Blogging

3 Alasan Pengunjung Blog Anda dari Google Search Turun Drastis!

Pinterest LinkedIn Tumblr

Pengunjung blog turun – Bagi Anda seorang Blogger aktif yang sering berkunjung dari forum ke forum, membaca blog SEO, atau mungkin mengikuti komunitas Blogger seperti Blogger Kaya Community … pastinya sering sekali mendengarkan ada situs / blog yang di banned oleh Google, mengalami deindexed dari Google Search, terkena algoritma Google, atau berbagai kasus lain yang menjadi mimpi buruk seorang Blogger. Apapun istilah yang diberikan oleh orang – orang, ada satu kesamaan yang dialami oleh mereka … Trafik pengunjung blog mereka turun secara signifikan.

Siapapun yang mengalami hal ini pasti saja merasakan suatu perasaan gundah gulana dan kacau … bahkan untuk makan saja rasanya enek. Blogger akan merasa ketakutan dan ingin mencari tahu kesalahan apa yang mereka lakukan sehingga di-“hukum” oleh Google. Mereka ingin mencari jawaban itu secepat mungkin karena sumber penghidupan mereka dipertaruhkan, khususnya bagi full time Blogger.

Howie berusaha membantu sobat sekalian dengan cara mendata semua hal yang mungkin terjadi kepada situs atau blog Anda yang mendapatkan pinalti Google, alasan kenapa itu terjadi, dan bagaimana cara mengatasinya. Sebelum Howie mulai sharing, mari kita mengenal beberapa istilah yang digunakan dalam Pinalti Google untuk meng-“hukum” para Blogger.

3 Bentuk Pinalti Google kepada Blogger

pengunjung blog turun - 1 - 3 bentuk pinalti google untuk blogger #1 : Deindexed.

Istilah ini digunakan apabila domain yang Anda gunakan dihapus dari Google Search. Bisa dikatakan blog Anda mengalami banned permanen.

#2 : Penalized.

Istilah ini digunakan ketika domain atau halaman konten blog Anda masih ada, tetapi tidak terdeteksi ketika seseorang melakukan pencarian melalui Google Search. Hukuman ini dapat diberikan secara otomatis oleh algoritma Google atau mungkin diterapkan secara manual oleh tim Google.

#3 : Sunk.

Domain atau halaman konten kita masih terdeteksi di Google Search, tetapi trafik dan pengunjung blog turun signifikan karena peringkat keyword turun. Istilah lain untuk kondisi ini adalah Sent to Hell atau Sandboxed.

Cara Mengetahui Dampak Pinalti Google Terhadap Blog

pengunjung blog turun - 2 - dampak pinalti google terhadap blog

Sebelum sobat membaca lebih lanjut, sobat perlu mengingat bahwa layanan Google Search tidak memberikan peringkat terhadap blog Anda, tetapi terhadap setiap halaman konten yang ada di dalamnya. Misalnya saja, https://howieandbelle.com adalah sebuah halaman … Anda mungkin dapat bilang bahwa itu adalah sebuah domain / blog / situs, tetapi sepanjang pemahaman Google, ini hanyalah satu buah halaman!

Apabila prinsip ini kita gunakan, maka kita menyadari bahwa https://howieandbelle.com/contact-us/ adalah sebuah halaman, dan https://howieandbelle.com/seo/ juga merupakan sebuah halaman. Jadi kedua halaman tersebut merupakan konten yang berbeda.

Saya mengetahui beberapa kasus dimana Blogger terkena pinalti Google hanya pada homepage saja, tetapi konten halaman lainnya masih dalam keadaan baik – baik saja. Jadi, bagi Anda yang mendapatkan surprise pinalti dari Google, Anda perlu memperhatikan dampak pinalti tersebut secara komprehensif. Apakah cuman satu, beberapa, atau semua halaman konten yang terkena. Yuk kita bahas ciri dan penyebab dari pinalti Google secara detail.

i. Gunakan Google Webmaster Tools

Untuk mengetahui apakah blog Anda terkena pinalti dari Google sebenarnya cukup mudah … silahkan kunjungi Google Search Console. Apabila Anda belum memiliki akun, silahkan buat terlebih dahulu. Melalui akun tersebut, Google akan menginformasikan mengenai seluruh isu teknis yang mungkin terjadi pada blog Anda dan penyebab isu tersebut.

ii. Apakah Anda terkena Deindexed?

