan pemikir yaitu Abraham Maslow bahwa ekonomi merupakan suatu bidang ilmu yang fungsinya adalah untuk menyelesaikan masalah di kehidupan manusia. Caranya yaitu dengan meningkatkan sumber – sumber ekonomi atas dasar teori dan juga prinsip ekonomi secara efisien dan seefektif mungkin.

Adam Smith

Adam Smith yang merupakan seorang tokoh filsuf politik dan ekonomi berusaha menyusun definisi ekonomi. Adam Smith menyatakan bahwa ekonomi merupakan suatu kegiatan baik yang berupa penyelidikan dan penelitian tentang kondisi, sebab atau asal muasal kekayaan sebuah negara. Adam Smith merupakan seorang tokoh yang beraliran ekonomi klasik dan di era pasar bebas memiliki tujuan agar di era modern beliau akan membuka mata masyarakat tentang dunia ekonomi secara utuh dan meluas.

Hermawan Kartajaya

Hermawan Kartajaya merupakan seorang pakar di bidang pemasaran yang juga mengemukakan pendapatnya tentang dunia ekonomi. Hermawan Kartajaya merupakan seorang gelar Honoris Causa atas keilmuannya di bidang ekonomi dan pemasaran tingkat internasional.

Hermawan Kartajaya juga merupakan seorang presiden MarkPlus & CO. Menurut Hermawan Kartajaya, ekonomi sangat erat kaitannya dengan dunia industri. Ekonomi merupakan suatu tempat melekatnya sektor industri sehingga industri akan mengalami perkembangan dan akan tersebar secara lebih merata di seluruh dunia.

Aristoteles

Aristoteles merupakan seorang tokoh yang sangat terkenal. Jasanya sudah banyak yang bisa dinikmati masyarakat dunia di bidang filsafat, hukum, sains atau ekonomi. Di bidang ekonomi, teori ekonomi yang dikemukakan oleh Aristoteles pada zamannya juga sangat terkenal. Aristoteles mengemukakan bahwa ekonomi adalah suatu cabang yang dapat digunakan dalam dua cara yang berbeda yaitu dengan dipakai atau ditukar. Karenanya ekonomi memiliki dua nilai utama yaitu memiliki nilai tukar dan memiliki nilai penggunaan.

Artikel terkait :

Ide Bisnis Dalam Dunia Musik

Prinsip-Prinsip Ekonomi

Prinsip-Prinsip Ekonomi
Via Canva

Sebelum kita membahas apa saja yang menjadi prinsip – prinsip ekonomi, mari terlebih dahulu kita mencari tahu apa saja sebenarnya ciri-ciri seseorang yang menjalankan prinsip ekonomi. Beberapa ciri seseorang yang menjalankan prinsip ekonomi meliputi :

  • Senantiasa berusaha untuk bertindak hemat dalam menjalankan segala sesuatunya.
  • Selalu bertindak ekonomis yaitu dengan berusaha memperhitungkan untung dan rugi dalam melakukan berbagai kegiatan ekonomi.
  • Bertindak rasional yaitu dengan memprioritaskan kebutuhan yang paling penting lebih dahulu.
  • Membuat suatu metode perencanaan yang baik tentang pengeluaran untuk kebutuhan.
  • Memiliki berbagai macam prinsip bahwa pengeluaran biaya perlu disesuaikan dengan pendapatan yang dimiliki.

Prinsip ekonomi secara umum dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu mengacu pada pengertian prinsip ekonominya. Tiga jenis prinsip ekonomi secara umum meliputi :

Prinsip produsen

Prinsip produsen merupakan sebuah prinsip ekonomi yang seringkali dipakai untuk menentukan bahan baku, peralatan produksi dan juga biaya produksi dari bahan mentah menjadi bahan jadi. Prinsip produsen dalam ekonomi merupakan sebuah prinsip untuk menghasilkan produk yang berkualitas dan berusaha menekan biaya serendah mungkin.

Prinsip penjual

Prinsip penjual dalam prinsip ekonomi sering digunakan untuk menjalankan berbagai jenis usaha niaga supaya mampu memenuhi semua kebutuhan konsumen. Prinsip ini sering terfokus pada kegiatan iklan atau langkah promosi, pemberian insentif dan hadiah serta berbagai kegiatan pemasaran lainnya untuk mendapatkan lebih banyak lagi pelanggan. Tentu semakin banyak pelanggan maka potensi keuntungannya akan semakin lebih besar.

