5 Alasan Untuk Kamu Yang Mau Menjadi Content Creator Sukses!

Alasan menjadi content creator – Saat ini, kalau anak – anak  ditanya tentang impian mereka … “mau jadi apa nanti?” mayoritas anak pasti menjawab : “ingin jadi Youtuber!”. Youtuber adalah seseorang yang membuat konten berupa video dan kemudian menggunggahnya di akun Youtube milik mereka. Era digital memang memudahkan setiap orang untuk membuat dan berbagi materi melalui akun media sosial milik mereka.

Profesi Youtuber termasuk ke dalam salah satu kategori content creator. Dan mau diakui atau tidak, ini adalah salah satu profesi yang sedang naik daun di era dunia digital. Popularitas dan potensi penghasilan yang tak terbatas … serta bisa memiliki barang gratis dari endorse brand ternama, pastinya membuat setiap orang tertantang untuk mencobanya.

Lalu apa itu content creator?

Content creator adalah kegiatan membuat suatu konten yang berisi sebuah atau beberapa informasi, yang disajikan dalam bentuk tulisan, gambar, suara, atau video. Konten tersebut dibuat khusus untuk di­-share secara online melalui media digital seperti Youtube, Instagram, Blogger, Snapchat, atau akun media sosial lainnya. Yang membuat profesi content creator menarik adalah tidak memerlukan latar pendidikan tertentu sehingga dapat menjadi alternatif profesi untuk setiap orang.

Walaupun begitu, membuat konten di dunia maya itu sebenarnya bukan hanya untuk sekedar curhat dan ajang pamer aja kok. Kamu juga bisa menghibur, memberikan edukasi, bahkan berjualan loh! Semua itu bergantung dari passion kamu masing – masing. Jadi, bisa dilihat bahwa kegiatan membuat konten tidak hanya dapat menjadi media aktualisasi diri saja. Kamu juga bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut …

Baca juga : Jangan Ngandelin Gaji Aja! Tebalkan Kantong dengan Peluang Usaha Terbaru ini

5 Alasan Menjadi Content Creator

#1 : Menemukan Passion

1 - alasan menjadi youtuber - passion

Tren di dalam dunia content creator sudah mengalami perkembangan yang sangat signifikan dibandingkan dengan jaman dulu. Dan untuk tambahan informasi, sekarang orang – orang membuat konten dengan berbagai alasan dan tujuan. Bagi yang senang berkunjung ke tempat dan daerah wisata, pastinya akan menjadi seorang travel blogger / travel vlogger. Buat yang suka sekali dandan dan mencoba berbagai kosmetik, pasti bakal menjadi seorang beauty blogger / beauty vlogger. Bahkan kamu juga bisa berbagi mengenai kegiatan sehari – harimu dengan membuat vlogging. Selalu saja ada topik yang bisa kamu pilih untuk membuat konten yang kamu sukai.

So … profesi content creator sangat cocok untuk kamu yang masih galau soal passion. Kamu bisa menyuarakan ide, pemikiran, dan pendapat mengenai apa pun dan kemudian mengolahnya menjadi sajian yang menarik untuk dinikmati khalayak ramai.

Dengan membiasakan diri kamu untuk berekspresi dan juga membahas topik tertentu secara mendalam, kamu bisa saja menemukan passion dari berbagai bidang yang telah kamu eksplorasi. Dengan menggabungkan passion dan hobi ini, Howie rasa kamu akan menjadi sukses di masa depan!

#2 : Berbagi Ilmu

2 - alasan menjadi content creator - berbagi ilmu

Dengan membagikan isi pikiran kamu dalam topik tertentu, secara tidak langsung kamu telah berbagi ilmu kepada khalayak ramai. Dan asal kamu tahu … ternyata rekomendasi atau review seseorang dipercaya lebih jujur dan apa adanya dibandingkan dengan menonton iklannya. Dengan begitu, review yang kita berikan ternyata bisa mempengaruhi pendapat seseorang di luar sana untuk memutuskan sesuatu.

Jika kamu senang untuk berbagi dengan orang lain, memproduksi konten sharing akan menjadi media yang tepat untuk kamu. Kamu akan dianggap sebagai seorang expert dan akan menjadi sumber informasi yang berfaedah bagi orang lain yang ingin mendalami topik tertentu. Maka dari itu, pastikan semua konten yang kamu produksi haruslah dengan riset terlebih dahulu dan ga asal jadi ya gaes … dengan begitu faedahnya akan makin terasa!

