Lifestyle

Cara Membuat Pasta Alfredo

Pinterest LinkedIn Tumblr

Cara Membuat Pasta Alfredo – Hai Sobat Howie! Di artikel cara membuat pasta carbonara, Howie and Belle sempat menyinggung kemiripan pasta carbonara dan pasta alfredo. Di artikel tersebut, Howie and Belle juga memberikan beberapa informasi tentang pasta carbonara. Supaya lebih afdol, sekarang Howie and Belle akan mengulas tentang pasta alfredo.

 

Berbeda dengan pasta carbonara yang menggunakan kuning telur sebagai bahan utama sausnya, saus pasta alfredo yang juga bisa disebut pasta al burro e parmigiano terbuat dari mentega dan keju parmesan. Pasta alfredo ini diciptakan oleh Alfredo di Lelio, seorang pemilik restoran “Alfredo” di Roma, Italia. Alfredo di Lelio sengaja membuat pasta dengan saus yang bergizi ini untuk istrinya yang kehilangan nafsu makan saat mengandung anak pertama mereka. Pasta ini  kemudian dimasukan dalam daftar menu restoran “Alfredo”.

 

Baca Juga : Cara Membuat Fusilli Bolognese

 

Pada tahun 1927, pasangan Hollywood Mary Pickford dan Douglas Fairbanks yang sedang berbulan madu di Italia berkunjung ke restoran “Alfredo”. Pasangan ini sangat terkesan dengan kelezatan dari pasta kreasi Alfredo di Lelio dan pelayanan yang baik di restoran tersebut. Karena itu, pasangan ini menyebut pasta tersebut sebagai “pasta alfredo”. Bahkan, pasangan ini juga memberikan alat makan yang terbuat dari dari emas sebagai tanda terima kasih atas pelayanan yang mereka terima di restoran “Alfedo”. Sayangnya saat terjadi perang di Italia, Alfredo di Lelio harus rela menjual restoran “Alfredo” kepada orang lain. Namun di tahun 1950, Alfredo di Lelio kembali membuka sebuah restoran bernama “Il Vero Alfredo” bersama putranya.

 

Sobat Howie sendiri mungkin sudah tidak asing lagi dengan kelezatan pasta alfredo yang pernah membuat Mary Pickford dan Douglas Fairbanks begitu terkesan. Selain lezat, pasta ini juga sangat mudah dibuat. Di artikel ini, Howie and Belle akan memberikan tutorial cara membuat pasta alfredo khusus untuk Sobat Howie. Tutorial ini juga bisa dilihat melalui video cara membuat pasta alfredo di channel youtube Easy Cooking With Azaria. Channel ini berisi tutorial masakan, dessert, dan kue sederhana untuk pemula. Jangan lupa like, comment, dan subscribe ya!

 

Cara Membuat Pasta Alfredo

Siapkan Alat dan Bahan

Cara Membuat Pasta Alfredo

Seperti yang sudah Howie and Belle bahas di awal artikel, bahan utama dalam resep saus alfredo klasik hanyalah mentega dan keju. Tapi Sobat Howie bebas berkreasi dengan bahan-bahan lainnya. Untuk membuat pasta alfredo ala Howie and Belle, Sobat Howie perlu menyiapkan 250 gram pasta (boleh pasta jenis apa saja sesuai selera, Howie and Belle lebih suka menggunakan fettuccini), 4 lembar smoked beef yang dicincang, 6 sendok makan mentega, 50 gram keju mozzarella, 30 gram keju cheddar, satu sendok teh lada putih bubuk, 250 ml susu full cream, 2 sung bawang putih, 3 siung bawang bombay, 3 sendok teh garam. Jangan lupa siapkan hiasan sesuai selera ya. Biasanya Howie and Belle menggunakan tomat cherry dan bubuk oregano kering untuk menghias pasta.

Membuat Condiment

Cara Membuat Pasta Alfredo

Panaskan 2 sendok makan mentega, tumis smoked beef hingga setengah matang, lalu masukan bawang Bombay. Tumis lagi hingga harum, lalu masukan bawang putih dan garam. Tambahkan sau sendok the lada, dan tumis sebentar lagi. Jika condiment sudah matang, pindahkan ke dalam mangkuk.

Membuat Saus Alfredo

Cara Membuat Pasta Alfredo

Panaskan 4 sendok makan mentega hingga mencair, lalu tambahkan 30 gram keju cheddar. Setelah itu, campurkan dengan condiment.

Merebus Pasta

Cara Membuat Pasta Alfredo

Masukan 500 ml air dan 250 ml susu ke dalam wajan atau panci, lalu masukan pasta. Tunggu hingga pasta menjadi al dente kira-kira 10 menit. Seperti biasa, Sobat Howie dapat memeriksa apakah pasta sudah al dente atau belum dengan mengambil Sebagian kecil pasta dan menggigitnya. Jika pasta sudah cukup lunak namun tidak lengket di gigi, artinya sudah cukup al dente dan siap untuk dicampurkan dengan sausnya. Air dan susu sisa rebusan pasta tidak perlu dibuang ya.

Mencampurkan Pasta dan Saus

Cara Membuat Pasta Alfredo

Matikan api kompor, tuangkan saus dan condiment diatas pasta, dan aduk rata. Agar makin creamy, taburi dengan 50 gram keju mozzarella, lalu aduk rata. Tuang pasta ke dalam piring, taburi satu sendok teh  bubuk oregano kering, dan hias dengan tomat cherry. Pasta alfredo siap untuk disantap.

 

Baca Juga : Cara Membuat Pasta Aglio e Olio

 

Sobat Howie, itu tadi cara membuat pasta alfredo ala Howie and Belle. Sobat Howie bisa mengikuti resep diatas untuk membuat pasta alfredo atau bereksperimen dengan menambahkan bahan-bahan lain. Jangan lupa untuk menonton video cara membuat pasta alfredo di channel youtube Easy Cooking With Azaria by Azaria Indrastuti ya. Setelah ini, resep apa lagi yang Sobat Howie inginkan untuk ditulis di Howie and Belle? Tulis di kolom komentar ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Write A Comment

ten + 12 =

Pin It