Blogging

5 Tips Membaca Efektif Untuk Produktif Menyiapkan Bahan Konten

Pinterest LinkedIn Tumblr

Tips membaca efektif – Sebagai seorang blogger, tentunya Anda meluangkan waktu yang sangat banyak untuk menyiapkan sebuah konten. Kita pasti ingin konten dalam blog, yang kita kelola, dibaca oleh banyak orang. Oleh karenanya, kita pasti menyiapkan sebuah bacaan terbaik dan terlengkap untuk para pengunjung blog kita.

Nah dalam mempersiapkan konten ini, salah satu langkahnya adalah melakukan riset bukan? Kecuali blog Anda bertema fiktif atau imaginatif, saya rasa Anda akan membaca banyak sekali literatur, baik itu buku ataupun berkunjung ke blog – blog lain.

Dalam industri media online ini, banyak strategi yang digunakan untuk memenangkan konten kita sehingga bisa tampil di halaman pertama pencarian dari SERP, seperti Google atau Bing! Syukur – syukur kalau bisa jadi peringkat pertama. Nah, untuk dapat tampil di urutan pertama, tentunya Anda perlu menerapkan sebuah strategi yang jitu bukan?

Strategi yang digunakan untuk menjadi peringkat satu di google ada beberapa, seperti : Search Engine Optimization (SEO), Social Media Marketing, Email Marketing, atau bahkan dengan Content Placement untuk mendapatkan backlink berkualitas. Selain itu, kita perlu selalu up to date dengan segala perubahan dan trend yang terjadi di dalam industri media online ini sehingga kita dapat terus belajar dan berkembang. Kita juga perlu mendalami mengenai apa yang terjadi di dalam niche kita sehingga konten yang disajikan bisa terus relevan.

Masalahnya adalah TERLALU BANYAK INFORMASI YANG ADA di dunia ini dan kita dengan mudah dapat menghabiskan waktu hanya untuk mencari dan membaca informasi – informasi tersebut. Apalagi sejak kehadiran social media seperti instagram dan facebook. Memang dapat diakui bahwa kita bisa belajar banyak, tetapi kita perlu menyadari waktu yang kita buang percuma.

Kesadaran ini penting untuk menjaga diri kita tetap PRODUKTIF, khususnya untuk mengembangkan blog yang kita miliki. Ini adalah lima tips membaca untuk produktif menyiapkan bahan konten.

5 Tips Membaca Efektif

Tips 1 : Fokus

Setiap memasuki tahun baru, tentunya setiap orang memiliki resolusi tahun baru (begitu juga dengan Howie). Resolusi tersebut dibuat agar kita dapat fokus untuk mencapai goal. Apakah itu mungkin goal dalam bidang relationship, goal dalam bidang pendidikan, goal dalam bidang pekerjaan, atau goal – goal lainnya.

Sama seperti goal – goal tersebut, sebaiknya Anda memiliki tujuan yang spesifik mengenai tipe dari konten yang akan kamu baca, nonton, dan dengarkan.

Konten mengenai pengetahuan umum memang sangat menarik dan sepertinya bisa cocok untuk semua kalangan. Namun, untuk dapat memberikan hasil yang maksimal terhadap blog Anda, Anda perlu fokus ke suatu topik dalam jangka waktu tertentu.

Sebagai contoh, apabila goal Anda adalah meningkatkan jumlah subscribers email pada blog, maka Anda sebaiknya subscribe blog atau youtube yang menyajikan konten mengenai topik ini. Misalnya saja Anda dapat membaca konten dari Neil Patel yang berjudul “How to Get 128 New Email Subscribers Per Day” yang berarti “cara mendapatkan 128 subscribers email baru setiap harinya”.

Tantangan yang seringkali muncul adalah keinginan kita untuk memecahkan setiap masalah yang ada. Nah, masalah yang muncul seringkali jauh berbeda dengan goal yang ingin kita capai dan mengakibatkan kita tidak fokus. Pada akhirnya, perhatian yang terbagi ini akan membuat kita menjadi Generalist. Seorang Generalist umumnya akan menguasai lebih banyak bidang, tetapi tidak menguasai secara mendalam.

