Prinsip Dasar Desain Arsitektur Rumah yang Wajib Anda Ketahui

Prinsip Dasar Desain Arsitektur Rumah – Bagi Anda yang tertarik dengan desain arsitektur sebuah rumah entah itu jika Anda ingin mendekorasi ulang rumah atau merenovasi rumah Anda tentu prinsip dasar desain arsitektur perlu Anda pelajari.

Disini kita akan memberikan informasi selengkapnya untuk Anda mengenai prinsip dasar dari desain arsitektur sebuah rumah.

Ada beberapa prinsip dasar dari desain arsitektur sebuah rumah yang Anda perlu tahu. Dengan memahami prinsip – prinsip dasar tersebut tentu Anda akan jauh lebih mudah dalam menentukan dan memilih desain arsitektur rumah yang tepat walau pada akhirnya Anda akan dibantu oleh seorang arsitektur profesional.

Berikut selengkapnya informasi tentang prinsip dasar desain arsitektur rumah yang Anda perlu tahu!

Prinsip Dasar Desain Arsitektur Rumah

Prinsip Dasar Desain Arsitektur Rumah

Berikut ini ulasan mengenai prinsip dasar desain arsitektur rumah kekinian. Jangan lupa baca Meja Bar Minimalis untuk tambahan desain arsitektur rumahmu.

Proporsi dalam prinsip dasar desain arsitektur rumah

Salah satu prinsip dasar dalam desain arsitektur rumah adalah proporsi. Proporsi ini merupakan suatu tingkat kesesuaian dimensi dari elemen arsitektur dengan lingkungan sekitar dan juga terdapatnya fungsi dan aspek arsitektural lainnya seperti halnya lokasi, posisi serta sekaligus dimensi objek yang lainnya. Hal ini tentu berlaku pada semua kelengkapan dalam desain arsitektur sebuah rumah. Prinsip dasar dari desain ini akan lebih mudah diterapkan karena Anda juga turut bisa mengikuti standar umum yang memang telah ditetapkan sehingga turut dapat meminimalisir terjadinya proporsi yang tidak estetis pada arsitektur rumah idaman Anda.

Irama dalam prinsip dasar desain arsitektur rumah

Dalam prinsip dasar desain arsitektur sebuah rumah, irama memang sangat penting. Irama disini berupa penataan dari sebuah elemen yang harmonis dan sangat bervariasi mulai dari bentuk, warna sampai perabot dan dekorasi suatu ruangan. Prinsip irama dalam desain arsitektur sendiri terbagi ke dalam dua jenis irama. Yang pertama adalah suatu irama statis dimana dalam desain arsitektur, irama statis merupakan suatu metode pengulangan dengan pola yang sama dan selalu konsisten.

Kemudian prinsip selanjutnya adalah irama dinamis dimana faktor penentu pengulangan irama ini bisa lebih bervariasi dengan berbagai aspek. Dalam desain arsitektur contoh aplikasi prinsip irama dinamis adalah pola warna yang diselang seling secara teratur dan konsisten. Keduanya baik antara irama statis dan irama dinamis perlu seimbang untuk menciptakan sisi desain yang sempurna pada sebuah rumah.

Artiket Selanjutnya : Kumulan Caption Instagram Romantis

Komposisi dalam prinsip dasar desain arsitektur

Komposisi atau yang juga dikenal dengan istilah sequence dalam desain arsitektur rumah merupakan suatu penataan elemen secara menyeluruh agar alur menjadi jauh lebih nyaman. Contoh dalam penerapan komposisi pada desain arsitektur yang paling mudah untuk dipahami yaitu penataan denah komposisi ruang seperti halnya ketika sedang menata desain interior ruang tamu. Dalam desain arsitektur sendiri, setiap rumah pada umumnya terbagi atas tiga fungsi zona. Tiga fungsi zona tersebut yaitu public, service dan private yang pada masing – masingnya memiliki fungsi dan kegunaan sendiri – sendiri pada sebuah rumah.

Keseimbangan dalam prinsip dasar desain arsitektur rumah

Prinsip keseimbangan sendiri dalam desain arsitektur rumah adalah sisi keseimbangan yang bersifat simetris. Prinsip keseimbangan ini sangat menentukan komposisi keseimbangan yang simetris dan sangat mudah diterapkan. Anda cukup perlu mengimajinasikan garis pada bagian tengah suatu objek arsitektur dan apakah kedua sisi memiliki visual yang serupa atau seperti suatu reflektif. Hal ini juga dapat berlaku pada penataan perabot dan furniture, dekorasi dinding, fasad serta penataan denah bangunan rumah.

Itulah berbagai prinsip dasar desain arsitektur yang wajib Anda tahu. Semoga informasi diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan menginspirasi Anda.

 

Tinggalkan komentar