fbpx

Pengertian Musik dan Fungsi Musik Bagi Kehidupan Manusia

Howieandbelle – Sebelum ada istilah musik, sebenarnya belum ada penamaan untuk suara – suara indah yang membentuk alunan. Kemudian, setelahnya baru dikenal istilah musik yang berawal dari bahasa Yunani yaitu mousikos. Lantas seperti apa sebenarnya pengertian musik itu sendiri?

Sebutan mousikos dari bahasa Yunani awal mulanya diambil dari salah satu nama dewa Yunani yang disimbolkan sebagai suatu dewa keindahan yang menguasai bidang keilmuan dan bidang seni. Kemudian selanjutnya dikenal dengan istilah “music” dari bahasa Inggris yang kemudian diserap dengan kata “musik” dalam bahasa Indonesia. Para ahli sendiri memiliki istilah atau penafsiran tentang musik, informasi selengkapnya dapat Anda simak berikut ini!

Pengertian Musik Menurut Para Ahli

Pengertian musik
Via Canva

Ulasan yang pertama adalah pengertian musik menurut para ahli, KBBI, dan lainnya. Selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini.

Pengertian musik menurut KBBI

Pengertian musik menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) bisa didefinisikan sebagai suatu ilmu yang menyusun suara atau nada dalam urutan, kombinasi dan memiliki hubungan secara temporal untuk menghasilkan suara yang berkesinambungan dan memiliki satu kesatuan utuh.

Pengertian musik menurut Wikipedia

Pengertian musik menurut Wikipedia bahwa musik merupakan suatu nada atau suara yang memang disusun sedemikian rupa sehingga dapat mengandung unsur irama yang indah dan memiliki keharmonisan utamanya untuk suara yang dihasilkan atau diciptakan dari alat – alat yang memang bisa menghasilkan suatu ritme dan irama indah.

Pengertian musik menurut Jamalus

Pengertian musik menurut Jamalus merupakan suatu hasil karya seni yang berupa suara atau bunyi yang berkesinambungan didalam komposisi lagu yang mengatakan pikiran atau perasaan sang pencipta. Dikatakan musik jika memiliki unsur irama, harmoni, melodi dan bentuk – bentuk struktur lagu dan sebuah ekspresi sebagai satu kesatuan utuh.

Jadi intinya, secara umum pengertian musik adalah gabungan antara unsur irama, harmoni dan melodi yang membentuk alunan suara indah dan mengisahkan suatu hal atau bisa jadi menceritakan tentang perasaan penciptanya.

Selanjutnya :

Bisnis dalam dunia musik

Fungsi Musik

Fungsi musik
Via Canva

Sesuatu hal yang diciptakan di dunia ini tentu bukan tanpa maksud. Sama halnya dengan suatu musik diciptakan juga pastinya dengan maksud – maksud tertentu. Adapun fungsi musik meliputi beberapa aspek berikut ini yaitu :

Sebagai sarana mengekspresikan diri

Musik tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan bakat yang dimiliki oleh seseorang karena musik juga menjadi sebuah sarana untuk mengekspresikan diri secara mudah. Mengeluarkan perasaan melewati musik untuk mereka yang hobi bermusik merupakan cara terbaik untuk menyalurkan rasa kepada orang yang mendengarkannya tanpa perlu mengeluh atau berkeluh kesah.

Seseorang tak akan menganggap bahwa orang yang menciptakan musik atau menyanyikan lagu diiringi musik sedang berkeluh kesah karena itu musik merupakan cara yang tepat untuk menyatakan rasa sekaligus menjadi tempat terbaik mengekspresikan diri bagi yang berbakat.

Musik menjadi alat penghibur terbaik

Musik juga bisa sangat efektif untuk menghibur seseorang. Selama musik memang dianggap sebagai hal yang indah sudah bisa dipastikan bahwa musik dapat menghibur diri kita atau juga orang lain. Bahkan seseorang juga sangat perlu adanya musik dengan tujuan untuk menghibur diri ketika sedang dilanda rasa bosan, sedih, galau atau berbagai persoalan yang lain karena sifatnya yang menghibur dan menenangkan.