Melakukan pencarian blog di Google Search – Anda perlu mencari dengan tulisan “site:domainkamu.com” di Google, di mana “domainkamu.com” adalah nama domain yang ingin Anda investigasi. Misalnya saja, saya akan mengetik tulisan berikut secara persis ke dalam kotak pencarian Google : site:howieandbelle.com.

pengunjung blog turun karena pinalti google - 1 - banned

Hasil pencarian yang muncul adalah seluruh halaman konten yang terdapat pada database Google. Para praktisi menyebutnya sebagai INDEXED PAGES. Apabila hasil dari pencarian tersebut tidak menampilkan blog Anda dan mendapatkan pesan : “pencarian Anda – site:howieandbelle.com – tidak cocok dengan seluruh dokumen”, maka dapat dipastikan bahwa blog Anda mengalami deindexed.

Pastikan bahwa Anda menulis nama blog secara benar dikarenakan kesalahan penulisan seperti typo seringkali terjadi dan akan membuat Anda panik untuk alasan yang tidak jelas. Misalnya saja nama website yang Anda gunakan adalah blog.howieandbelle.com, maka pastikan Anda mencari blog dengan cara menulis “site:blog.howieandbelle.com” pada kotak pencarian.

Satu hal yang perlu kita ingat adalah tim Google bertujuan untuk menyediakan konten yang berkualitas dan memberikan hasil pencarian terbaik bagi pengguna layanan Google Search. Nah, penyebab umum deindexed adalah beberapa hal berikut :

  • Masalah Navigasi. Ini sangat seringkali terjadi dalam dunia SEO dan internet marketing. Bagi Anda yang merasa menggunakan iklan pop up atau script plugin yang melarang pengunjung untuk menggunakan tombol kembali (back) ketika ingin “pergi” dari website Anda PASTI (cepat atau lambat) akan di-deindexed dari Google Search.
  • Duplikat Konten. Pada saatnya nanti, sistem AGC atau blog yang mengandung duplikat konten dari sumber marketplace lain, seperti Amazon, Tokopedia, dll … pasti akan di-deindexed oleh tim Google.
  • Terlalu Lama Offline. Salah satu penyebab utama pinalti Google adalah blog Anda terlalu sering (lama) offline, sehingga Google mengira bahwa blog tersebut sudah tidak aktif lagi. Untuk memberikan layanan terbaik, Google tidak menginginkan hasil pencarian yang tidak dapat diakses (error 404). Ini seringkali terjadi dan tidak disadari oleh para Blogger. Ketika sudah terlanjur di-deindexed, Anda akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk memulihkannya. Jadi pastikan server Anda selalu online.  
  • Kesalahan Teknis. Nah ini salah satu penyebab utama yang seringkali tidak disadari oleh para Blogger. Kesalahan setting pada file robots.txt akan menyebabkan Algoritma Google tidak dapat meng-crawl (menemukan) blog Anda. Pastikan bahwa instalasi sistem WordPress Anda mengizinkan mesin pencari, seperti Google, Bing!, ataupun Yahoo untuk dapat menemukan blog Anda.
  • Evaluasi dan Tindakan. Terkadang, tim Google Search akan melakukan de-indexed blog Anda, apabila ditemukan pelanggaran terhadap aturan yang tercantum pada panduan Google Webmaster.
  • Link Malware. Apabila Anda menggunakan sistem Auto Generated Content, aka AGC, untuk melakukan posting otomatis … maka mungkin saja ada backlinks ke situs malware tanpa Anda sadari. Pastikan bahwa Anda mendapatkan backlink berkualitas sehingga blog Anda aman dari deindexed.

