Lifestyle

Cara Membuat Pasta Carbonara

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara Membuat Pasta Carbonara – Hai Sobat Howie! Di beberapa artikel sebelumnya, Howie and Belle sempat membahas tentang pasta dengan saus bolognese dan aglio e olio. Sekarang Howie and Belle akan membahas salah satu saus pasta yang tidak kalah populer, yaitu carbonara.

 

Walaupun populer, namun banyak orang di Indonesia masih salah kaprah mengenai saus pasta yang satu ini. Buktinya, Sobat Howie mungkin pernah dianjurkan untuk memasak pasta carbonara dengan menggunakan tepung dan cooking cream, padahal resep asli pasta carbonara sama sekali tidak menggunakan tepung maupun cooking cream. Sebagian dari Sobat Howie juga mungkin pernah memesan pasta carbonara di restoran, namun yang disajikan di depan Sobat Howie malah pasta alfredo.

 

Baca juga: Cara Membuat Fusili Bolognese di Rumah

 

Memang agak sulit membedakan saus pasta carbonara dengan alfredo karena tampilannya yang mirip dan rasanya yang sama-sama creamy. Padahal resep dan bahan dari kedua saus pasta ini sangat berbeda.Tekstur creamy dari pasta alfredo didapat dari larutan mentega dan keju yang dilelehkan. Sedangkan bahan utama yang membuat pasta carbonara menjadi creamy adalah kuning telur yang diaduk bersama keju dengan tekstur agak keras seperti pecorino atau permigiano. Untuk lebih jelasnya, di artikel ini Howie and Belle akan memberikan cara membuat pasta carbonara khusus untuk Sobat Howie.

 

Tutorial cara membuat pasta carbonara juga bisa dilihat di channel youtube “Easy Cooking with Azaria” oleh Azaria Indrastuti yang menyajikan video tutorial memasak yang mudah diikuti untuk para pemula. Sobat Howie yang baru mulai belajar memasak bisa subscribe channel ini untuk referensi resep masakan.

 

Cara Membuat Pasta Carbonara

Siapkan Alat dan Bahan

Cara Membuat Pasta Carbonara

Seperti yang Howie and Belle tuliskan di awal artikel, resep asli pasta carbonara hanya menggunakan pasta, kuning telur, keju, dan daging. Tapi, untuk menyesuaikan dengan lidah Indonesia, Howie and Belle akan menambahkan bawang bombay dan bawang putih. Selain itu, supaya rasanya sedikit lebih creamy, Howie and Belle menggunakan susu full cream. Sobat Howie juga bebas berkreasi dengan berbagai bahan yang Sobat Howie inginkan.

 

Baca juga: Cara Membuat Pasta Aglio e Olio

 

Untuk membuat 3 porsi pasta carbonara, Sobat Howie perlu menyiapkan 150 gram pasta (biasanya saus carbonara disajikan bersama pasta fettucini, tapi Howie and Belle akan menggunakan penne), satu sendok teh garam, satu sendok teh gula, 4 lembar smoked beef (bisa juga menggunakan beacon atau menggunakan sosis sapi yang diiris tipis memanjang), satu sendok makan parutan keju mozarella, 250 ml susu full cream, 200 ml air, 50 gram keju cheddar (berhubung keju permigiano dan pecorino agak sulit dicari),  setengah sendok teh lada putih, 3 sendok makan minyak zaitun (olive oil), 3 kuning telur, 2 siung bawang putih yang dicincang, setengah bawang bombay yang diiris kecil-kecil, dan satu sendok teh bubuk oregano kering. Untuk alatnya, Sobat Howie bisa menggunakan wajan atau panci.

 

Membuat Condiment

Cara Membuat Pasta Carbonara

Hal pertama yang akan kita lakukan adalah menuangkan minyak zaitun ke atas wajan dan menambahkan smoked beef yang dipotong kecil-kecil. Tunggu hingga setengah matang, lalu masukan irisan bawang bombay dan bawang putih. Tumis hingga harum, lalu matikan api.

Membuat Saus Carbonara

Cara Membuat Pasta Carbonara

Pisahkan 3 kuning telur dari putih telur, masukan ke dalam mangkuk. Tambahkan sedikit garam, setengah sendok teh lada, dan keju cheddar, lalu aduk rata. Campurkan condiment yang sudah kita buat beserta kelebihan minyaknya, dan aduk lagi. Kemudian, kita rebus pastanya.

 

Baca juga: Cara Membuat Pudding Zebra

Merebus Pasta

Cara Membuat Pasta Carbonara

Tuangkan 200 ml air dan 250 ml susu full cream, nyalakan api, dan masukan pasta. Pastikan semua bagian pasta terendam oleh campuran air dan susu. Tunggu kira-kira 10 menit hingga pasta menjadi al dente. Sobat Howie bisa memastikannya dengan menggigit pasta tersebut. Jika sudah lembut namun tidak lengket di gigi, artinya pasta sudah cukup al dente. Setelah itu, matikan api.

Mencampurkan Pasta Dengan Saus Carbonara

Cara Membuat Pasta Carbonara

Setelah pasta selesai direbus, tuangkan saus diatas pasta, aduk rata. Api kompor tidak perlu dinyalakan lagi karena suhu wajan dan pasta sudah agak panas untuk membuat telur pada sausnya agak matang. Kalau apinya dinyalakan, kuning telur di sausnya malah akan menggumpal. Sisa susu dan air juga tidak perlu ditiriskan, agar sausnya tidak menjadi terlalu padat. Setelah itu, tuangkan ke piring dan tambahkan parutan keju mozzarella dan oregano kering sesuai selera. Pasta carbonara siap disantap.

 

Sobat Howie, itu tadi cara membuat pasta carbonara ala Howie and Belle. Silakan dicoba ya. Sobat Howie juga boleh request masakan untuk ditulis resepnya di Howie and Belle atau dibuat video tutorialnya di channel youtube Easy Cooking With Azaria” melalui kolom komentar. Sampai jumpa di artikel selanjutnya : )

 

 

 

 

Write A Comment

2 + 16 =

Pin It