6 Tips SEO dari Tim Google – Optimalkan Peringkat Situs Anda Sekarang!

Hai sobat Howie yang berprofesi sebagai sesama blogger, bagaimana kinerja dari website Anda saat ini? Apakah Anda telah berhasil mendapatkan manfaat maksimal dari situs yang Anda miliki? Apabila belum, mungkin Anda ingin mencoba tips SEO dari tim Google untuk meningkatkan jumlah pengunjung website Anda.

Jumlah pengunjung yang masuk menjadi salah satu faktor penentu kesuksesan website Anda. Agar lebih banyak pengunjung yang datang, pastikan situs Anda berada di halaman pertama dari mesin pencari. Teknik SEO atau Search Engine Optimatization adalah salah satu cara untuk memastikan situs Anda disukai oleh mesin pencari. Dengan begitu jumlah pengunjung organik dari website Anda akan semakin meningkat.

Berdasarkan laporan dari seotribunal.com, Google mempunyai market share sebesar 90,46% dari mesin pencari di seluruh dunia. Hal ini nampaknya sudah jelas dari banyaknya permintaan pencarian yang dilakukan oleh Google, yaitu 63.000 setiap detiknya … WOW! Hal ini menjadikan Google sebagai mesin pencari paling popular dan tidak heran donk kalau semua orang berlomba – lomba untuk menjadi peringkat satu di Google Search.

Baca juga : 5 Alasan Untuk Kamu Yang Mau Menjadi Content Creator Sukses!

Anda pun dapat menampilkan situs milik Anda di mesin pencari dengan menggunakan tips SEO yang akan Howie berikan. Yuk simak 6 tips seo dari tim Google berikut :

6 Tips SEO

#1 : Konten Berkualitas

tips seo terbaru - konten berkualitas

Ada pepatah dalam dunia SEO yang bilang bahwa : “Content is The King …“. Howie merasa bahwa pernyataan ini benar. Nah, masalahnya adalah … yang namanya raja itu ada yang baik, tetapi ada juga yang jahat. Dan Howie rasa kita sepakat bahwa semua orang menyukai raja yang baik.

Begitu juga dengan SEO, kita perlu memastikan bahwa raja konten yang kita buat adalah yang terbaik dari apa yang bisa kita berikan. Hal itu tentunya tercermin dari kualitas konten itu sendiri. Kalau merasa belum baik, selalu tingkatkan kualitas konten sehingga disukai oleh pengunjung.

Pengguna pastinya menggunakan layanan Google Search untuk mencari konten yang berkualitas, bukan konten yang duplikat dan ecek – ecek.

Kenapa konten duplikat tidak akan mendapatkan peringkat yang baik? Coba Anda bayangkan apabila Anda adalah pengguna Google Search dan mengetik kata kunci : “tips blogging”. Ternyata informasi yang dimuat pada top 10 situs di halaman pertama Google semuanya sama … zonk kan.

Masa Google mau mempertaruhkan kenyamanan pelanggan? Oleh karena itu, algoritma Google selalu berusaha untuk memberikan informasi yang lengkap dengan memberikan variasi informasi dan tidak menunjukkan konten yang duplikat.

Selain itu, Anda perlu menyadari bahwa memiliki konten tidak serta merta membuat situs Anda tampil di halaman pertama Google. Apalagi kalau situs Anda masih belum mempunyai konten sama sekali … Kalau tidak ada halaman konten -> tidak ada situs -> tidak ada halaman url -> situs Anda tidak memiliki apa – apa. Jadi sebenarnya, Anda mau jadi content creator ga sih?

Pertanyaan penting yang dapat membantu Anda dalam menulis konten :

  1. Apakah konten dibuat untuk pembaca atau untuk Google?
  2. Apakah penulis ahli dan memberikan perspektif yang unik?
  3. Apakah konten menyertakan daftar pustaka?
  4. Apakah konten dibuat secara otomatis?
  5. Apakah kualitas dan gaya penulisan unik, menarik, dan berharga?