Contohnya saja … kamu adalah seorang travel vlogger dan akun milikmu berisi tentang perjalananmu keliling Indonesia. Jika konten yang kamu hasilkan berkualitas baik, pasti followers akun youtube dan instagram kamu akan bertambah dengan cepat. Mereka juga tidak akan ragu untuk menggali informasi mengenai destinasi wisata yang kamu kunjungi serta mendengarkan tips jalan – jalan dari kamu loh. Nah, kamu dapat berpartisipasi aktif dengan membalas pertanyaan yang ada di kolom komentar. Ingat. Sharing is caring!

#3 : Membangun networking

3 - alasan menjadi blogger - berkomunitas dan membangun networking

Namanya juga media sosial … pasti tujuan utamanya adalah untuk bersosialisasi dan membangun networking. Begitu pula dengan konten bagus yang telah kamu buat, pastinya akan dishare melalui berbagai platform yang tersedia. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya kamu secara aktif sedang membangun networking yang luas.

Kok bisa?

Mungkin kamu yang belum begitu paham tentang dunia content creator, izinkan Howie untuk menjelaskan lebih lanjut … dunia content creator tersebar dan mempunyai banyak segmentasi sesuai dengan topik dan bidang yang digeluti masing – masing orang. Setiap segmen mempunyai “komunitas” tertentu yang memfasilitasi sesama content creator untuk bisa saling sharing ilmu dan pengalaman mereka tentang dunia digital marketing ini. Salah satu komunitas yang lagi nge-hitz saat ini adalah komunitas Blogger Kaya Indonesia.

Group FB - Facebook - Blogger Kaya Community

Tidak hanya sampai di situ, kamu juga bisa menjalin relasi dengan para pengunjung dengan membuat event : meet & greet. Bahkan tidak jarang … beberapa orang membentuk kelompok untuk memberikan dukungan kepadamu untuk terus berkarya. Dengan begitu, engagement dari pengunjung terhadap konten yang kamu produksi akan semakin meningkat loh. Seru abis!

#4 : Berpikir kreatif

4 - alasan menjadi content creator - berpikir kreatif

Howie rasa kalian udah pada tau bahwa persaingan kerja saat ini semakin tinggi, sehingga kamu harus membekali dirimu dengan daya pikir kreatif. Dengan begitu, kamu ga akan kalah bersaing dengan anak – anak muda lainnya.

Berpikir kreatif memang harus dibiasakan sejak dini. Kamu perlu berlatih dengan cara memecahkan suatu masalah dengan beberapa alternatif dan memilih yang terbaik sebagai solusi pemecahannya. Jangan hanya dari satu sudut pandang saja. Salah satu cara melatih yang lain adalah dengan menjadikan kegiatan blogging sebagai hobi kamu.

Sobat perlu percaya bahwa membuat konten online adalah cara yang tidak membosankan untuk mengasah pikiran. Soalnya kamu bisa berekspresi dengan bebas dan menciptakan sesuatu yang kamu senangi. Dengan begitu, kamu tidak akan terbeban untuk menjadikan hobi tersebut sebagai pekerjaan utama.

Baca juga : 5 Tips Membaca Efektif Untuk Produktif Menyiapkan Bahan Konten

#5 : Menghasilkan uang

5 - alasan menjadi content creator - menghasilkan uang

Setiap orang yang sukses pasti memulainya dari nol loh sob … Mereka terus berusaha secara untuk konsisten untuk menjadi lebih baik setiap harinya. Sampai pada akhirnya, mereka dianggap sebagai salah satu expert dalam bidang tersebut.

Tentunya seseorang yang bekerja secara professional tidaklah bekerja secara gratis. Mereka dapat memanfaatkan pengalaman dan media sosial yang mereka miliki untuk menghasilkan uang. Ini adalah alasan menjadi content creator yang terakhir dan diidam – idamkan banyak orang. Modal yang diperlukan hanyalah niat dan fokus secara konsisten dalam menekuni karir kamu sebagai seorang content creator.

Baca juga : 15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal [Info Lengkap]

Hosting Unlimited Indonesia

Ada kata kata bijak yang berkata : “tidak perlu lompatan besar … langkah kecil pun tak apa selama arahnya benar”. Jadi, apa lagi yang kamu tunggu untuk memulai karir sebagai content creator?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.