Lebih dari fungsinya untuk menghibur, musik juga bisa membuat lalai manusia dari kehidupan dan kebiasaan sehari – harinya. Misalkan dengan mendengarkan musik, manusia lupa menjalankan tugas karena keasyikan atau yang lainnya. Karena itu Anda yang cinta dengan musik, cinta dengan music boleh asalkan jangan sampai lalai dengan kewajiban dimana hal tersebut sebenarnya sangat merugikan diri Anda sendiri.

Musik sebagai sarana komersial

Bagi para seniman musik atau yang disebut dengan musisi, musik merupakan salah satu sumber pendapatan. Mereka bisa merekam hasil musik yang merupakan karya mereka didalam pita kaset atau CD. Kemudian setelahnya mereka akan menjualnya ke pasaran.

Dari hasil penjualan mereka akan mendapatkan penghasilan untuk bisa digunakan memenuhi kebutuhan harian mereka. Selain dalam bentuk CD atau pita kaset, para musisi sekarang bisa melakukan pertunjukan di depan masyarakat pecinta music secara luas dan dapat bayaran atas hal itu. Bisa juga mendapat penghasilan karena musiknya dijadikan opening film atau dinyanyikan penyanyi lain dan sebagainya.

Musik sebagai sarana tari

Musik akan selalu cocok jika dihubungkan dengan tarian. Antara musik dan tarian, keduanya saling berkaitan dan berhubungan. Hal ini karena terdapatnya kemiripan pola dan ritme satu sama lain. Suatu tarian tanpa diiringi music akan terasa hampa untuk sang penari.

Sang penari akan melakukan gerakan tari sesuai dengan tempo dan ritme musik demi menghasilkan suatu tarian yang nyaman dilihat dan bagus. Musik tradisional bisa mengiringi tari tradisional, sementara musik modern bisa mengiringi tarian modern.

Musik sebagai bagian dari sarana pendidikan

Sebagai media pendidikan, musik juga bisa digunakan dalam proses belajar mengajar di sekolah. Musik juga digunakan untuk menciptakan rasa cinta kepada tanah air untuk para siswa melalui lagu perjuangan.

Tak hanya itu, banyak juga lagu daerah yang bisa digunakan untuk media pendidikan siswa demi menumbuhkan rasa toleransi dan saling menghargai antara sesama suku, agama, ras dan budaya yang berbeda dan sangat kaya. Dalam dunia pendidikan, musik juga bisa digunakan sebagai sarana untuk mengembangkan bakat siswa.

Musik dapat membentuk kepribadian yang baik untuk masing – masing individu. Seperti halnya yang telah diungkapkan oleh Drs. Moh. Hatta bahwa musik merupakan elemen yang mampu menambahkan perasaan halu dan budi halus didalam jiwa manusia.

Musik sebagai sarana komunikasi

Di beberapa tempat yang ada di Indonesia, suara – suara instrument tertentu memiliki arti tertentu untuk anggota masyarakat suatu kelompok atau daerah. Suara yang menghasilkan pola ritme menandai jika ada suatu kejadian yang harus diinformasikan kepada masyarakat yang lain.

Seperti halnya suara yang didapatkan dari pukulan bedug menandakan waktu sholat tiba atau suara yang didapatkan dari kentongan menandakan ada suasana genting atau ada maling pada daerah tertentu. Ini menjadi bukti bahwa musik dapat menjadi sarana komunikasi.

Selain itu, musik juga dapat menjadi salah satu sarana menunjukkan bakat dan kreativitas seseorang yang berpotensi di bidangnya. Jadi, musik punya banyak manfaat dan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin agar semakin memberikan dampak positif bagi kehidupan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.