Bisnis

5 Media Pemasaran Online Untuk Mengembangkan Bisnis Secara Masif

Pinterest LinkedIn Tumblr

Media Pemasaran Online! Kemajuan jaman memberikan dampak yang positif bagi kehidupan manusia, tidak terkecuali di bidang bisnis. Tidak seperti jaman dahulu di mana kita memerlukan modal besar dan tanah untuk membuka toko secara fisik. Saat ini, banyak peluang bisnis tanpa modal dan dapat dilaksanakan secara online hanya dengan bermodalkan smartphone. Selain itu, kamu tidak perlu lagi memasarkan produk secara manual yang pastinya membutuhkan lebih banyak energi, waktu, dan biaya.

Kecanggihan teknologi digital memang perlu dimaksimalkan penggunaannya untuk kemajuan bisnis yang digeluti. Salah satu bentuk pemanfaatan teknologi adalah menggunakannya sebagai media pemasaran online. Karena pada dasarnya pemasaran tidak akan pernah terlepas dari kegiatan bisnis. Jika kamu tidak melakukan pemasaran dengan baik maka nantinya perkembangan bisnis tidak akan berjalan secara maksimal.

Dalam melakukan kegiatan pemasaran secara online pastinya diperlukan alat bantu (tools). Semakin banyak media pemasaran online yang digunakan, maka besar peluang produk yang bisa terjual. Dalam pembahasan kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai beberapa media pemasaran online yang bisa kamu gunakan dalam kegiatan promosi. Dengan begitu maka jangkauan konsumen yang di inginkan akan semakin luas dan kamu akan mendapatkan keuntungannya.

Media Pemasaran Online

1. Instagram

menggunakan instagram ads sebagai alat promosi barang dan jasa

Salah satu media pemasaran online yang bisa kamu pilih untuk melakukan kegiatan promosi produk adalah Instagram. Instagram merupakan sebuah aplikasi yang berbasis foto dan video, dimana user dapat mengambil foto, mengupload video, memasang filter digital serta membagikannya kepada para followers melalui berbagai layanan media social lainnya. Dengan Instagram, kamu dapat menampilkan foto dan video produk yang ingin kamu promosikan.

Jika kamu melakukan endorsement produk melalui kerja sama dengan micro influencer di Instagram, dapat dipastikan konsumen akan lebih tertarik terhadap produk tersebut. Hal ini dikarenakan potential buyers sangat menyukai barang – barang yang terbukti digunakan oleh idola mereka. Melakukan pemasaran melalui Instagram dikabarkan dapat meningkatkan penjualan sampai 500%. Wow! Melakukan pemasaran melalui instagram tentunya merupakan peluang besar bagi perkembangan bisnis karena kini telah banyak orang yang menjadi penggunanya.

Baca juga : 100++ Caption Keren Bahasa Inggris Untuk Update Status Hits Kekinian

2. Market Place

memasarkan barang secara online melalui marketplace – logo shopee

Para pelaku bisnis sudah getol memanfaatkan market place sebagai media pemasaran online. Market place atau toko online telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia, apalagi sejak digalakkannya Hari Belanja Nasional (Harbolnas) pada tanggal 10/10 ; 11/11 ; dan 12/12 setiap tahunnya. Ada banyak sekali market place terpercaya yang dapat kamu jadikan media pemasaran online seperti Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia. Pastikan kamu upgrade status tokomu menjadi recommended seller / gold seller / star seller serta memasang iklan untuk memaksimalkan pendapatan yang kamu peroleh.

3. Facebook

menggunakan facebook ads sebagai alat promosi barang dan jasa

Media pemasaran online menggunakan Facebook tentulah sudah tidak asing lagi bagi mereka yang lama berkecimpung di digital marketing. Dikabarkan oleh CNBC Indonesia, jumlah pengguna facebook mencapai 2 miliar pengguna, bahkan tercatat 120 juta pengguna tersebut berdomisili di Indonesia. Jumlah yang sangat besar ini merupakan suatu peluang apabila kita berhasil memanfaatkannya dengan baik. Kamu dapat melakukan kegiatan promosi dan penjualan menggunakan Facebook Ads sehingga dapat menjangkau konsumen yang lebih luas lagi. Selain itu, kamu juga dapat mempromosikan barang atau jasa yang kamu jual melalui berbagai group yang tersedia di Facebook. Untuk memaksimalkan pendapatan, kamu dapat membuat landing page sehingga dapat langsung membukukan transaksi.

4. Youtube

membuka aplikasi youtube

Salah satu media pemasaran online menggunakan konten video adalah Youtube. Youtube sendiri dikabarkan telah menjadi aplikasi berbagi video yang paling popular di dunia. Tidak heran mengingat Youtube dikunjungi oleh 30 juta orang setiap harinya dengan rata – rata waktu tonton selama 40 menit. Saking populernya applikasi ini, hampir 5 miliar Video yang ditonton oleh para pengunjung setiap harinya. Wow! Potensi yang sangat besar ini tentu kamu perlu garap secara maksimal. Kamu dapat mengupload video yang menarik tentang barang atau jasa dengan konsep yang menarik sehingga video tersebut dapat menjadi viral nantinya. Video yang viral diyakini dapat menarik banyak calon konsumen nantinya.

5. Website bisnis

media pemasaran online menggunakan website bisnis

Media pemasaran online yang perlu kamu pertimbangkan dengan serius adalah website bisnis. Kamu dapat membuat sebuah web untuk membantu kegiatan promosi dapat berjalan efektif karena kepercayaan orang akan meningkat. Untuk kamu yang baru memulainya, kamu dapat mempelajari 5 cara supaya website bisnis Anda banyak pengunjung.

Salah satu prioritas dalam pembuatan website bisnis adalah membuat tampilan website dan konten yang menarik sehingga pengguna internet tertarik untuk mengunjunginya. Konten yang baik akan mendapatkan share dari para pembaca menggunakan media social mereka. Hal ini mirip dengan konsep mouth to mouth atau penyebaran dari mulut ke mulut. Semakin banyak share yang kamu dapatkan, maka semakin banyak pengunjung website bisnis kamu. Kamu juga dapat menambahkan halaman tanya jawab dan memberikan info newsletter sehingga pelanggan akan selalu up to date atas produk yang kamu jual.

Baca juga : 15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog Tanpa Modal [Info Lengkap]

Melihat banyaknya keuntungan dari media pemasaran online yang dapat kamu peroleh, kamu perlu membuat strategi marketing yang matang. Sebagai langkah awal, kamu sebaiknya memanfaatkan Facebook Ads atau Instagram Ads yang lebih mudah untuk dikelola. Walaupun kamu memerlukan biaya yang lebih besar, keuntungan yang didapatkan pun jauh lebih besar. Berbeda dengan website bisnis yang perlu waktu lebih lama untuk dikembangkan. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai media pemasaran online yang bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas bisnis. Semoga bisa bermanfaat. Salam sukses luar biasa!

Write A Comment

20 − 12 =

Pin It