Prinsip pembeli

Prinsip pembeli merupakan jenis prinsip ekonomi yang sering dipakai untuk mendapatkan suatu produk baik berupa barang atau jasa. Dalam prinsip ini diharapkan seorang pembeli bisa mendapatkan sebuah produk yang memiliki kualitas tinggi dengan harga yang serendah mungkin.

Artikel terkait :

Kata Kata Orang Sukses

Motif Ekonomi

Motif Ekonomi
Via Canva

Tentu sebuah tindak memiliki tujuan atau sesuai yang ingin didapatkan. Berikut ini kumpulan motif ekonomi yang sering kali menjadi acuan.

Mendapatkan margin atau keuntungan

Motif ekonomi yang pertama diharapkan adalah untuk mendapatkan margin atau keuntungan. Motif ini yaitu mendorong seseorang untuk melakukan suatu tindakan ekonomi agar mendapatkan laba atau keuntungan.

Caranya adalah dengan melakukan tindakan penjualan. Seperti seorang pengusaha atau seorang pedagang. Mereka melakukan berbagai macam tindakan ekonomi karena mereka memiliki motif untuk mendapatkan keuntungan semaksimal mungkin.

Motif pemenuhan kebutuhan

Motif pemenuhan kebutuhan yaitu merupakan sebuah tindakan ekonomi yang dilakukan seseorang didorong oleh keinginan memenuhi suatu kebutuhan. Dalam mempertahankan kelangsungan hidupnya setiap orang memiliki suatu kebutuhan baik yang berupa barang atau jasa yang harus dipenuhi.

Suatu kebutuhan biasanya baik yang berupa barang atau yang berupa jasa wajib dipenuhi. Suatu kebutuhan tersebut sifatnya tidak terbatas, sementara pada alat pemuasnya bersifat terbatas. Karenanya setiap orang wajib memiliki suatu perhitungan yang secermat dan sematang mungkin untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan.

Motif mendapatkan penghargaan

Motif mendapatkan penghargaan dalam prinsip ekonomi merupakan suatu tindakan seseorang yang didorong untuk mendapatkan suatu penghargaan. Penghargaan yang diberikan oleh orang lain juga akan memberikan sebuah rasa puas tersendiri bagi setiap pelaku kegiatan ekonomi.

Penghargaan yang dimaksud tersebut tidak sekedar juga untuk mendapatkan piagam atau pujian. Melainkan juga diharapkan untuk mendapatkan sebuah status sosial yang lebih tinggi dibandingkan lingkungan masyarakat yang ada di sekitarnya.

Motif mendapatkan kekuasaan

Motif mendapatkan kekuasaan merupakan tindakan dalam kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia yang sudah makmur akan tetapi masih melakukan tindakan ekonomi dengan dorongan untuk mendapatkan kekuasaan dari berbagai kegiatan usaha yang dilakukan. Motif ini dilatarbelakangi juga dengan kecenderungan untuk mencapai derajad kepuasan yang diinginkan.

Jika suatu kebutuhan sudah dipenuhi dengan baik, kemudian akan muncul kebutuhan yang lain. Hal ini yang juga turut berlaku dalam hal kekuasaan. Manusia akan berusaha terus menerus meningkatkan kekuasaannya dalam segala bidang termasuk dalam bidang ekonomi.

Motif sosial

Motif sosial dalam ekonomi termasuk ke dalam motif yang sangat mulia. Kegiatan yang dilakukan dari motif sosial tidak bersifat pamrih. Dalam menjalankan motif sosial ini segala macam tindakan ekonomi yang dilakukan dengan tujuan untuk membantu meringankan beban yang sedang diderita oleh orang lain.

Motif ini dilakukan mengingat sebagai seorang manusia harus membantu manusia yang lain yang lebih membutuhkan. Biasanya pengusaha yang dermawan menjalankan motif ini setelah keuntungan yang ditargetkan sudah tercapai.

Demikian informasi selengkapnya untuk Anda tentang pengertian ekonomi menurut para ahli, prinsip dan motifnya. Semoga menambah wawasan dan cakrawala kita semua tentang dunia ekonomi. Selamat belajar!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Loading...