Howie sendiri menyarankan Anda untuk menjadi Specialist. Seorang Specialist menguasai bidang tertentu dengan pemahaman yang maksimal. Anda dapat menjadi subject matter of expert dan mengerti semua hal, dari A – Z, yang ada di dalam tema atau bidang tersebut. Lebih keren bukan?

Tips 2 : Biarkan Informasi Itu Datang Dengan Sendirinya

Menjadi seorang bertipe Specialist tentunya akan menjadikan Anda ahli di suatu bidang tertentu. Oleh karenanya, Anda tentunya memerlukan informasi yang lebih spesifik. Apabila Anda menyukai konten yang disajikan di dalam sebuah blog, podcast, atau vlog, pastikan Anda telah subscribe channel tersebut. Dengan cara ini, Anda akan menyaring informasi yang akan Anda terima secara tidak langsung.

Ada banyak sekali alat bantu yang bisa menolong Anda untuk melakukan hal ini. Semoga hal yang sama juga berlaku untuk Anda.

i. Feedly

Feedly adalah sebuah konten aggregator yang dapat bekerja di web browser, perangkat iOS, dan perangkat Android dengan baik. Aplikasi Feedly mempermudah Anda untuk membuat news feed dari berbagai sumber online. Anda dapat membuat dan menambahkan interest dengan membuat list blog, akun Youtube, atau bahkan kata kunci tertentu. Selanjutnya, aplikasi Feedlly akan mengumpulkan artikel – artikel terbaru tentang interest Anda dari berbagai sumber informasi terbaik di dunia.

ii. Podcast Apps

Revolusi pada bidang podcast selalu terjadi dari waktu ke waktu. Banyak podcast – podcast keren yang telah dihasilkan setiap harinya. Dengan subscribe podcast yang sesuai dengan niche blog, Anda akan terpapar dengan ide dan informasi terbaru yang sesuai dengan keahlian Anda.

Apabila Anda menggunakan produk Apple, Anda dapat menggunakan aplikasi bawaan Apple. Saya sendiri merekomendasikan dua aplikasi, yaitu :

  • Overcast
  • Pocke Casts

Tips 3 : Menyiapkan Catatan

Walaupun kita bisa belajar dengan mendengarkan podcast ataupun membaca sebuah blog / buku yang sesuai dengan keahlian kita, tanpa adanya action … rasanya hal tersebut menjadi tidak berguna. Untuk memastikan bahwa pengetahuan itu berguna dan ide yang muncul dapat terdokumentasikan, ada baiknya Anda membuat sebuah catatan action. Membuat catatan action adalah tips membaca efektif kita yang ketiga.

Seperti namanya, catatan action digunakan untuk mencatat seluruh hal – hal yang ingin Anda kerjakan. Mereka tidak hanya mencatat mengenai pengetahuan yang Anda dapat dari membaca atau mendengarkan sebuah konten. Catatan action secara spesifik mencatat list pekerjaan yang harus Anda lakukan secara detail.

Misalnya saja, Anda ingin fokus untuk mendapatkan backlink gratis. Anda dapat membaca mengenai cara mendapatkan backlink gratis yang ada di website kami ini. Nah, tidak hanya membaca, Anda perlu menyiapkan list action yang akan segera Anda ambil, misalnya saja Anda ingin membuat backlink untuk kata kunci “Manfaat Air Putih”. Berikut adalah list yang mungkin dapat menjadi action Anda.

  • Membaca mengenai manfaat air putih dari 5 literatur terpercaya
  • Membuat 10 tulisan mengenai air putih dengan anchor text manfaat air putih
  • Bergabung dengan komunitas blogger. Tujuannya untuk dapat contact blogger lain untuk saling bertukar konten

Ingat! Anda bisa saja mendapatkan informasi yang sangat banyak, tetapi tidak berbuat apa – apa dengan informasi tersebut. Dengan adanya catatan action, Anda dapat bekerja sesuai dengan list yang ada. Bahkan Anda dapat memonitor pekerjaan yang belum ataupun sudah Anda kerjakan.