Prinsip yang Howie gunakan ketika menjadi seorang Blogger adalah (1) memberikan nilai tambah bagi pengunjung; sambil (2) mendapatkan uang dari blog. Jadi pastikan bahwa Anda memberikan informasi yang berguna bagi para pengunjung. Jangan sampai peringkat blog Anda turun karena tidak memiliki informasi yang bermanfaat. Uang pasti akan datang dengan sendirinya kok.

Kata Kata Bijak Kehidupan : Berilah, maka engkau akan diberi.

iii. Apakah Anda terkena Penalized?

Test 1 : Lakukan pencarian domain. Apabila Anda dapat menemukan blog dengan menggunakan cara di atas, tetapi tidak dapat menemukannya untuk keyword jagoan Anda … maka blog Anda mungkin terkena penalized. Coba ketik domainkamu.com dan www.domainkamu.com di kotak pencarian Google. Apakah blog Anda muncul di halaman pertama? Dalam keadaan normal, sebuah blog akan muncul pada halaman pertama apabila tidak terkena pinalti Google.

Test 2 : Lakukan pencarian konten. Apabila blog Anda telah berhasil melewati test 1, coba copy paste seluruh paragraph, dari halaman konten yang menurut Anda terkena pinalti, ke kotak pencarian Google. Apabila blog Anda tidak muncul di halaman pertama atau kedua, maka kemungkinan besar Anda terkena penalized. Selanjutnya, coba lakukan pencarian secara komprehensif. Apakah blog Anda muncul? Apakah munculnya setelah halaman konten lain yang tidak memiliki exact paragraph (paragraph yang sama persis)? Apabila Anda menjawab YA, maka dipastikan Anda terkena penalized.

Hal ini terjadi karena blog Anda melanggar beberapa aturan dan panduan dari Google Webmaster, tetapi masih memiliki informasi yang menjanjikan.  Dampaknya? Blog Anda akan terkena pinalti Google terhadap beberapa keyword jagoan selama periode waktu tertentu. Apabila ini terjadi kepada Anda, coba bedah lagi blog Anda. Beberapa alasan utama penalized adalah :

  • Memberikan Link kepada Situs Jelek. Memberikan link keluar untuk situs – situs yang tidak disukai oleh Google, seperti judi, porno, blog download, torrents, akan membuat Anda di-penalized oleh Google.
  • Membeli Backlink / PBN. Walaupun banyak perdebatan mengenai hal, banyak Blogger yang sepakat bahwa kemungkinan besar backlink tersebut akan tidak dianggap oleh Google, sehingga uang yang Anda keluarkan untuk membeli backlink / PBN menjadi percuma. Apabila Anda terpaksa untuk menggunakan PBN, pastikan diterapkan secara natural ya sob…
  • Menjual Backlink. Pesan Howie, jangan sampai Anda tertangkap oleh Google sedang menjual backlink … berbahaya!
  • Bergabung di dalam PBN. Pada dasarnya, Google akan mengetahui apabila Anda bergabung dalam sebuah Private Blog Network untuk meningkatkan rangking Anda di mata Google. Apabila salah satu tertangkap, maka dapat dipastikan seluruh blog yang berada dalam jaringan PBN tersebut akan tertangkap. Hal ini seringkali terjadi karena pemilik PBN memutuskan untuk bermain lebih agresif untuk mendapatkan lebih banyak CUAN. Jadi kalau bisa, buat jaringan PBNmu sendiri ya sob!
  • Menyembunyikan Konten. Beberapa Blogger yang telah menguasai algoritma biasanya berusaha untuk mendiskriminasi hasil pencarian Google dan pengunjung. Apabila ketahuan, maka Anda pasti di-penalized.
  • Backlink yang Tidak Natural. Apabila Anda menggunakan jaringan PBN secara agresif, maka blog Anda akan memicu alarm di SERP Google. Misalnya saja, Anda menggunakan terlalu banyak backlink untuk sebuah website baru, padahal halaman kontennya masih sangat sedikit. Walaupun peringkat blog Anda akan naik signifikan, tidak akan menunggu waktu lama sampai Anda didepak dari Google.

