8 Cara Mengelola Website Bisnis yang Baik & Benar!

Mengelola website bisa menghasilkan feedback yang bagus bagi bisnis kita, JIKALAU kita mau rajin dan telaten. Tentunya tujuan pembuatan website itu berbeda bagi masing – masing dari kita. Ada yang membuat website sebagai sarana presentasi profil perusahaan, atau sarana berbagi file, atau bahkan sebagai alat transaksi online. Sebelum berjalan lebih jauh, Anda harus mengetahui bagaimana cara mengelola website untuk tujuan bisnis tersebut.

Website bisnis pada umumnya dibuat agar kita mampu menghasilkan pundi – pundi uang dan mempertebal kantong. Selain itu, media online seperti ini dilakukan dalam rangka memperkuat kinerja pasar dari produk yang kita jual, misalnya menjual jasa perencanaan keuangan oleh ngurusduit.com. Jika websitenya tidak berjalan dengan baik maka penjualan juga akan menurun.

Selama ini masih banyak orang yang belum paham mengenai pentingnya website dalam mendukung sebuah usaha. Padahal di era yang serba digital seperti ini, website adalah hal paling penting dan mutlak.

Kenapa?

Karena setiap orang yang ingin membeli produk pasti akan selalu mencari informasi pada internet. Dan website adalah hal yang sangat dicari selain sosial media.

Baca juga : √ NEW 2019 – Caption IG Instagram Romantis Kekinian Lucu Jaman Now

Mengapa Website Penting untuk Bisnis?

01 - mengapa website penting untuk bisnis

Jika selama ini Anda masih ragu untuk membuat website, beberapa alasan dibawah ini mungkin akan membuat Anda semakin yakin untuk segera membuat website. Simak ulasannya dibawah ini.

  • Sebagai Media Mencari Pelanggan

Manfaat sebuah website untuk bisnis yang pertama adalah untuk mendapatkan pelanggan. Jika website Anda memiliki posisi yang bagus di mesin pencari seperti google.com, kemungkinan untuk mendapatkan pelanggan potensial akan semakin besar. Bahasa jaman now-nya adalah memiliki konversi yang bagus!

Apa yang Anda lakukan ketika ingin membeli barang namun tidak tahu harus membeli dimana? Jawabannya pasti menuju Google dan mengetikan sesuatu. Jika website Anda memiliki posisi yang bagus, tentu pelanggan tersebut akan lebih mudah mengetahui bisnis Anda dan akhirnya menggunakan produk Anda.

  • Untuk Menunjukkan Profesionalisme

Website juga bisa digunakan sebagai cara untuk membuat bisnis Anda semakin profesional. Pernahkah Anda diberi kartu nama? Apa yang Anda lihat dari kartu nama tersebut? Apakah Anda pernah menemukan kartu nama yang di dalamnya terdapat informasi sebuah website?

Seseorang yang mempunyai kartu nama pastilah seseorang yang profesional, apalagi kalau ternyata dia juga MEMPUNYAI WEBSITE! Tentu saja akan lebih terlihat profesional karena membuat website membutuhkan tenaga dan biaya ekstra, dan itu artinya pemilik mau menyisihkan anggarannya untuk membuat website. Hal semacam ini tidak bisa dilakukan oleh perusahaan yang memiliki anggaran tidak cukup.

  • Memudahkan Pelanggan

Tidak semua orang bisa datang ke toko atau kantor Anda, beberapa dari mereka lebih memilih untuk mencari informasi melalui website dan mengunjungi toko Anda ketika sudah tahu akan membeli apa. Ketika Anda memiliki website, berarti Anda juga membantu pelanggan untuk mengenal produk yang Anda jual lebih jauh.

Tentunya ini jauh labih penting dari pada membagikan selembaran di jalan raya yang belum tentu orang tersebut mau membacanya.

Baca juga : 3 Cara Membuat Blog Pribadi Gratis Untuk Pemula [Info Lengkap]

8 Tips & Cara Mengelola Website Bisnis yang Benar

02 - cara mengelola website

Apakah Anda mulai tertarik untuk mendapatkan pelanggan melalui website? Sebelum melakukan hal itu, Anda harus tahu bagaimana cara mengelola website yang baik dan benar.

Dan berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan untuk mengelola website bisnis Anda.

#1 : Merencanakan Konten

03 - merencanakan konten

Tujuan website bisnis pada umumnya sebagai media pengenalan dan promosi produk. Anda harus mampu melakukan perencanaan konten yang akan tampil di website, sehingga bisa meningkatkan performa pemasaran produk Anda.

Jangan sampai konten yang Anda tampilkan tidak relevan dengan produk yang dijual. Hal yang tidak konsisten seperti itu biasanya kurang diminati oleh calon konsumen karena menurunkan kredibilitas produk Anda.

Ketika menulis artikel di website bisnis, Anda tidak perlu menjadi orang lain. Gunakan teknik, struktur, dan gaya bahasa yang menjadi ciri khas produk anda.

Hal ini tentu berguna ketika banyak pembaca saat ini yang cepat jenuh ketika membaca suatu isi konten. Jika Anda kesulitan untuk membuat hal ini, Anda bisa menggunakan layanan penulis artikel, salah satunya adalah Jawarakonten.

#2 : Memperjelas Status Usaha

04 - memperjelas status usaha

Menampilkan company profile merupakan salah satu cara agar konsumen tahu status bisnis Anda. Selain company profile, kredibilitas perusahaan juga bisa diketahui dari alamat dan kontak perusahaan sehingga konsumen tidak kesulitan ketika ingin menghubungi Anda.