Tips 4 : Mengajar

Cara terbaik untuk belajar adalah mengajar. Saya rasa Anda sudah sering sekali mendengarkan pepatah yang satu ini. Memang! Berbagi merupakan hal yang sangat mulia. Apalagi berbagi ilmu pengetahuan.

Ketika join di suatu komunitas, pastikan Anda tidak hanya duduk diam. Aktiflah untuk berbagi! Anda bisa berbagi mengenai apa yang telah Anda baca, dengar, atau tonton. Bahkan walaupun informasi tersebut memiliki niche yang sedikit melenceng, Anda tetap bisa membuat konten mengenai hal tersebut.

Kenapa? Hal ini tidak lepas dari ikatan emosional yang telah Anda bangun dengan para audiens Anda. Riset yang disampaikan oleh problogger.com, mengatakan bahwa sebagian besar pengunjung tertarik terhadap opini dan rekomendasi Anda. Walaupun mungkin hal tersebut bukanlah expertise Anda.

Kalaupun Anda tidak membuat konten baru, Anda mungkin bisa mulai mengajar dengan cara berbagi dan share konten yang menurut Anda bagus. Pastikan Anda telah membaca konten tersebut dari awal sampai akhir. Dengan begitu, audiens Anda juga akan mendapatkan informasi yang bagus bukan? Jangan asal share aja.

[click_to_tweet tweet=”5 Tips Mempersiapkan Konten Secara Produktif Untuk Audiens Anda” quote=”5 Tips Mempersiapkan Konten Secara Produktif Untuk Audiens Anda”]

Tips 5 : Membatasi Waktu Riset

Terkadang memang susah sekali menghentikan aktivitas ketika kita sedang asik – asiknya membaca, menonton, atau mendengar sebuah konten yang menarik dan informatif. Ada kata kata bijak kehidupan yang berkata bahwa : “segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik’.

Kata – kata bijak tersebut nampaknya juga berlaku pada keadaan ini, di mana ada batas maksimal terhadap banyaknya konten yang sebaiknya kita konsumsi. Menetapkan batas maksimal tersebut dapat membantu untuk memastikan kita mengambil pendekatan yang produktif. Jadi tips membaca efektif yang terakhir adalah membatasi waktu riset.

Cara menetapkan batas maksimal tersebut tentunya susah – susah gampang. Howie sendiri menetapkan batas maksimal 30 menit untuk berselancar online di dunia maya. Dalam prakteknya, seringkali batas tersebut terlewati walaupun sudah menggunakan timer atau alarm.

Oleh karena itu, Howie mempunyai cara yang lebih jitu untuk memastikan Anda berhenti menggali informasi ketika sudah 30 menit. Biasanya Howie selesai persiapan pagi pada pukul 06.00 dan baru berangkat kerja pukul 06.30. Nah, Howie meluangkan waktu dari 06.00 – 06.30 (selama 30 menit) untuk menggali informasi. Pastinya, Howie akan berhenti mengonsumsi konten pada jam 06.30 tepat karena harus berangkat kerja.

Nah, mungkin Anda berada di dalam kondisi yang berbeda, tetapi prinsip yang sama tentunya bisa Anda terapkan. Anda mungkin memiliki jadwal les atau jadwal meeting yang dapat “membantu” untuk menghentikan Anda membuang – buang waktu. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu lebih banyak untuk membuat konten.

2 Comments

  1. saya sendiri membuat konten kebanyakan berdasarkan pengalaman sendiri, tidak butuh lama untuk mencari refrensi, cuma kalau membuat konten saya ga bisa sekali duduk, lebih nyaman menulis dengan mencicil perbgian hingga selesai

    • Howie Inspiring Reply

      wah, saya sangat setuju sekali dengan mas sabda.
      ketika membuat konten, saya biasanya membuat kerangkanya terlebih dahulu. Jadi bisa dilanjutkan kapan saja.
      nampaknya, google juga suka artikel yang sering diupdate.

Write A Comment

eight + six =

Pin It