Baca juga : 5 Alasan Untuk Kamu Yang Mau Menjadi Content Creator Sukses!

#2 : Search Friendly

strategi seo terbaru - search friendly

Google Search perlu memahami konten yang Anda buat sebelum menunjukkannya kepada pengguna.

Anda perlu memberikan izin kepada Google untuk mengindeks situs yang telah kita buat. Hal ini perlu diperhatikan. Jangan sampai tanpa sengaja kita memblog crawling dari google. Boro – boro bisa page one. Masuk Google Search aja pastinya ga mungkin.

Beruntungnya kita karena Google telah membuatkan alat untuk membantu kita yang bernama Google Search Console. Gunakan Google Search Console untuk memantau dan mempertahankan keberadaan situs di hasil pencarian Google Search. Salah satu cara untuk memberikan informasi yang lengkap kepada Google adalah dengan memanfaatkan meta data. Kita perlu membuat judul dan cuplikan yang baik. Selain itu, Anda juga perlu membantu Google untuk memahami gambar dan media lain.

1 - memanfaatkan meta data untuk SEO

Pustaka : g.co/webmasterid/seog.co/webmasterid/pedoman untuk melihat pedoman gambar.

#3 : Mobile Friendly

trik seo terbaru - mobile friendly

Dari tahun 2019, pengguna yang mengakses internet dari perangkat seluler lebih banyak dari desktop. Jadi dunia nampaknya sudah ada di genggaman tangan Anda dan saya.

Nah, dunia kita sudah mobile … dan google bot juga mengindeks versi mobile secara default sejak bulan Juli 2019. Fakta ini secara tidak langsung memberikan informasi kepada kita bahwa secara otomatis Google mengindeks 2 versi dari situs kita : versi standard dan versi mobile. Saat ini Google telah menerapkan teknologi Mobile First Indexing. Oleh karena itu, pastikan halaman situs kalian mobile friendly dan menggunakan amp (mungkin)…

Sebelum Mobile First Indexing :

2 - mobile first indexing - mobile vs dekstop - dulu

Sesudah Mobile First Indexing :

2 - mobile first indexing - mobile vs dekstop - sekarang

Untuk memastikan apakah situs Anda sudah siap untuk ikut serta dalam Mobile First Indexing, Anda dapat menggunakan Mobile Friendly Test. Apabila memiliki skor yang baik, tinggal tunggu notifikasi aja di Google Search Console kalian untuk mengecek apakah situs milikmu sudah dipindah ke system Mobile First Indexing atau masih di system Dekstop First Indexing. Rekomendasi kami adalah menggunakan responsive design. Dengan menggunakan theme yang memiliki responsive design, Anda hanya perlu maintain satu url untuk sebuah halaman situs. Ini juga direkomendasikan oleh Google loh.

Untuk Anda yang menjadi blogging sebagai sumber mata pencaharian. Apakah Anda sudah siap? Berikut adalah list yang perlu anda jaga

  1. Konten yang berkualitas.
  2. Tautan internal dan eksternal yang baik.
  3. Memiliki gambar yang menarik dan tersedia caption.
  4. Data terstruktur dan anotasinya (AMP, hreflang, dsb).
  5. Kapasitas server (untuk situs m-dot).

Pustaka : g.co/webmasterid/mobile

Hosting Unlimited Indonesia

#4 : Cepat

tips seo terbaru - cepat

Nah ini dia salah satu tips seo paling penting versi Howie. Pengguna tidak menyukai situs yang lambat. Semua orang menyukai situs yang cepat. Begitu dipencet, semua informasi yang diperlukan langsung keluar. wuzz … wuzz … pengennya sih begitu.

Berkaitan juga dengan tips seo nomor 3, banyak orang yang merekomendasikan design / theme / plugin AMP. AMP adalah sebuah template atau theme untuk memastikan sebuah situs itu cepat. Google sendiri telah membuat plugin official yang bernama AMP. Mantul kan ?!