Banyak orang yang menyebut ini sebagai Sandboxed (pasir isap) karena peringkat blog Anda akan turun perlahan sampai akhirnya hilang sama sekali. Yang pasti, para Blogger tidak ingin blog yang dibangun dengan keringat dan air mata sampai terkena hal ini #lebay. Satu – satunya cara adalah memperbaiki kesalahan dan mengajukan reconsideration kepada pihak Google.

Baca juga : 15 Cara Mendapatkan Uang Dari Blog [Panduan Lengkap]

iv. Apakah Anda terkena Sandboxed?

Apabila blog Anda tidak terkena deindexed atau penalized, tetapi pengunjung blog turun untuk seluruh pencarian keyword turun drastis, maka blog tersebut mungkin terkena Sunk. Ada BANYAK penyebab untuk kondisi ini, tetapi yang umumnya terjadi adalah :

  • Redesign Blog. Melakukan redesign terhadap sebuah blog, apalagi merubah url yang disubmit ke Google … akan membuat “aged” link dihapus oleh Google sehingga peringkat blog Anda sukses anjlok.
  • Kesalahan Teknis. Kesalahan setting pada robots.txt sehingga mencegah Google untuk crawling blog Anda memberikan efek yang sangat negatif bagi website Anda.
  • Kehilangan Backlink. Apabila peringkat website Anda bergantung kepada beberapa backlink situs ber-otoritas tinggi, maka Anda wajib menjaganya. Apabila Anda kehilangan backlink tersebut, maka dipastikan peringkat blog Anda akan turun.
  • Google Update. Kadang – kadang Google merubah Algoritma mesin pencari.
  • Tidak Ada Konten Baru. Google sangat menyukai situs / blog yang update secara berkala. Beberapa Blogger menyebutnya sebagai QDF atau Query Deserves Freshness.
  • Terlalu Banyak Outbound Link. Terlalu banyak link referensi ke blog lain dapat mempengaruhi peringkat website Anda. Gunakan secukupnya.
  • Blog Lemot / Lambat. Tim Google memperhitungkan kecepatan situs dalam algoritma mereka. Apabila Anda menggunakan shared hosting, pastikan blog Anda dioptimasi untuk meningkatkan kecepatan. Gunakan panduan pada GTMetrix atau PageSpeed Insight.
  • Efek Honeymoon. Berdasarkan literatur yang Howie baca, Google memberikan kesempatan kepada blog baru untuk ditemukan oleh pengunjung. Untuk beberapa saat, situs Anda akan mendapatkan bonus pengunjung dari SERP sehingga blog tersebut semakin popular. Apabila efek ini hilang, maka peringkat Anda juga akan turun.

Baca juga : Tutorial Cara Menggunakan VPS Untuk Pemula

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mengajukan Reconsideration?

pengunjung blog turun - 3 - saat yang tepat untuk reconsideration

JANGAN meminta reconsideration kepada Google apabila belum memperbaiki kesalahan yang ada pada blog Anda. Dalam reconsideration, Anda akan meminta tim Google untuk memeriksa website Anda secara manual. Apakah Anda pernah membeli backlink? Apakah Anda pernah menjual backlink? Apakah Anda melakukan spam? Jadi Anda harus benar – benar yakin sebelum meminta tim Google untuk memeriksa kondisi website Anda. Apabila tidak yakin, sebaiknya ditunda terlebih dahulu.

Apabila Anda terkena deindexed / penalized / sunk karena perubahan algoritma Google sehingga pengunjung blog turun, maka kami tidak menyarankan untuk meminta reconsideration. Tim Google TIDAK AKAN pernah memberitahu Anda mengenai kesalahan yang Anda lakukan. Coba cari tahu sendiri dengan menggunakan daftar di atas, perbaiki, dan tunggu beberapa minggu sebelum meminta reconsideration.

Pada umumnya, Anda akan mengetahui apabila Anda terkena tindakan manual. Gunakan Google Toolbar dan periksa apakah blog Anda terkena N/A atau berwarna abu – abu. Lalu cek Google Webmaster untuk meminta reconsideration untuk blog Anda.

Baca juga : Sssstt…! 5 Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas Gratis Untuk Blog Anda

— xxx —

source :

1 Comment

Write A Comment

5 × five =

Pin It