Investasi

Pengalaman Buka Rekening Nyala Secara Online : Review ONe Mobile

Pinterest LinkedIn Tumblr

NYALA merupakan produk layanan bank digital yang dibuat oleh Bank OCBC NISP.  Segmentasi dari produk ini adalah anak muda dengan tagline #TAYTB yang merupakan singkatan dari “Tidak Ada Yang Tidak Bisa”. Kampanye ini mengajak kaum muda untuk terus mengejar cita – cita melalui tata kelola keuangan yang cerdas.

Kamu bisa buka tabungan dari Bank OCBC NISP secara online! Cukup download aplikasi mobile banking yang bernama “ONe Mobile” melalui playstore / applestore. Bahkan kamu akan mendapatkan bonus saldo sebesar Rp 100.000 bagi nasabah baru. Jangan lupa masukan kode NYALA250 saat mendaftar dan isi rekening minimal Rp 1 juta dan dapatkan saldo bonus Rp 100.000,-.

Aplikasi ONe Mobile memiliki banyak fitur, mulai dari buka rekening online, jual – beli mata uang asing dan investasi reksadana. Saya telah mencoba layanan online dari ONe Mobile sejak 8 Juni 2020 dan puas dengan performa mobile banking-nya. 

Apa itu Layanan NYALA Digital?

Banyak orang bingung terhadap istilah yang digunakan oleh Bank OCBC NISP dalam mendeskripsikan layanannya. Kebingungan pertama, apa Nyala adalah jenis tabungan?

Jawabannya adalah Bukan. Terdapat 3 paket layanan yang ditawarkan oleh OCBC NISP, yaitu Nyala Digital, Nyala Individu dan Nyala Bisnis. Kamu yang melakukan pembukaan rekening secara online menggunakan aplikasi ONe Mobile akan memperoleh rekening tabungan Tanda360Plus-Digital. 

Selain memperoleh rekening tabungan Tanda360Plus-Digital, nasabah juga berhak menggunakan layanan Wealth Management untuk jual-beli mata uang asing dan berinvestasi reksadana. Selain itu, kamu juga dapat melakukan pembukaan deposito secara online. 

Pilihan Kartu ATM

Nyala Digital menawarkan tiga jenis kartu ATM (kartu debit) yang dapat kamu pilih melalui aplikasi, yaitu : 1) kartu debit fisik Mastercard; 2) kartu debit fisik GPN; 3) kartu debit digital Mastercard. Kartu ATM dapat diantarkan oleh kurir ke alamat nasabah tanpa dipungut biaya tambahan … atau kamu juga bisa mengambil sendiri ke kantor cabang OCBC terdekat.

Fitur Terbaru ONe Mobile OCBC NISP

Semua produk dari OCBC NISP dan OCBC NISP Syariah dapat kamu temukan di aplikasi ONe Mobile. Berikut ini adalah beberapa fitur andalan dari ONe Mobile :

  1. Banyak pilihan jenis tabungan konvensional & syariah.
  2. Pengajuan pinjaman KPR & KTA secara online.
  3. Jual beli mata uang asing dengan 12 valuta pilihan dengan kurs yang kompetitif.
  4. Investasi reksadana, surat berharga negara (SBN) dan obligasi mulai dari Rp 20.000,-
  5. Buka kartu debit online untuk transaksi digital tanpa kartu kredit.
  6. Menagih uang via WA, Line, FB atau social media lainnya.
  7. Transfer gratis antar bank.
  8. Top up e-wallet untuk OVO/Gopay/ONe Wallet.

Syarat Pendaftaran ONe Mobile

Terdapat 2 produk yang dapat kamu pilih, yaitu tabungan atau bundling tabungan + kartu kredit Titanium berlogo Mastercard. Apabila kamu ingin mendaftar produk bundling, maka kamu perlu mempersiapkan e-KTP, NPWP, dan slip gaji. Namun, kamu cukup menyiapkan e-KTP untuk pembukaan rekening online.

Biaya Layanan

OCBC NISP tidak mengatur mengenai saldo mengendap sehingga kamu dapat menghabiskan seluruh tabungan … alias saldo tabungan dapat “dinolkan”. Nasabah Nyala Digital juga berhak untuk menerima gratis biaya admin, e-statement, gratis 10x transfer beda bank, dan gratis 10x tarik tunai melalui ATM bank manapun. Syaratnya adalah nasabah wajib memiliki saldo gabungan di atas Rp 1 juta.

Apabila nasabah memiliki saldo gabungan di bawah Rp 1 juta, maka dibebankan biaya admin bulan sebesar Rp 20ribu. Saya pernah menguji kebijakan ini dengan menyisakan saldo sebesar Rp 8.127,- selama 7 bulan. Hasilnya : saldo saya dipotong sebesar Rp 20.000 x 7 = Rp 140.000,-. 

Pelajaran : Jagalah saldo tabungan > Rp 1 juta agar tidak terkena biaya admin

Kelebihan & Kekurangan ONe Mobile

 ONe Mobile telah didownload lebih dari 1 juta kali di play store. Rerata pengguna memberikan rating 3,6 dari 5 bintang. Di App store, ONe Mobile mendapatkan rating 3,7 dari 1.200 rating.

Banyak dari pengguna yang memuji kelengkapan dari fitur ONe Mobile dan kemudahaan pembukaan rekening tabungan secara online serta sistem keamanan yang mumpuni. Namun di sisi lain, tidak sedikit pengguna yang mengalami kendala ketika upgrade ke versi terbaru karena banyak HP lawas yang tidak compatible.

Saya menemukan bahwa ONe Mobile mencoba menghadirkan seluruh layanan perbankan untuk memanjakan nasabahnya. Saya telah menabung, menyimpan mata uang asing, serta berinvestasi reksadana menggunakan ONe Mobile. Bahkan kamu bisa reset user ID dan password melalui call center … yang mana tidak saya temukan di bank – bank lain. 

Kesimpulan

Aplikasi ONe Mobile memiliki banyak terobosan dalam produk perbankan digital. Jadi sangat bersaing dengan Jenius by BTPN dan Digibank by DBS. Semoga OCBC NISP terus menjaga dan meningkatkan performanya.

 

Write A Comment

ten − 10 =

Pin It