Kenapa kita ngobrol tentang kecepatan? Berdasarkan data dari tim Google, 53% pengguna akan keluar dari sebuah situs yang memerlukan waktu lebih dari 3 detik untuk dimuat. Bahkan dikabarkan sejak bulan Juli 2019, kecepatan situs telah menjadi faktor rangking sebuah situs di Google Search.

Untuk mengetest apakah situs kamu sudah cepat atau belum, kamu dapat menggunakan PageSpeed Insight.

Cara mengoptimalkan kecepatan situs :

  1. Memprioritaskan konten yang visible
  2. Optimalkan gambar
  3. Hapuskan render blocking JavaScript dan CSS
  4. Minify Resources
  5. Aktifkan Kompresi
  6. Memperbaiki Response Time

Pustaka : g.co/webmasterid/speed

#5 : Aman

teknik seo terbaru - aman

Pengguna tidak ingin ada masalah privasi dan keamanan. Misalkan saya mengakses situs A, ternyata setelah saya mengakses situs tersebut … banyak sekali push notification yang tidak saya inginkan. Alhasil saya kapok untuk mengunjungi situs A tersebut.

Coba kita liat contoh berikut …

keamanan situs wajib dijaga

Keduanya adalah surat dalam bentuk lampau. Nah pada gambar sebelah kiri, surat itu sangat terbuka dan tidak privasi sama sekali bukan? Sedangkan surat yang ada di sebelah kanan, isinya tidak bisa dibaca oleh sembarang orang.  Itulah perbandingan http vs https. Pastikan situs teman – teman telah menggunakan https untuk menjamin keamanan dan privasi dari pengunjung. Apalagi https telah diperhitungkan sebagai faktor rangking di halaman pencarian di Google Search.

Bagi Anda yang menggunakan CMS WordPress, Anda juga bisa menggunakan plugin Let’s Encrypt untuk memastikan situs Anda telah menggunakan https. Plugin ini dapat digunakan secara otomatis dan yang paling penting … gratis!

Pustaka : g.co/whyhttps

#6 : Terstruktur

tips seo terbaru - terstruktur

Hasil penelusuran untuk pengguna menjadi lebih berguna apabila Google dapat memahami isi konten yang Anda buat. Nah, data terstruktur memungkinkan Google Search untuk menampilkan hasil yang lebih baik daripada sekedar iklan baris belaka. Oleh karena itu pastikan kita menggunakan beberapa tipe konten berikut : artikel, buku, courses, events, products, recipes, local business, job postings, dan lain – lain. Saat ini, tim Google sedang mengembangkan data terstruktur untuk konten – konten yang berisi “how to …” dan “f.a.q.”

Pustaka : g.co/structureddata

Baca juga : 15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal [Info Lengkap]

Semua ini tentu ditujukan untuk mengoptimalkan pengalaman pengunjung situs dan pengguna Google Search. Itu adalah overview untuk mengoptimalkan situs di Google Search. Semoga perjalanan karir Anda baik ya. Salam Sukses!

***   ***   ***

Catatan : jangan lupa gabung forum google di g.co/webmasterid/forum ya.

7 thoughts on “6 Tips SEO dari Tim Google – Optimalkan Peringkat Situs Anda Sekarang!”

  1. SEO blog dan SEO vlog memang agak beda ya, tapi untuk poin no 1 vlog dan blog sami mawon. semakin berkualitas kontennya, semakin banyak yg datang/traffic dan nanti akan semakin direkomendasikan oleh google (kalo blog) /youtube (kalo vlog)

  2. saya lagi gundah gulana ini, trafik turun. beberapa pilar post turun peringkat di google search. memang saya melakukan pengeditan di banyak artikel agar lebih sesuai dengan infor terbaru.

    tapi saya yakin, lambat laun pasti akan naik lagi.

    bener sih, kalau dulu perangkat pc itu utama, tapi sekarang mobile yang utama. visiotr saya sendiri juga 80% dari mobile

    • betul Gan,
      kita perlu sabar kalau jadi content creator. sepertinya sih ga ada hasil instant. semoga blognya tetap terdepan. hehe

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.