Kemudian tampilkan juga ulasan mengenai berbagai jenis produk yang Anda jual, sehingga konsumen memiliki pengetahuan terkait produk anda. Ulasan minimal yang Anda tampilkan adalah spesifikasi produk serta harga yang ditawarkan.

#3 : Memahami Teknik Dasar SEO

05 - memahami teknik dasar SEO

SEO merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kunjungan sebuah website. Dengan adanya SEO, konten dari website bisnis Anda bisa terindeks oleh Google dan muncul pada bagian awal halaman pencarian.

Teknik SEO juga dapat menjadi cara untuk mencari pengunjung yang nantinya akan menjadi calon konsumen Anda.

Teknik dasar SEO yang bisa Anda kuasai salah satunya adalah optimasi off page dan on page. Melakukan optimasi menjadi penting jika Anda memiliki target pasar yang cukup spesifik.

Gunakan keyword, internal link, serta tag yang sesuai dengan produk Anda. Selain itu, Anda juga perlu membaca lebih banyak materi terkait SEO, seperti cara mendapatkan baclink berkualitas.

#4 : Memasang Gambar Yang Menarik

06 - memasang gambar yang menarik

Cara mengelola website bisnis yang baik tentu bisa dilakukan dengan menyisipkan gambar pada setiap artikel. Hal ini dikarenakan manusia merupakan makhluk yang visual. Ketika ada gambar yang menarik, maka mereka akan fokus pada gambar tersebut kemudian memerhatikan isi konten yang kita buat.

Oleh karena itu kehadiran gambar akan membuat pengunjung membaca lebih detail lagi isi konten yang Anda buat, dengan harapan mereka mau melakukan transaksi bisnis dengan Anda.

Sekarang juga sudah banyak tersedia situs penyedia gambar yang gratis dan tanpa lisensi seperti pixabay dan unsplash.

#5 : Memposting Artikel Secara Berkala

07 - posting artikel secara berkala

Menjadi pribadi yang produktif untuk membuat artikel secara konsisten tidaklah mudah, terlebih untuk sebuah website bisnis. Artikel bisnis harus dibuat secara mendalam serta mudah dipahami oleh pembaca. Oleh karena itu, sebelum menulis artikel kita perlu melakukan riset terlebih dahulu.

Posting artikel secara berkala merupakan bentuk pengelolaan artikel yang baik. Pastikan Anda menulis dan posting artikel setidaknya satu minggu satu artikel.

Biasanya website bisnis dengan skala kecil membutuhkan 10 artikel perbulan. Jika Anda tidak melakukan ini, biasanya website Anda akan digeser oleh website lain.

Selain rutin update artikel, Anda juga harus memperhatikan beberapa hal penting lain seperti kualitas dan tema, serta artikel yang Anda tulis sejalan dengan program pemasaran. Dengan mengusung tema yang baik, maka calon konsumen menjadi lebih tertarget.

#6 : Menampilkan Testimoni

08 - memasang testimoni

Selain mengunggah artikel secara berkala, Anda harus memposting testimoni yang diberikan konsumen mengenai produk Anda. Testimoni konsumen sendiri merupakan bentuk pengakuan terhadap produk yang Anda jual sehingga calon konsumen lain memilki gambaran terhadap produk tersebut.

Disarankan tidak menampilkan testimoni yang terlalu berlebihan. Hal tersebut dapat menjad boomerang bagi kita. Testimoni yang memuji berlebihan terkesan tidak natural karena konsumen akan mengira bahwa testimoni itu terkesan dibuat-buat dan tidak jujur.

#7 : Memanfaatkan Search Console dan Google Analytic

09 - memanfaatkan google search console dan google analytic

Konten akan tetap menjadi bagian terpenting bagi sebuah website. Oleh karena itu menampilkan konten yang bagus dan pembahasan yang mendalam akan lebih disukai oleh pembaca serta google itu sendiri. Semakin baik konten yang dibuat makin banyak pula pengunjung yang akan berdatangan.

Agar penyajian konten Anda menjadi lebih baik, disarankan untuk melakukan pengelolaan dengan menggunakan google search console dan google analytics yang akan mengevaluasi website Anda. Hasil evaluasi biasanya dalam bentuk saran dan rekomendasi hal-hal apa saja yang perlu Anda lakukan.

#8 : Memaksimalkan Kecepatan Akses Website

10 - memaksimalkan kecepatan website

Cara mengelola website bisnis yang terakhir adalah dengan meningkatkan kenyamanan pengguna, salah satunya adalah meningkatkan kecepatan akses website.

Pengguna sangat menyukai sesuatu yang cepat dan instan. Jika hal tersebut bisa disediakan dalam website Anda, maka akan ada peningkatan kepuasan dari konsumen.

Saya sendiri sangat percaya dengan theme GeneratePress. GeneratePress adalah theme pada wordpress yang sangat responsive, gratis, memiliki load yang cepat, ramah SEO, serta dapat digunakan untuk tujuan bisnis maupun blogging.

Affiliate Theme Generate Press

Agar website bisnis Anda semakin cepat diakses, Anda juga dapat menggunakan server VPS berbayar yang cepat. Namun Anda juga harus memerhatikan komponen dalam website, apakah ada banyak fitur yang cukup berat ketika loading atau tidak.

Baca juga : Buka – bukaan! 15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal Sama Sekali.

Demikianlah delapan cara dalam mengelola website bisnis yang mudah dan efektif. Namun inti dari semua itu adalah mengutamakan pelayanan pada pengunjung website.

Anda perlu yakin bahwa semakin bagus pengelolaan website yang kita lakukan maka artinya pelayanan yang kita berikan juga bagus di mata pelanggan.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.